Wisata Situbondo, 10 Tempat Wisata Terbaik & Menarik di Situbondo

Setiap daerah di Jawa Timur memiliki daya tarik tersendiri sehingga semuanya menarik dikunjungi. Tak terkecuali Situbondo, kabupaten di ujung timur laut pesisir utara Pulau Jawa. Wisata Situbondo sendiri lebih menawarkan lanskap bahari karena bagian utaranya berbatasan langsung dengan Selat Madura.

Wisata Situbondo
Baluran, credit: unsplash.com/@agnisyulia

Selain punya garis pantai yang panjang, mencapai 150 kilometer, wilayah Situbondo juga termasuk Taman Nasional Baluran yang terkenal. Jika Anda ada rencana liburan ke Situbondo, berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Situbondo. Tidak mencakup semua, hanya 10 wisata terbaik yang menarik dikunjungi.

Wisata Savana Bekol Situbondo

Wisata Savana Bekol Situbondo
credit: instagram.com/ekogatan

Mengawali daftar wisata terbaik Situbondo, ada Savana Bekol yang merupakan daya tarik utama Baluran National Park. Sebuah padang savana ikonik, spot andalan yang menjadikan Baluran dijuluki Africa van Java. Dengan latar Gunung Baluran nan megah, padang savana ini merupakan yang terluas di Pulau Jawa.

Savana Bekol Baluran adalah rumah bagi beragam jenis satwa liar seperti banteng, ular, rusa, kerbau, kera, merak, serta berbagai jenis burung. Pemandangannya cenderung eksotis, kaya akan spot foto alam yang instagramable. Cocok untuk pecinta landscape photography, sering juga menjadi spot foto prewedding.

HTM: IDR 5.000-10.000
Jam Buka: 07:30-16:00 WIB
Info Detail: Taman Nasional Baluran
Lokasi: Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pantai Tampora di Situbondo

Pantai Tampora di Situbondo
credit: instagram.com/wiea.motret

Salah satu wisata pantai favorit di Situbondo adalah Pantai Tampora. Pantai indah dengan hamparan pasir putih yang landai serta tebing bebatuan yang khas. Karena ada di balik bukit, rimbunnya pepohonan juga turut melengkapi pesonanya. Suasananya nyaman dengan semilir angin dan deburan ombak yang ringan.

Keindahan alamnya semakin terlihat seiring datangnya senja. Demikianlah adanya, Pantai Tampora sejauh ini terkenal sebagai spot terbaik untuk menikmati sunset. Oleh karena itu, waktu kunjungan ideal adalah di sore hari. Sebagai destinasi wisata, pantai ini senantiasa berbenah dan fasilitasnya pun makin memadai.

HTM: IDR 5.000-7.500
Jam Buka: 24 jam
Lokasi: Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Kampung Blekok di Situbondo

Kampung Blekok di Situbondo
credit: instagram.com/irvani_risa_

Liburan ke Situbondo, jangan lupa mampir ke Kampung Blekok. Ini adalah kawasan konservasi mangrove seluas 27 hektar yang menjadi rumah bagi ribuan burung air. Momen burung-burung tersebut pulang di saat senja menjelang menjadi daya tariknya. Bentang alamnya juga menawan berlatar gunung dan lautan.

Lebih dari itu, Kampung Blekok hadir sebagai objek wisata edukasi lingkungan mangrove dan pelestarian burung air. Serta, sebagai salah satu pusat kerajinan Situbondo. Menariknya, desa wisata ini juga memiliki berbagai fasilitas dan wahana yang menarik, kaya akan spot foto instagenik dan banyak lagi yang lainnya.

HTM: IDR 6.000
Jam Buka: 07:00-17:00
Lokasi: Krojan Barat, Klatakan, Kec. Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Wisata Pasir Putih di Situbondo

Wisata Pasir Putih di Situbondo
credit: EkoKintokoKusumo, CC BY-SA 4.0

Tempat wisata di Situbondo berikutnya adalah Pantai Pasir Putih atau Wisata Bahari Pasir Putih. Destinasi pantai paling terkenal yang juga paling meriah karena sering terselenggara event bahari di kawasannya. Pantainya indah berpasir terang dengan perairan yang tenang, suasananya pun nyaman menyenangkan.

Selain pemandangan pantai, Wisata Bahari Pasir Putih juga menawarkan keindahan bawah laut. Jika suka snorkeling dan diving, Anda wajib mengunjunginya. Aktivitas menarik lainnya adalah berperahu layar atau kano, berenang atau memancing. Sebagai salah satu objek wisata terkenal, fasilitas di sini sangatlah memadai.

HTM: IDR 10.000
Jam Buka: 06:00-18:00 WIB
Info Detail: Pantai Pasir Putih
Lokasi: Pandansari, Pasir Putih, Kec. Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Objek Wisata Kampung Kerapu

Objek Wisata Kampung Kerapu
credit: instagram.com/bang_tora

Tempat wisata di Situbondo yang wajib dikunjungi juga termasuk Kampung Kerapu. Objek wisata dengan branding "Pantai Festival" ini mengangkat salah satu potensi Situbondo dalam bingkai wisata. Situbondo sendiri dijuluki Kota Kerapu karena terkenal sebagai pemasok bibit kerapu nasional hingga internasional.

Kampung Kerapu hadir sebagai destinasi wisata sekaligus pusat pengembangbiakan ikan kerapu. Sebagai objek wisata, Kampung Kerapu makin menarik dengan air mancur warna-warni di malam hari dan jogging track yang mengelilinginya. Ada juga obtacle waterpark, beraneka wahana air dan fasilitas yang lengkap.

HTM: IDR 10.000, IDR 25.000-40.000 (wahana)
Jam Buka: 08:00-22:00 WIB
Lokasi: Gundil, Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Wisata Pantai Bama Situbondo

Wisata Pantai Bama Situbondo
credit: instagram.com/fa_devanie

Banyak pantai indah di Situbondo. Beberapa pantai indah di sana berada dalam kawasan Baluran National Park, Pantai Bama salah satunya. Sebuah pantai yang indah dengan perairan yang jernih dan tenang serta dikelilingi hutan mangrove yang rindang. Pasirnya yang putih benderang terhampar landai dan panjang.

Saat berlibur ke Baluran, pastikan mampir ke sini dan menikmati suasananya yang menenangkan. Sajian sunrise dan bawah lautnya pun menakjubkan. Lokasinya masih satu jalur dengan Savana Bekol, berjarak sekitar 3 kilometer. Meski tersembunyi, fasilitas pantai ini lengkap, bahkan tersedia penginapan di tepi pantai.

HTM: IDR 5.000-7.500
Jam Buka: 07:30-16:00 WIB
Lokasi: Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Arung Jeram Samir Situbondo

Arung Jeram Samir Situbondo
credit: instagram.com/qq_yunita

Tidak hanya pantai, wisata Situbondo juga memungkinkan wisatawan untuk mengarungi sungai dengan arus yang cukup kuat. Datanglah ke Desa Samir di Kecamatan Asembagus bila ingin memicu adrenaline dengan mencoba keseruan olahraga arung jeram. Opsi lainnya adalah dengan mencoba wahana tubbing.

Sungai Samir sendiri cukup unik karena alirannya berasal dari Kawah Ijen yang mengandung zat belerang. Sungainya punya tiga etape dan berkedalaman kurang lebih 1,5 meter. Jeram sungai ini cukup kuat tapi aman serta menawarkan lanskap yang unik. Menuju homebasenya mudah karena banyak petunjuk arah.

HTM: IDR 180.000 (arung jeram), IDR 60.000 (tubbing)
Lokasi: Samir, Bantal, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Waduk Bajulmati di Situbondo

Waduk Bajulmati di Situbondo
credit: instagram.com/dedyrindu

Wisata Waduk Bajulmati menjadi tempat wisata di Situbondo selanjutnya. Waduk seluas 98.43 kilometer persegi yang membendung Sungai Bajulmati ini berlokasi di perbatasan Situbondo dan Banyuwangi. Di sekitaran Taman Nasional Baluran yang juga dekat dari objek wisata Kawah Ijen yang sangat fenomenal dan terkenal.

Waduk Bajulmati tampil sebagai primadona wisata baru di Situbondo berkat pemandangan alamnya yang dikatakan mirip Raja Ampat Papua. Khas melalui bukit-bukit kecil yang mengelilingnya dengan dominasi warna hijau alam yang kaya. Tak terkecuali bentang air yang jernih menenangkan laksana cermin raksasa.

HTM: -
Jam Buka: 06:00-18:00 WIB
Info Detail: Waduk Bajulmati
Lokasi: Hutan, Baluran, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Utama Raya Beach di Situbondo

Utama Raya Beach di Situbondo
credit: instagram.com/wiea.motret

Utama Raya Beach merupakan salah satu opsi wisata hits di Situbondo yang cukup menjadi perbincangan di media sosial. Sebuah rest area di pinggir pantai yang ideal sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Tempat strategis menikmati suasana dan panorama pantai yang indah dengan cara yang menyenangkan.

Kawasan rest area ini menjadi begitu terkenal karena fasilitasnya yang lengkap dengan desain bangunan yang modern dan kekinian. Tersedia cafe dan resto, area istirahat berupa gazebo, hingga berbagai pilihan hotel dan penginapan. Juga, memiliki berbagai spot foto kekinian yang instagenik dan aneka watersport.

HTM: IDR 5.000, 35.000-150.000 (watersport)
Jam Buka: 07:00-18:00 WIB
Lokasi: Krajan, Banyuglugur, Kec. Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Wisata Pantai Balanan Baluran

Wisata Pantai Balanan Baluran
credit: Candra Firmansyah, CC BY-SA 4.0

Ini adalah surga tersembunyi di Taman Nasional Baluran. Sajian khusus para pecinta alam yang menyukai keterbatasan dan perjuangan. Tidaklah mudah untuk mencapainya, dari Pantai Bama perlu berjalan kaki 5 kilometer untuk mencapainya. Akses jalannya pun terbilang ekstrem, melalui beberapa savana dan tebing.

Memang jarang wisatawan yang tertarik mengunjungi pantai ini. Namun, keindahannya demikian sedap dipandang mata. Pantainya berpasir putih bersih, cenderung alami karena jarang yang mengunjunginya. Selain pantai yang indah, di kawasan ini terdapat ekosistem mangrove serta savana kecil yang menawan.

HTM: IDR 5.000-7.500
Jam Buka: 07:30-16:00 WIB
Lokasi: Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Demikian daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Situbondo yang menarik dikunjungi. Tentu, yang ada di dalam daftar hanyalah mencakup sebagian kecil dari objek wisata yang ada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Untuk daftar yang lebih lengkap, Anda bisa merujuk pada situs resmi pariwisata Situbondo, DI SINI.