Air Terjun Blawan Bondowoso, Fasilitas, Harga Tiket Masuk dan Rute

Menjadi satu-satunya kabupaten yang tidak memiliki pantai di daerah Tapal Kuda Jawa Timur, daya tarik wisata Bondowoso kental dengan nuansa alam pegunungan. Areanya yang lebih berupa dataran tinggi juga menyimpan ragam air terjun. Air Terjun Blawan adalah salah satunya, yang terkenal pesona alamnya.

Air Terjun Blawan Bondowoso
credit: Amiya Patanaik, CC BY-NC-ND 2.0

Selain menjelajah dan mengagumi keindahan Pegunungan Ijen, jangan lupa juga berkunjung ke Air Terjun Blawan saat berlibur di Bondowoso. Lokasinya di Rengahrejo, Kalianyar, Kec. Ijen, Bondowoso. Lebih detail mengenai daya tarik, fasilitas wisata, harga tiket masuk, dan rute lokasi air terjun ini, baca ulasan berikut.

Daya Tarik Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Belawan di Bondowoso merupakan satu dari sekian daya tarik alam Pegunungan Ijen. Berkaitan dengan Belawan, setidaknya ada dua air terjun dan beberapa spot wisata alam lainnya yang masih terkait satu sama lain. Blawan sendiri adalah air terjun berketinggian sekira 30 meter dengan debit sangat besar.

Air Terjun Blawan adalah bagian hilir dari Kali Pait (Sungai Banyupahit) yang berasal dari rembesan Kawah Ijen. Airnya yang penuh kadar belerang jatuh begitu deras. Uniknya, tumpahan air langsung terjun ke permukaan jurang yang berdinding tebing sempit dan tinggi. Air terjun hilang ke bumi, demikianlah warga menyebutnya.

Lanskap air terjunnya demikian eksotis dengan gemuruh air yang mendramatisir suasananya dan tebing berlumut berhias tumbuhan makademia. Hanya saja, keindahan air terjun ini tak bisa dinikmati dari depan maupun dari bawah. Wisatawan hanya bisa menyaksikan eksotika Air Terjun Blawan dari sampingnya saja.

Niagara Mini Waterfall Bondowoso
credit: www.instagram.com/bang_tora

Sementara itu, tidak jauh dari air terjun tersebut ada juga Air Terjun Niagara Mini Belawan. Air terjun ini dijuluki Niagara Mini karena desain alamnya melebar melalui komposisi batuan berundak. Termasuk objek wisata hits karena menyajikan berbagai spot foto instagramable berlatar belakang air terjun yang menakjubkan.

Menempati kampung pekerja PT Perkebunan Nusantara XII, dahulunya Air Terjun Niagara Mini hanyalah aliran air terjun yang tidak terawat. Setelah adanya pembenahan, kawasannya menjadi alternatif destinasi wisata baru Bondowoso yang nyaman bernaunsakan khas desa pegunungan yang sejuk menenangkan.

Tidak hanya itu, sekitar kawasan Air Terjun Blawan Bondowoso juga terdapat destinasi wisata alam yang berupa pemandian. Ada Pemandian Damar Wulan yang dulunya merupakan petilasan dengan bendungan tempat mandi Damar Wulan. Lalu, sebuah pemandian Sumber Air Panas Blawan atau Belawan Hot Spring.

Apabila mempunyai durasi wisata yang panjang, bisa juga melebarkan penjelajahan hingga Air Terjun Kali Pahit. Serta, mengunjungi Goa Kapur yang berjarak sekitar 75 meter dari Air Terjun Belawan Bondowoso. Jangan lupa, mengunjungi Perkebunan Strawberry Kalisat Jampit. Jaraknya kurang lebih 20 menit perjalanan.

Harga Tiket Air Terjun di Blawan Bondowoso
credit: Markus Reil, CC BY-NC 2.0

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Kawasan wisata Blawan Bondowoso memiliki fasilitas yang cukup lengkap memadai. Setiap tempat wisata di Blawan tentu punya fasilitas tersendiri. Fasilitas umumnya berupa lahan parkir luas, warung makanan dan minuman, kamar mandi atau toilet umum, tempat istirahat berupa gazebo, dan banyak lagi lainnya.

Tersedia tangga untuk akses ke Air Terjun Belawan, sementara di Air Terjun Niagara Mini cenderung lebih lengkap fasilitasnya. Banyak spot foto yang instagenik. Di kawasan air terjunnya juga ada jembatan ikonik yang memungkinkan wisatawan bisa melihat air terjun dari berbagai sudut sekaligus sebagai spot selfie.

Di Blawan juga ada fasilitas puskesmas dan tempat ibadah yakni masjid. Bila butuh tempat menginap, ada beberapa penginapan jenis homestay. Tarifnya mulai IDR 150.000-200.000. Selebihnya, harga tiket wisata di Blawan berkisar IDR 2.000-5.000. Biaya lainnya untuk parkir kendaraan dengan tarif kurang lebih sama.

Rute lokasi Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Blawan Bondowoso berada di area perkebunan kopi Blawan (PTPN XII) di Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 57 kilometer atau 1,5 jam dari Kota Bondowoso. Jalan beraspal agak rusak, bisa dicapai mobil atau motor. Rutenya pun mudah, tinggal gunakan Peta Rute.