Pantai Tanjung Kelayang Belitung - Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Rute

Pulau Belitung di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) adalah salah satu surga wisata bahari di Indonesia. Kaya akan pantai yang menawan dan khas. Pantai Tanjung Kelayang salah satunya. Pantai ini bertetangga dengan Pantai Tanjung Tinggi. Keduanya sama-sama indah dan menjadi primadona wisata di Belitung.

Pantai Tanjung Kelayang Belitung Babel
credit: Adriansyah novian, CC BY-ND 2.0

Bila punya rencana wisata ke Belitung, jangan lupa berkunjung ke Tanjung Kelayang. Lokasinya di Desa Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai daya tarik wisata dan fasilitasnya, baca ulasan di bawah ini. Termasuk juga info rute dan harga tiket masuk Tanjung Kelayang.

Daya Tarik Tanjung Kelayang Belitung

Tanjung Kelayang merupakan sebuah semenanjung yang menjorok ke laut di bagian utara Pulau Belitung. Garis pantainya memanjang 4 kilometer hingga Pantai Tanjung Tinggi di sisi timur. Sama halnya dengan Tanjung Tinggi, pantai ini cukup terkait dengan film Laskar Pelangi, salah satu film terlaris di Indonesia.

Pesisir Pulau Belitung khas dengan susunan bebatuan granit, demikian juga dengan Tanjung Kelayang. Puluhan bebatuan granit berukuran raksasa menghiasi perairan lautnya. Salah satu yang ikonik adalah tumpukan granit berbentuk seperti kepala burung. Konon, spot inilah yang mengilhami nama pantainya.

"kelayang" merupakan istilah lokal untuk menyebut salah satu jenis burung yang berkeliaran di pantai ini. Sebagian yang lain menyebut susunan batu granit tersebut mirip kepala burung garuda. Sedangkan jika merujuk folklor atau cerita rakyat setempat, bebatuan tersebut dipercaya mengandung kekuatan mistis.

Pantai Tanjung Kelayang sendiri sangat menawan dengan hamparan pasir luas dan landai berwarna putih dengan tekstur yang halus. Perairan lautnya yang jernih tenang menghadirkan gradasi warna biru yang cenderung muda. Pesisirnya pun teduh oleh berbagai jenis pepohonan, termasuk jajaran pohon kelapa.

Secara luas Tanjung Kelayang bukan hanya pantai nan indah, namun salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Indonesia. Dengan area seluas 324,5 hektar, KEK Tanjung Kelayang meliputi sejumlah spot wisata terkenal Belitung. Letaknya strategis karena berada di antara Indonesia dan negara-negara ASEAN.

Bisa dikatakan Tanjung Kelayang merupakan sajian pembuka bagi wisatawan untuk memulai mengagumi daya tarik bahari Pulau Belitung. Tidak hanya Pantai Tanjung Tinggi, KEK Tanjung Kelayang juga mencakup Desa Wisata Nelayan Tanjung Binga, Pulau Batu Berlayar, Pulau Babi. Serta, Pulau Lengkuas yang terkenal

Jadi, wisata ke Pantai Tanjung Kelayang Belitung memungkinkan Anda mendapat pengalaman yang kaya. Selain mengagumi dan menikmati pantai dengan berbagai aktivitas dan wahana air, Anda juga bisa island hopping (jelajah pulau). Snorkeling, diving, wisata kuliner, hingga mengenal budaya nelayan di Belitung.

Fasilitas Wisata di Tanjung Kelayang Belitung
credit: Adhi Rachdian, CC BY 2.0

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai bagian KEK Tanjung Kelayang yang merupakan salah satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas di Indonesia, Pantai Tanjung Kelayang menyajikan fasilitas yang lengkap dan memadai. Berbagai penunjang kegiatan wisata tersedia, termasuk transportasi laut, alat snorkeling diving, dan aneka wahana watersport.

Mudah menemukan tempat bersantap, baik berupa warung ataupun restoran. Dalam hal ini, Desa Wisata Tanjung Binga terkenal sebagai destinasi wisata kuliner. Fasilitas umum di Pantai Tanjung Kelayang sudah memadai, mulai dari toilet, area parkir yang luas, mushola, tempat istirahat, pusat informasi, dan lain-lain.

Bila Anda butuh tempat menginap, mudah menemukannya. Tersedia berbagai jenis penginapan di sekitar KEK Tanjung Kelayang, mulai dari homestay hingga hotel berbintang. Akses jalan juga bagus dan untuk harga tiket masuk Pantai Tanjung Kelayang, tak ada tarif masuk. Bila nanti ada, paling sekira IDR 5K-10K.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Kelayang
credit: Rachmad Kurniadi, CC BY-ND 2.0

Rute Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Lokasinya utamanya terletak di Jalan Pantai Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Kurang lebih 28 kilometer jaraknya atau sekira 40-45 menit perjalanan berkendara dari Kota Tanjung Pandan yang merupakan ibu kota Kabupaten Belitung.

Jarak dan durasinya hampir sama, bila Anda berangkat dari Bandara Internasional H.A.S Hanandjoeddin Belitung. Rute ke Kawasan Tanjung Kelayang sangatlah mudah. Anda bisa memulai perjalanan melalui Jl. Sudirman - Jl. Sijuk lalu menuju ke Jl. Tanjung Pandan - Jl. Tanjung Kelayang. Manfaatkanlah Peta Lokasi.