Beranda
Daftar Menarik
Jawa Timur
Pantai
Pantai di Jawa Timur, 15 Wisata Pantai Terindah dan Terkenal

Jawa Timur merupakan destinasi yang cocok untuk traveler penggila wisata alam. Provinsi ini menyajikan gunung-gunung tinggi yang sekaligus menjadi rumah bagi ragam air terjun dan danau indah menawan. Pun demikian bagi para penggemar pantai, wisata pantai Jawa Timur yang indah tersebar di berbagai daerah.

Kabupaten Malang, Pacitan, dan Banyuwangi menjadi tujuan populer di Jawa Timur karena mengoleksi puluhan pantai. Tentu, pantai-pantai di daerah yang lain juga tidak kalah cantiknya. Apabila Anda ingin menjelajahi pantai di Jawa Timur, berikut 18 rekomendasi pantai terindah terkenal yang wajib dikunjungi.

Pulau Merah (Red Island) Banyuwangi

Mengawali daftar pantai di Jawa Timur, Pantai Pulau Merah adalah spot wisata alam populer Banyuwangi. Sejumlah event bertaraf internasional pernah diadakan di sini, termasuk surfing. Selain ombak, daya tarik Pulau Merah adalah pasir putih melengkung panjang dengan pulau ikonik. Juga, fasilitas yang lengkap.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Sumberagung, Kec Pesanggaran, Kab Banyuwangi, Jawa Timur.

Tanjung Papuma Jember Jawa Timur

Tanjung Papuma (Pasir Putih Malikan) adalah pantai paling populer di Jember, Jawa Timur. Batuan karang besar di tengah laut mewakili ciri khasnya selain pasir putih yang menawan. Papuma juga kaya mitos dan sejarah ada goa Jepang di sini. Sunsetnya indah, suasananya meriah, dan fasilitasnya pun sangat memadai

HTM: IDR 15K-20K
Lokasi: Jl. Tj. Papuma, Lojejer, Kec. Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pantai Camplong Madura Jawa Timur

Pantai Camplong merupakan kawasan wisata alam yang meriah dan indah. Jujugan muda-mudi di daerah Sampang dan Pamekasan. Selain karena hadir dengan hamparan pasir yang landai dan luas, serta ombak yang tenang, di sini banyak spot foto kekinian yang instagramable. Termasuk juga kaya fasilitas wisatanya.

HTM: IDR 15K
Lokasi: Tamba"an, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Pantai Teluk Asmara Malang Selatan

Pantai Teluk Asmara termasuk pantai paling hits dan terindah di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Banyak yang menjuluki Raja Ampatnya Malang karena perairannya berhiaskan pulau-pulau kecil yang tersebar acak. Kawasan ini punya sejumlah ruas berpasir putih lembut. Fasilitas lengkap dan kaya spot instagenik.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Wisata Pantai Pasir Putih di Situbondo

Pantai Pasir Putih merupakan primadona wisata daerah Situbondo. Dengan hamparan pasir putihnya yang landai, pantai ini cenderung meriah karena sering ada even bahari di sini. Dan, memungkinkan wisatawan melakukan banyak hal, berenang, snorkeling, diving, berperahu layar, dan kano. Fasilitasnya pun lengkap.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pantai Klayar di Pacitan Jawa Timur

Pantai Klayar sangat terkenal di Pacitan dan merupakan salah satu tempat wisata paling ramai dikunjungi. Pasirnya putih dan luas yang sebagian bercampur pasir hitam. Ombaknya dahsyat dan memiliki komposisi batuan unik serta fenomena alam yang khas "seruling samudra". Lengkap fasilitas dan aktivitas wisatanya.

HTM: IDR 15K
Lokasi: Dusun Kendal, Sendang, Kec. Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Balekambang di Malang Selatan

HTM: IDR 15K
Lokasi: Sumberjambe, Srigonco, Kec. Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bangsring Underwater di Banyuwangi

Pantai Jawa Timur selanjutnya adalah Pantai Bangsring. Bangsring Underwater menjadi daya tarik utama pantai ini. Lokasi snorkeling dan diving paling populer di Banyuwangi yang juga memungkinkan Anda berenang dengan hiu jinak. Indah taman bawah lautnya, lengkap fasilitasnya, dan banyak wahana airnya.

HTM: lihat Bangsring Underwater
Lokasi: Pantai Bangsring, Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Slopeng di Sumenep Madura

Pulau Madura Jawa Timur mengoleksi pantai-pantai indah sebagai batas alam, darat dan lautnya. Pantai Slopeng di Kabupaten Sumenep satu di antaranya. Pasirnya putih luas dan panjang. Pesisirnya teduh oleh cemara udang, ombaknya pun cukup tenang. Anda bisa menyusuri pantai dengan ATV maupun berkuda.

HTM: IDR 15K
Lokasi: Desa Semaan, Kec. Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Teluk Hijau (Green Bay) di Banyuwangi

Taman Nasional Meru Betiri kaya akan pantai yang indah. Teluk Hijau (Green Bay) termasuk yang paling menawan. Pantai ini tersembunyi, namun pesonanya membuat siapapun rela bersusah payah. Pasirnya lebih putih dan halus dari pantai lain. Airnya tenang jernih nampak hijau muda. Ada air terjunnya juga.

HTM: IDR 7.500 - IDR 35K
Lokasi: Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Kasap dan Watu Karung Pacitan

Apabila Pantai Teluk Asmara adalah Raja Ampatnya Malang, Pantai Kasap dijuluki sebagai Raja Ampatnya Pacitan. Terlepas dari julukan itu, pantai indah ini adalah sudut lain dari Pantai Watukarung yang masyhur di kalangan surfer mendunia. Bahkan, Watu Karung juga menawarkan wisata Kali Cokel yang juga populer.

HTM: IDR 10K-15K
Lokasi: Gumuharjo, Watu Karung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai 3 Warna di Malang Jawa Timur

Bila menetapkan Malang sebagai tujuan kali ini, jangan lupa mampir ke Pantai Tiga Warna. Niscaya Anda akan terpesona oleh taman di bawah lautnya. Tempat snorkeling terbaik di Malang yang juga menyajikan panorama yang memanjakan. Warna airnya seakan terbagi 3. Banyak syarat bila ingin mengunjunginya.

HTM: cek tiket dan syarat, di sini
Lokasi: Sendangbiru, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai Sembilan Gili Genting Sumenep

Kabupaten Sumenep yang berada di ujung timur Pulau Madura wilayahnya meliputi ratusan pulau kecil. Pulau Gili Genting salah satu yang begitu mempesona. Di pulau itulah Pantai Sembilan berada. Pantai ini menawan dengan pasir putih terhampar dengan luasnya. Kaya atraksi, spot foto serta lengkap fasilitasnya.

HTM: IDR 5K, perahu IDR 10K
Lokasi: Bringsang, Kecamatan Giligenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Wisata pantai di Jawa Timur juga termasuk Pantai Kedung Tumpang yang eksotis. Pantai di Tulungagung ini sangatlah khas dengan dominasi karang sebagai batas alamnya. Karang juga membentuk latar dengan banyak cekungan yang menyimpan air sehingga mirip laguna. Cocok untuk berenang ataupun berendam.

HTM: IDR 5K
Lokasi: Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

Pantai Bama di Situbondo Jawa Timur

Daya tarik wisata Taman Nasional Baluran bukan hanya padang savana Bekol, tapi juga Pantai Bama yang menenangkan. Perairannya tenang dengan warna cenderung muda harmoni dengan pasirnya yang putih benderang. Juga, ada hutan mangrove yang rindang serta sekawanan monyet ekor panjang khas Baluran.

HTM: IDR 5K-7,500
Lokasi: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Wisata Pantai Karang Bolong Pacitan

Ada sejumlah pantai bernama Karang Bolong di Indonesia dan salah satunya di Pacitan. Pantainya eksotis dengan karang berlubang yang menjorok ke laut. Ideal bagi para pecinta landscape photography karena pemandangannya mengagumkan. Tanpa pasir, namun menawarkan sajian sunset yang sedap dipandang.

HTM: IDR 15K
Lokasi: Karang Bolong, Kendal, Sendang, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Ungapan Bajulmati di Malang

Dari puluhan pantai di Malang Selatan, Pantai Bajulmati termasuk yang paling terkenal. Sementara itu, Pantai Ungapan adalah ruas pantai tersebut. Selain pantai yang indah dengan sunset yang menakjubkan, ciri khas pantai ini adalah muara sungai dengan jembatan Bajulmati yang ikonik dan kaya wahana wisata.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai G-Land Banyuwangi Jawa Timur

Pantai Plengkung nama aslinya. Nama G-land merupakan istilah beken untuk mewakili spot surfing, salah satu yang terbaik di mata surfer dunia. Ombak yang indah, panjang, dan tinggi adalah daya tarik wisata utama pantai di Taman Nasional Alas Purwo ini. Ombaknya bisa setinggi 8 meter sepanjang 2 kilometer.

HTM: -
Lokasi: Purworejo, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Demikian daftar 18 rekomendasi pantai Jawa Timur. Pastinya daftar ini hanyalah mencakup sebagian kecil pantai yang tersebar di wilayah Jawa Timur. Ini juga belum termasuk pantai Pulau Tabuhan Banyuwangi dan pantai indah di Pulau Bawean. Anggap daftar ini hanya sebagai menu pembuka petualangan Anda.