Pantai Tanjung Tinggi Belitung - Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Lokasi

Tentu, para pecinta wisata bahari wajib traveling ke Pulau Belitung. Pulau di Kepulauan Bangka Belitung ini begitu populer dengan keindahan laut dan pesisir pantainya. Dari sekian banyak wisata pantai yang tersebar di Pulau Belitung, Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu yang paling terkenal keindahannya.

Pantai Tanjung Tinggi Belitung
credit: unsplash.com/@rambu_semesta

Jadi, sebuah ide bagus bila menetapkan Belitung sebagai tujuan wisata. Dan, pastikanlah Pantai Tanjung Tinggi masuk dalam daftar kunjungan Anda. Lokasinya terletak di Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Lanjutkan membaca ulasan berikut untuk mengetahui informasi detail terkait pantai ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Tanjung Tinggi

"tanjung" berarti semenanjung, adapun "tinggi" mewakili komposisi batuan granit besar dan tinggi yang menghiasi berbagai sisi pantainya. Dengan bentuk lelukan busur derajat berdiameter sekira 100 m, pantai ini menyajikan panorama mengesankan. Cenderung eksotis dan unik, berbeda dengan pantai-pantai lain.

Area Tanjung Tinggi yang mencapai 80 hektar terapit oleh dua semenanjung lain, Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Susunan batuan granit yang ukurannya bisa lebih besar dari bangunan rumah memang menjadi daya tarik tersendiri. Jumlahnya mencapai ratusan dan tersebar mendominasi lansekap alamnya.

Selain itu, Pantai Tanjung Tinggi menawarkan hamparan pasir putih dengan perairan laut yang jernih dan tenang. Saking kecil dan lambatnya gelombang airnya, pasang surut air laut di sini hampir tidak terlihat perbedaannya. Suasananya nyaman, cocok bagi siapa saja, termasuk sebagai destinasi wisata keluarga.

Berkat keindahan dan keunikannya, Tanjung Tinggi menjadi tempat wisata unggulan di Belitung, selain Pulau Lengkuas. Tidak hanya populer di Indonesia, namun juga sering dikunjungi turis mancanegara. Pantai ini makin terkenal, khususnya sejak menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.

Karena Laskar Pelangi termasuk dalam daftar 5 film Indonesia terlaris sepanjang masa, tidak sedikit yang menyebut kawasan Tanjung Tinggi sebagai Pantai Laskar Pelangi. Namun, masyarakat nelayan di desa Keciput atau Tanjung Tinggi yang biasanya berlabuh di sini menyebutnya dengan nama Pelabuhan Bilik.

Pemandangan di Pantai Tanjung Tinggi Belitung senantiasa menawan sepanjang hari. Meskipun demikian, puncak kecantikan panoramanya adalah ketika senja menjelang seiring matahari mulai terbenam. Pantai ini populer sebagai spot terbaik menikmati sunset di Belitung. Jadi, jangan sampai melewatkannya.

Waktu terbaik berkunjung memang sore hari, namun Anda bisa datang kapan saja dan bertahan hingga senja tiba. Banyak aktivitas wisata yang menarik selama berada di pantai ini. Mulai dari sekedar bermain pasir, berenang, hingga mencoba beragam wahana watersport seperti kano, jetski, snorkeling dan diving.

Fasilitas Wisata Tanjung Tinggi Beach
credit: unsplash.com/@damarpilau

Fasilitas, Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Seiring dengan popularitasnya, fasilitas di Pantai Tanjung Tinggi sekarang cukup lengkap dan memadai. Tersedia berbagai fasilitas penunjang kegiatan wisata, seperti penyewaan jetski, kano, dll. Kamar mandi atau toilet umum pun tersedia. Lahan parkir kendaraannya luas serta ada tempat ibadah berupa mushola.

Mudah menemukan tempat kuliner atau warung makanan yang umumnya menyediakan aneka seafood. Jika butuh tempat menginap pun mudah mendapatkannya. Beragam jenis penginapan tersedia di sekitar pantai ini, mulai dari homestay hingga hotel berbintang. Tarif terendah mulai dari IDR 150.000 per malam.

Untuk harga tiket masuk Pantai Tanjung Tinggi, sejauh ini masih gratis, hanya biaya parkir. Namun, tidak menutup kemungkinan kedepannya akan ada penetapan tiket. Jikapun ada, pastinya tidak jauh berbeda dengan pantai yang lain, sekitar IDR 5.000-10.000. Untuk jam buka, tempat wisata alam ini beroperasi 24 jam.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Tinggi Belitung
credit: unsplash.com/@rambu_semesta

Rute ke Pantai Tanjung Tinggi di Belitung

Kawasan wisata Tanjung Tinggi berada di sebelah utara Pulau Belitung. Secara administratif, lokasinya terletak di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Kurang lebih 27 kilometer atau 35-40 menit berkendara dari Tanjung Pandan, ibu kota Belitung.

Kurang lebih 30 kilometer atau 1 jam berkendara bila Anda berangkat dari bandara H.A.S. Hanandjoeddin. Rute ke Pantai Tanjung Tinggi cukup mudah. Bila ingin cepat, bisa memilih lewat Jl. Sudirman - Jl. Sijuk hingga kemudian ke Jl. Tanjung Pandan - Jl. Tanjung Kelayang. Untuk mempermudah, manfaatkanlah Peta Lokasi.