Danau Kaolin Bangka Belitung - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, Lokasi

Bangka Belitung (Babel) memang semestinya masuk daftar tujuan wisata Anda selanjutnya. Selain sebagai salah satu surga wisata bahari terkenal di Indonesia, daya tarik kepulauan ini juga termasuk Danau Kaolin yang eksotik dan unik. Tak hanya Tanjung Kelayang, danau ini juga merupakan destinasi terkenal di sana.

Danau Kaolin Bangka Belitung
credit: unsplash.com/@aaeggy

Bila ada rencana liburan ke Belitung, pastikan mendatangi Danau Kaolin. Demikian juga jika Anda berlibur ke Pulau Bangka, danau serupa juga ada di sana. Di Belitung, lokasinya dekat ibu kota, adapun di Bangka danaunya terletak di daerah Koba. Info lebih lengkap mengenai daya tarik danau ini, baca ulasan berikut.

Daya Tarik Wisata Danau Kaolin Babel

Danau Kaolin merupakan danau eksotis yang terbentuk dari bekas pertambangan Kaolin di Pulau Bangka maupun Pulau Belitung. Jadi, danau ini bukan tercipta secara alami seperti danau pada umumnya. Kaolin sendiri adalah sejenis mineral yang lazim digunakan dalam industri kosmetik, pasta gigi, hingga makanan.

Seiring dengan berjalannya waktu, air dari hujan yang silih berganti menggenangi lubang-lubang bekas galian yang lama tidak digunakan. Airnya tenang dan jernih laksana kaca cermin berwarna tosca. Kontras dengan ceruk-ceruk tak beraturan berwarna putih. Hijau sebaran pohon turut melengkapi keindahannya.

Warna airnya beragam namun karena cenderung biru banyak yang menjuluki danau ini Danau Biru atau Kulong Biru. Kulong dalam bahasa lokal berarti lubang dan lubang di sini tidak hanya satu. Warna biru menandakan lubang muda. Sementara itu, kolong yang lebih tua airnya berwarna hijau gelap dan cokelat.

Fasilitas Wisata di Danau Kaolin Babel
credit: instagram.com/samsulhuda1993

Danau Kaolin di Bangka Belitung sangat menakjubkan memadukan air berwarna biru dengan ceruk dan bentang perbukitan kaolin yang berwarna putih. Sekilas pemandangannya seperti Kawah Putih Ciwidey di Bandung. Sebagai pembeda, di Danau Biru Babel tidak ada bau belerang seperti di Kawah Putih Ciwidey.

Sebagai tempat wisata populer Bangka Belitung, danau di Pulau Bangka atau Pulau Belitung menawarkan banyak hal menarik bagi wisatawan. Lanskap alamnya yang unik dan eksotik menyimpan banyak spot foto yang instagenik. Cocok bagi penyuka landscape photography maupun traveler milenial penggemar selfie.

Sering menjadi lokasi foto prewedding karena panoramanya yang unik seolah bukan berada di Indonesia. Danau Kaolin Bangka Belitung juga sebagai lokasi strategis menikmati pemandangan sunrise dan sunset. Karena itu, waktu terbaik mengunjunginya adalah pagi dan sore. Suhu saat siang hari di sini sangat panas.

Berkat daya tarik alamnya yang mengagumkan, Danau Kaolin merupakan tempat wisata hits dan viral di Bangka Belitung. Tak hanya menyedot animo wisatawan domestik, tempat ini juga sering didatangi turis mancanegara. Bahkan, masuk nominasi Destinasi Unik Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia 2019.

Rute Lokasi Danau Biru Bangka Belitung
credit: instagram.com/tedirachman

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai objek wisata, Danau Kaolin Bangka lebih memadai fasilitasnya. Danau yang ada di Pulau Belitung hanya dilengkapi fasilitas berupa pagar seadanya dan terdapat sejumlah warung makanan tak begitu jauh dari lokasi. Tidak ada harga tiket masuk untuk danau di Belitung, demikian juga dengan biaya parkirnya.

Sedangkan fasilitas Kulong Biru di Pulau Bangka sangat lengkap dan memadai. Fasilitas kepariwisataannya mencakup toilet atau kamar mandi umum, pujasera, lapangan parkir yang luas, hingga kios cenderamata. Tersedia juga jalur pedestrian, jembatan penghubung, beberapa spot instagramable, serta wahana wisata.

Bila ingin mencari tempat menginap, mudah menemukan berbagai jenis penginapan atau hotel di pusat kota. Baik di Bangka maupun di Belitung, lokasi danaunya tidak terlalu jauh dari kota. Untuk harga tiket masuk Danau Kaolin Bangka sebesar IDR 10.000. Biaya lainnya untuk parkir sekitar IDR 2.000 - IDR 5.000.

Harga Tiket Masuk Kaolin Lake Babel
credit: instagram.com/samsulhuda1993

Lokasi Danau Kaolin di Bangka Belitung

Lokasi Danau Kaolin Belitung terletak di Perawas, Kec. Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. Kurang lebih 4 kilometer atau kurang dari 10 menit perjalanan berkendara dari ibu kota Belitung, yakni Kota Tanjung Pandan. Aksesnya mudah, Anda hanya perlu menggunakan gmap. Manfaatkan peta rute lokasi, DI SINI.

Sementara itu, Danau Kaolin Bangka berlokasi di Jl. Raya Toboali, Nibung, Kec. Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Anda perlu berkendara sejauh 12 kilometer atau 16 menit berkendara dari Koba, ibu kota Bangka Tengah. Atau, sekira 1,5 jam dari Pangkal Pinang, ibu kota Provinsi Bangka Belitung. Gunakan Peta Lokasi.