Wisata Alam di Bandung Raya - 15 Tempat Terindah dan Terpopuler

Bandung termasuk daerah dengan anugerah keindahan alam luar biasa. Bandung menjadi tujuan wisata yang terkenal di Indonesia pun, salah satunya berkat pemandangan alamnya. Intinya, bagi traveler pecinta alam, tempat wisata alam di Bandung Raya sangatlah banyak, tersebar merata dan siap menyambut Anda.

Wisata Alam di Bandung
credit: unsplash.com/@hndi

Sejauh ini, Lembang dan Ciwidey merupakan daerah yang paling terkenal mewakili wisata alam Bandung Raya. Sebagai gambaran awal sebelum Anda benar-benar tiba di sana, berikut adalah daftar rekomendasi destinasi wisata alam di Bandung. Setidaknya terdapat 15 tempat yang terindah dan wajib Anda kunjungi.

Wisata Punclut (Puncak Ciumbuleuit)

Wisata Punclut Bandung
credit: instagram.com/mulkisalman

Kawasan Punclut atau Puncak Ciumbuleuit merupakan salah satu daya tarik alam sisi utara Kota Bandung. Termasuk destinasi favorit dengan bentang alam yang menakjubkan. Ada beberapa objek wisata kekinian dan instagramable di sana. Selain itu, Punclut juga sebagai spot terbaik berburu kuliner tradisional Sunda.

HTM: -
Lokasi: Jl. Punclut, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Wisata Stone Garden Citatah Bandung

Wisata Stone Garden Citatah Bandung
credit: unsplash.com/@sendi_r_gibran

Jika Anda suka dengan pemandangan yang tidak biasa, namun indah, dan bersejarah, pergilah ke Stone Garden Citatah. Formasi bebatuan raksasa eksotik kental dengan nuansa purba. Stone Garden Geopark memang erat kaitannya dengan danau purba yang pernah menggenangi Bandung Raya di era purbakala.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Wisata Ranca Upas di Ciwidey Bandung

Wisata Ranca Upas di Ciwidey Bandung
credit: instagram.com/mulkisalman

Ranca Upas adalah tempat wisata alam terkenal di Bandung. Salah satu daya tarik Ciwidey yang ideal bagi siapa saja, termasuk bagi wisata keluarga. Di sini, Anda bisa merasakan sensasi bertahan di alam terbuka. Camping, glamping dan melakukan berbagai aktivitas menarik di area luas yang dikelilingi hutan lindung.

HTM: IDR 15K
Lokasi: Jl. Raya Ciwidey - Patengan KM. 11, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Sanghyang Heuleut di Bandung Barat

Sanghyang Heuleut di Bandung Barat
credit: instagram.com/ruangtertawa_

Peninggalan Bandung purba menyisakan sejumlah spot alam yang luar biasa indah. Sanghyang Heuleut salah satunya. Dalam bentuknya, Sanghyang Heuleut berupa danau indah dengan eksotika format batuan purba. Tidak hanya itu, destinasi wisata alam ini juga mencakup Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Gunung Tangkuban Parahu Bandung

Gunung Tangkuban Parahu Bandung
credit: M Reza Faisal, CC BY-NC-ND 2.0

Sebagai seorang traveler pecinta alam, Tangkuban Parahu adalah destinasi wajib di daerah Bandung Raya. Gunung berketinggian 2.084 mdpl yang sarat legenda ini adalah mahakarya alam yang menawan di tiap sudutnya. Kawah-kawahnya yang cantik semakin menarik dengan aneka spot foto dan wahana outbound.

HTM: IDR 20K-30K
Lokasi: Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Wisata Alam Curug Malela di Bandung

Wisata Alam Curug Malela di Bandung
credit: instagram.com/arifinugroho

Destinasi wisata alam Bandung Barat sangat banyak. Kalau suka air terjun, cobalah pergi ke Curug Malela. Air terjun ini sempat viral karena pemandangannya yang dikatakan mirip Niagara Waterfall. Little Niagara adalah julukannya. Fasilitasnya kini semakin memadai, bahkan telah tersedia anjungan sebagai spot selfie.

HTM: IDR 5K
Lokasi: Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Situ Patenggang di Ciwidey Bandung

Situ Patenggang di Ciwidey Bandung
credit: Cep Budhi Darma, CC BY-SA 4.0

Situ Patenggang merupakan danau legendaris, primadona wisata alam di Bandung Selatan. Menempati area Perkebunan Teh Rancabali yang asri, danau tenang menawan ini punya banyak hal untuk membuat Anda betah bertahan. Aneka wisata air, glamping, kuliner, hingga spot foto instagenic, dan banyak lagi.

HTM: IDR 25K-75K
Lokasi: Situ Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Wisata Alam Tebing Keraton Bandung

Wisata Alam Tebing Keraton Bandung
credit: unsplash.com/@mrizalfrmnsyh_

Tebing Keraton merupakan tempat wisata hits Bandung yang popularitasnya melampaui Tahura Djuanda sebagai lokasinya. Di sinilah spot terbaik untuk menikmati lanskap alam di Bandung berlatar pegunungan yang seolah saling menyambung. Panorama sunrisenya aesthetic, sementara sunset cenderung romantic.

HTM: IDR 11K
Lokasi: Ciharegem Puncak, Ciburial, Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Wisata Orchid Forest Cikole Lembang

Wisata Orchid Forest Cikole Lembang
credit: instagram.com/jing4ryant

Destinasi wisata alam di Bandung paling terkenal adalah Lembang. Di antara sekian tempat wisata di sana, ada Orchid Forest Cikole yang mempesona. Ini adalah taman anggrek terbesar di Indonesia yang juga kaya akan spot foto kekinian. Serta, aneka fasilitas dan wahana wisata yang cocok bagi liburan keluarga.

HTM: IDR 40K
Lokasi: Genteng, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Danau Kawah Putih Ciwidey Bandung

Danau Kawah Putih Ciwidey Bandung
credit: instagram.com/ruangtertawa_

Selain Danau Situ Patenggang, Kawah Putih merupakan objek wisata yang paling menggambarkan citra keindahan Ciwidey. Danau vulkanik hasil letusan Gunung Patuha ini sangat eksotik dengan air berwarna biru kehijau-hijauan. Suasana alamnya romantis dengan sejumlah spot foto dan berbagai wahana wisata.

HTM: IDR 27K
Lokasi: Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Wisata Alam Dusun Bambu di Bandung

Wisata Alam Dusun Bambu di Bandung
credit: Anton Diaz, CC BY-NC-SA 2.0

Hadir mengusung konsep wisata sehat, yakni Private Sanctuary Lifestyle, Dusun Bambu Bandung adalah wisata berbasis ecotourism yang memadukan eksotika budaya tradisional dan keindahan alam. Cocok untuk retreat. Menawarkan ragam aktivitas meliputi kuliner, belanja, hingga opsi wisata bagi anak-anak.

HTM: IDR 25K-30K
Lokasi: Jl. Kol. Masturi KM. 11, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat

Wisata Alam Grafika Cikole di Bandung

Wisata Alam Grafika Cikole di Bandung
credit: TWGC Pict

Tempat wisata alam di Bandung Raya selanjutnya adalah Terminal Wisata Grafika Cikole. Dengan luas 9 hektar di ketinggian 1400 mdpl, kawasan Grafika Cikole rimbun oleh hutan pinus. Tempat ini menawarkan berbagai wisata outbound, kuliner, petik stawberry, dll. Serta aneka opsi menginap, termasuk glamping.

HTM: di sini
Lokasi: Jl. Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat

Tempat Wisata Curug Pelangi Cimahi

Tempat Wisata Curug Pelangi Cimahi
credit: instagram.com/ruangtertawa_

Bandung punya beberapa objek wisata alam berupa air terjun. Curug Cimahi atau Curug Pelangi Cimahi termasuk yang paling terkenal di sana. Ini adalah air terjun tertinggi di kawasan Bandung dan sekitarnya dengan tinggi 80 meter lebih. Berkat efek lampu facade, air terjunnya bisa berwarna-warni di malam hari.

HTM: IDR 15K-20K
Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Kertawangi, Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat

Wisata Happy Farm Ciwidey Bandung

Wisata Happy Farm Ciwidey Bandung
credit: instagram.com/chychiecwit

Meski tidak setenar tempat wisata alam lain di Bandung, Happy Farm Ciwidey adalah tempat yang bagus, terutama untuk wisata keluarga. Anak-anak pasti menyukainya karena mereka bisa main dengan kelinci, memberi makan domba, menyusui sapi, hingga naik kuda. Ada juga Candy House dan taman yang indah.

HTM: IDR 20K
Lokasi: Jl. Raya Ciwidey KM 33.7, Panundaan, Kec. Ciwidey, Kab. Bandung, Jawa Barat

The Lodge Maribaya Lembang Bandung

The Lodge Maribaya Lembang Bandung
credit: instagram.com/umi_eno

Di penghujung daftar destinasi wisata alam terbaik di Bandung Raya, ada The Lodge Maribaya. Salah satu tempat liburan terkenal dan hits di Lembang dengan berbagai spot foto instagramable. Dengan latar belakang hutan pinus yang rindang, The Lodge Maribaya juga menawarkan wisata glamping dan kuliner.

HTM: IDR 50K
Lokasi: Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Demikian rekomendasi objek wisata alam di Bandung, Jawa Barat. Tentu, daftar di atas belum mencakup semua karena tempat wisata alam di daerah Bandung sangat banyak. Termasuk Kebun Teh Rancabali dan Taman Hutan Raya Djuanda yang di dalamnya terdapat beberapa objek wisata. Jadi, selamat berwisata!