Bukit Paralayang Watugupit - Daya Tarik Wisata & Harga Tiket Masuk

Pantai Parangtritis senantiasa menjadi destinasi primadona di dalam peta wisata Jogja. Pesisir pantainya yang panjang dan luas juga meliputi banyak spot yang menarik dikunjungi. Bukit Paralayang Watugupit salah satunya. Ada yang menyebutnya Bukit Paralayang Parangtritis, karena menyajikan lanskap pantai ini.

Bukit Paralayang Watugupit Parangtritis Jogja
credit: Cecee ch, CC BY-SA 4.0

Bila berminat mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa datangi lokasinya di Dusun Watugupit, Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sebelum benar-benar berangkat ke sana, bacalah ulasan terkait fasilitas, daya tarik, rute, dan harga tiket masuk Bukit Paralayang Watugupit Yogyakarta berikut ini.

Daya Tarik Bukit Paralayang Parangtritis

Berada di perbukitan sisi timur Pantai Parangtritis, Bukit Paralayang Watugupit Yogyakarta menawarkan pemandangan pesisir pantai di titik sempurna. Di sinilah tempat terbaik menyaksikan Samudera Hindia yang membentang luas tanpa ujung. Tanpa batas, kecuali citra langit dengan warnanya yang sangat khas.

Garis pantai yang memanjang membatasi laut dan daratan yang cenderung menyajikan hijau perbukitan. Begitu sedap dipandang mata, terlebih ketika senja mulai menjelang seiring matahari perlahan terbenam. Warna alam di saat sang surya pulang tersaji harmoni, mencipta panorama yang semestinya dikagumi.

Demikianlah adanya! Pantai Parangtritis sendiri terkenal sebagai salah satu spot sunset terbaik di Jogja. Lokasi paling strategis untuk menikmatinya adalah di tempat tertinggi di sisi timur, di Bukit Paralayang Watugupit. Tidak heran apabila bukit ini menjadi salah satu yang paling populer di kalangan wisatawan Jogja.

Sesuai namanya, fungsi utama Bukit Paralayang adalah sebagai landasan olahraga paralayang. Sementara itu, disebut Bukit Paralayang Watugupit karena berada di Dusun Watugupit. Namun, karena lokasi bukit ini masih masuk di kawasan wisata Pantai Parangtritis, sehingga disebut juga Bukit Paralayang Parangtritis.

Bila suka atau ingin mencoba paralayang, Anda bisa merasakan sensasi olahraga dirgantara yang ekstrem tersebut di sini. Pengunjung yang datang ke Bukit Paralayang Parangtritis umumnya hanya ingin bersantai sambil memanjakan mata, menyaksikan indahnya pemandangan Pantai Parangtritis dari atas ketinggian.

Karena daya tarik utamanya sunset, waktu terbaik berkunjung adalah di sore hari. Khususnya menjelang senja, biasanya objek wisata ini sudah padat oleh wisatawan. Pastikan juga datang ketika cuaca sedang cerah agar bisa menyaksikan pemandangan sunset yang lebih sempurna. Jangan lupa! siapkan kamera.

Wisata Bukit Paralayang Parangtritis Jogja sangat cocok bagi traveler penggemar landscape photography. Lokasinya strategis dengan banyak view yang pastinya layak diabadikan. Cocok juga bagi traveler milenial yang suka swafoto atau selfie. Foto dengan latar indahnya matahari terbenam tentunya sangat instagenik.

Harga Tiket Masuk Bukit Paralayang Watugupit Jogja
credit: instagram.com/ajoaarguchi

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas Bukit Paralayang Watugupit Jogja terbilang lengkap dan memadai. Setidaknya sejak tahun 1991, di bukit ini sudah ada landasan beton untuk paralayang. Fasilitas wisatanya terus bertambah sejak tahun 1998 melalui pembangunan tempat istirahat berupa pendopo, tangga, serta area untuk parkir kendaraan.

Di sini pun ada tenda-tenda tempat makan yang sekaligus menjadi spot menyaksikan pemandangan. Jadi, Anda bisa bersantap menikmati kuliner sambil memanjakan mata dengan keindahan. Menunya beragam, mulai makanan berat hingga makanan ringan. Harga makanan dan minumannya terjangkau, mulai IDR 5K-15K.

Fasilitas lain mencakup tempat ibadah berupa mushola serta kamar mandi atau toilet. Selain itu, karena dari awal fungsi Bukit Paralayang Parangtritis adalah landasan paralayang, wahana untuk menikmatinya pun tersedia. Perlu menyiapkan bajet lebih jika ingin mencobanya, harga tandem berkisar IDR 350K-400K.

Lalu, berapa harga tiket masuk Bukit Paralayang Watugupit? sebesar IDR 5K. Hanya saja, karena berlokasi di kawasan Pantai Parangtritis, sebelumnya Anda juga harus membayar tiket pantai tersebut sebesar IDR 10K. Biaya lainnya untuk parkir kendaraan, motor sebesar IDR 3K atau IDR 5K-10K untuk parkir mobil atau bis.

Fasilitas Wisata Bukit Paralayang Parangtritis Jogja
credit: unsplash.com/@rahadiansyah

Rute Lokasi Bukit Paralayang Watugupit

Lokasi Bukit Paralayang Watugupit di Dusun Watugupit, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara administratif, bukit ini masuk di wilayah Gunungkidul namun berbatasan langsung dengan Kecamatan Kretek, Bantul yang merupakan lokasi Pantai Parangtritis.

Dari Kota Yogyakarta, lokasi tempat wisata ini berjarak kurang lebih 30 kilometer atau sekira 45-50 menit berkendara. Rutenya cukup mudah karena berada di kawasan wisata Parangtritis yang terkenal. Dari pusat kota Jogja, Anda tinggal berkendara mengikuti Jl. Parangtritis hingga masuk ke kawasan pantai tersebut.

Selanjutnya, belok kiri mengikuti Jl. Paragtritis-Panggang hingga menemukan pertigaan, belok kanan ke Jl. Paralayang. Sejak di Jl. Paralayang, kondisi jalannya cenderung menanjak. Ikuti saja terus jalan tersebut hingga pintu masuk Bukit Paralayang Watugupit. Dari sini, area parkir sekitar 500 meter. Lihat Peta Lokasi.