Beranda
Bangka
Bangka Belitung
Belitung
Danau
Destinasi Wisata
Danau Kaolin Bangka Belitung - Fasilitas, Harga Tiket & Lokasi

Bangka Belitung (Babel) sudah semestinya masuk daftar tujuan wisata Anda. Selain sebagai salah satu surga wisata bahari terkenal di Indonesia, daya tarik kepulauan ini termasuk Danau Kaolin yang eksotik. Tidak hanya Tanjung Kelayang, danau ini juga merupakan spot terkenal di sana.

Bila ada rencana liburan ke Belitung, kunjungilah Danau Kaolin. Begitu juga jika Anda berlibur ke Pulau Bangka, danau serupa juga ada di sana. Di Belitung, lokasinya dekat ibu kota, adapun di Bangka, letaknya berada di Koba. Baca ulasan berikut untuk info lengkap mengenai danau ini.

Daya Tarik Wisata Danau Kaolin Babel

Danau Kaolin merupakan danau yang terbentuk dari bekas pertambangan Kaolin di Pulau Bangka maupun Pulau Belitung. Jadi, bukan tercipta secara alami seperti danau pada umumnya. Kaolin adalah sejenis mineral yang lazim digunakan dalam industri kosmetik, pasta gigi, dan makanan.

Seiring berjalannya waktu, air dari hujan yang silih berganti menggenangi lubang-lubang bekas galian yang lama tak terpakai. Airnya jernih tenang laksana kaca cermin berwarna tosca. Kontras dengan ceruk-ceruk tak beraturan berwarna putih. Sebaran pohon turut melengkapi keindahannya.

Warna air beragam tapi karena cenderung biru, banyak yang menjuluki Danau Biru atau Kulong Biru. Kulong dalam bahasa lokal berarti lubang dan lubang di sini tidak hanya satu. Warna biru menandakan lubang muda. Sementara itu, kolong lebih tua, airnya hijau gelap dan cokelat.

Danau Kaolin di Bangka Belitung sangat menakjubkan memadukan air biru dengan ceruk dan bentang perbukitan kaolin berwarna putih. Sekilas panoramanya seperti Kawah Putih Ciwidey. Sebagai pembeda, di Danau Biru Babel tidak ada bau belerang seperti Kawah Putih Ciwidey.

Sebagai tempat wisata populer di Bangka Belitung, Danau Kaolin menawarkan banyak hal yang menarik bagi wisatawan. Pemandangan alamnya yang unik dan eksotik menyimpan banyak spot foto yang instagenik. Cocok bagi penyuka landscape photography maupun traveler pecinta selfie.

Sering menjadi lokasi foto prewedding karena panoramanya yang unik seolah bukan di Indonesia. Danau Kaolin Bangka Belitung juga sebagai spot strategis menikmati sunrise dan sunset. Karena itu, waktu terbaik mengunjunginya adalah pagi atau sore. Suhu saat siang hari sangat panas.

Berkat lanskap yang mengagumkan, Danau Kaolin menjadi spot hits dan viral di Bangka Belitung. Tak hanya menyedot animo wisatawan domestik, tempat ini juga sering didatangi turis asing. Bahkan, masuk nominasi Destinasi Unik Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia 2019.

{next}

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai objek wisata, Danau Kaolin Bangka lebih memadai fasilitasnya. Danau yang ada di Pulau Belitung hanya dilengkapi pagar seadanya dengan sejumlah warung makanan tak begitu jauh dari lokasi. Tidak ada harga tiket masuk untuk danau di Belitung, demikian juga dengan biaya parkir.

Sedangkan fasilitas Kulong Biru di Pulau Bangka sangat memadai. Fasilitasnya mencakup toilet atau kamar mandi umum, pujasera, area parkir yang luas, hingga kios cenderamata. Selain itu, ada jalur pedestrian, jembatan penghubung, berbagai spot instagramable, dan wahana wisata.

Harga tiket masuk Danau Kaolin Bangka Rp 10.000, biaya parkir Rp 2.000-Rp 5.000. Lokasi danau di Belitung dekat pusat kota. Apabila butuh tempat menginap, mudah mendapatkannya. Sementara itu, yang di Bangka, sekitar 1,5 jam dari Pangkalpinang. Pertimbangkan hotel berikut:

Lokasi Danau Kaolin di Bangka Belitung

Danau Kaolin Belitung terletak di Perawas, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung. Kurang lebih 4 kilometer atau kurang dari 10 menit berkendara dari ibu kota Belitung, Kota Tanjung Pandan. Aksesnya mudah, Anda hanya perlu menggunakan gmap. Manfaatkan peta rute lokasi, DI SINI.

Sementara itu, Danau Kaolin Bangka berlokasi di Jl. Raya Toboali, Nibung, Kec. Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Anda perlu berkendara sejauh 12 kilometer atau 16 menit berkendara dari Koba, ibu kota Bangka Tengah. Atau, kurang lebih 1,5 jam dari Pangkalpinang. Gunakan Peta Lokasi.