Beranda
Destinasi Wisata
Manggarai
NTT
Pulau
Pulau Kelor Labuan Bajo - Daya Tarik dan Cara ke Kelor Island

Sejak berdiri tahun 1980, Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) selalu dikagumi. Bukan hanya tentang komodo dan keindahan bawah lautnya, pulau-pulau cantik yang berada di sana pun turut memicu decak kagum wisatawan dunia. Selain Pulau Kanawa, ada juga Pulau Kelor yang mempesona.

Selain Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, Pulau Kelor sering kali masuk dalam itinerary Sailing Komodo. Bila ada rencana wisata ke Kepulauan Komodo atau Labuan Bajo, pastikanlah Kelor Island ada di dalam daftar kunjungan. Sebelum berangkat ke sana, baca info detail mengenai daya tariknya berikut ini.

Daya Tarik Wisata Pulau Kelor Komodo

Pulau Kelor merupakan pulau kecil seluas 4,6 hektare dengan total luas area 7,3 hektare di perairan laut Kepulauan Komodo. Pulau tanpa penghuni ini adalah salah satu pulau paling dekat dengan Labuan Bajo. Dalam itinerari sailing trip di Komodo, pulau ini bisa menjadi destinasi pertama atau yang terakhir dikunjungi.

Daratan pulaunya lebih didominasi oleh bukit yang berselimut rumput dengan pepohonan di beberapa bagian. Pantai dengan pasir putih bersih menjadi penghias di bagian bawahnya. Sejauh ini, bukit Pulau Kelor merupakan salah satu view point populer untuk menyaksikan panorama Taman Nasional Komodo.

Karena itu, trekking mendaki menjadi aktivitas utamanya. Sekira 40 menit melalui jalan berbatu, mendaki bukit terjal curam dengan kemiringan 30-45 derajat. Karena masih alami, jalur pendakian berupa tanah tanpa adanya tangga dan pagar. Sehingga, perlu hati-hati untuk menghindari kemungkinan tergelincir.

Ketika tiba di puncak, wisatawan bisa menikmati indahnya lanskap Kepulauan Komodo yang tersaji di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores. Bentang laut sedap dipandang berlatar barisan segitiga Pulau Menjaga dengan warna yang selalu berubah. Hijau di musim hujan dan kuning kecoklatan saat kemarau.

Selain dengan mendaki bukit, menikmati pemandangan bahari di tepi pantai Pulau Kelor juga merupakan ide yang bagus. Bisa juga menyusuri pasirnya yang putih benderang untuk menemukan spot keindahan dari sudut yang berbeda. Tentunya, banyak sekali spot foto alam yang instagramable di pulau mungil ini.

Daya tarik Pulau Kelor Labuan Bajo tak hanya di permukaan. Lebih dari itu, di bawah perairan dangkalnya yang jernih dan tenang tersimpan taman laut yang memanjakan melalui komposisi terumbu karang dan warna-warni ikan. Snorkeling atau free diving merupakan kegiatan lain yang menarik dan wajib dilakukan.

{next}

Fasilitas, Biaya, dan Cara Mencapainya

Pulau Kelor Labuan Bajo sejauh ini hanya sebagai tempat singgah dalam sailing trip Kepulauan Komodo. Kondisinya masih alami sehingga tidak ada fasilitas wisata di sini. Jikapun ada, hanya sebuah dermaga dan beberapa penjual yang menjajakan kelapa muda di kaki bukit sebagai opsi pelepas dahaga wisatawan.

Cara umum mengunjungi Pulau Kelor adalah dengan memanfaatkan paket wisata Sailing Komodo yang banyak tersedia di Labuan Bajo, baik private trip maupun open trip. Biayanya mulai Rp 500.000 per orang untuk trip 1 hari. Paket ini sudah mencakup Pulau Padar, Pink Beach, Pulau Komodo, serta Pulau Rinca.

Sementara itu bila hanya ingin berwisata ke Pulau Kelor, di Labuan Bajo bisa menyewa kapal dengan harga sekitar Rp 600.000 PP kapasitas 6-7 orang. Durasi perjalanan laut sekitar 30 menit. Jika ingin bertahan lebih lama, bisa juga camping namun pastikan membawa perlengkapan dan logistik lengkap dan mencukupi.

Untuk fasilitas wisata yang lengkap dan memadai, tersedia di Labuan Bajo yang memiliki beragam fungsi strategis. Fasilitas transportasinya juga tidak sekedar transportasi laut, ada juga bandara internasional, yakni Bandara Komodo. Selebihnya, mudah menemukan berbagai jenis penginapan dan tempat makan di Labuan Bajo.

Rekomendasi Akomodasi di Labuan Bajo

[alert type="warning"]Dalam daftar di bawah ini, hanya hotel dengan promo atau diskon yang disertai dengan harga. Oleh karena itu, mungkin tidak semua menampilkan harganya. Klik "Lihat Hotel" untuk cek update harga terbaru, lengkap dengan info ketersediaan kamar beserta detail fasilitas masing-masing hotel.[/alert]
[alert]Lokasi Pulau Kelor: Pasir Putih, Kec Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Lihat Peta[/alert]

Demikian informasi tentang daya tarik wisata, fasilitas, akomodasi, biaya, serta cara ke Pulau Kelor di Labuan Bajo, NTT. Salah satu pulau wisata yang wajib dikunjungi wisatawan ketika liburan ke Taman Nasional Komodo. Pastikan saja pulau ini masuk dalam daftar itinerary wisata Anda. Jadi, selamat berwisata!