Wisata Banyuwangi - 15 Tempat Terindah dan Terbaik di Banyuwangi

Banyuwangi, kabupaten terluas di Pulau Jawa adalah destinasi wisata yang populer di Jawa Timur. Bahkan, sebagian objek wisatanya terkenal di kalangan turis dunia. Wisata Banyuwangi lebih menyajikan pesona alam, kaya pantai dan pegunungan. Budaya suku Osing yang unik pun turut menjadi daya tarik wisatanya.

Wisata Banyuwangi
credit: unsplash.com/@bennymors

Intinya, sekali waktu seorang traveler, terlebih bagi pecinta alam budaya, wajib mengunjungi Banyuwangi. Sebagai gambaran awal sebelum tiba di sana, di bawah ini telah tersaji daftar objek wisata di Banyuwangi. Tidak mencakup semuanya, hanya 15 rekomendasi spot terkenal, terindah, dan menarik dikunjungi.

Kawah Ijen (Ijen Crater) Banyuwangi

Kawah Ijen (Ijen Crater) Banyuwangi
credit: instagram.com/iwanperdana_24

Mengawali daftar wisata Banyuwangi, Kawah Ijen merupakan mahakarya alam di Indonesia yang memicu decak kagum wisatawan dunia. Selain sebagai danau air asam terbesar, di Kawah Ijen ada fenomena blue fire, satu-satunya di dunia yang bisa dilihat hampir tiap hari. Keindahan sunrise di sini juga menakjubkan.

HTM: IDR 5.000-7.500
Info Detail: Kawah Ijen
Lokasi: Pegunungan Ijen, Tamansari, Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Adat Osing di Desa Kemiren

Wisata Adat Osing di Desa Kemiren
credit: instagram.com/desa_kemiren

Liburan ke Banyuwangi, datang ke Desa Wisata Osing Kemiren pastinya memberi pengalaman tersendiri. Desa cagar budaya ini memungkinkan Anda lebih dekat dengan penduduk asli Banyuwangi, suku Osing. Mengenal budaya mereka yang unik hingga mencicipi kuliner khas, termasuk Kopi Osing yang terkenal.

HTM: IDR 5.000
Info Detail: Desa Wisata Osing Kemiren
Lokasi: Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Taman Blambangan Banyuwangi

Taman Blambangan Banyuwangi
credit: instagram.com/dupudes

Taman Blambangan merupakan tempat rekreasi murah meriah di pusat Kota Banyuwangi. Sebuah taman indah yang menjadi salah satu pusat olahraga dan hiburan. Khususnya malam Minggu, taman ini semakin meriah dengan acara seni. Serta, sebagai tempat wisata kuliner dengan ragam spot foto yang instagenik.

HTM: Gratis
Lokasi: Jl. Diponegoro, Kepatihan, Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Boom Marina Park Banyuwangi

Boom Marina Park Banyuwangi
credit: instagram.com/_knwdeny

Tempat wisata di Banyuwangi berikutnya adalah Pantai Boom Marina, tujuan wisata utama yang lokasinya dekat pusat kota. Tempat nongkrong favorit bagi muda-mudi yang juga terkenal sebagai salah satu spot sunrise terindah di Banyuwangi. Banyak aktivitasnya, lengkap fasilitasnya, serta kaya spot selfie kekinian.

HTM: IDR 5.000
Info Detail: Pantai Boom Banyuwangi
Lokasi: Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Pulau Merah di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi
credit: unsplash.com/@anggit_mr

Pantai Pulau Merah cukup ikonik mewakili pesona pantai di Banyuwangi. Pulau di lepas pantai menjadi ciri khasnya yang sekaligus mengilhami namanya. Selain itu, pantai ini terkenal sebagai lokasi surfing berkat ombak yang indah. Di pesisirnya yang berpasir putih landai dan panjang tersedia fasilitas yang memadai.

HTM: IDR 10.000
Info Detail: Pulau Merah Banyuwangi
Lokasi: Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Objek Wisata Alam Air Terjun Lider

Objek Wisata Alam Air Terjun Lider
credit: instagram.com/_knwdeny

Selain terkenal di kalangan pendaki, Gunung Raung juga menawarkan beberapa air terjun di lerengnya. Air Terjun Lider termasuk yang paling terkenal di sana. Air Terjun setinggi 60 meter ini merupakan sajian eksotis di tengah hutan di ketinggian 1300 mdpl. Butuh perjuangan bila Anda tertarik mengunjunginya.

HTM: IDR 5.000
Info Detail: Air Terjun Lider
Lokasi: Bejong, Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Wisata Pantai Wedi Ireng Banyuwangi
credit: instagram.com/dupudes

Berjarak tidak jauh dan berada di satu jalur yang sama dengan Pulau Merah, Pantai Wedi Ireng memang kalah dalam popularitas. Namun, daya tarik alamnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Ini adalah pantai teluk yang indah di segala sudutnya. Ombaknya tenang, suasananya nyaman mengisyaratkan kedamaian.

HTM: -
Lokasi: Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Djawatan Benculuk di Banyuwangi

Djawatan Benculuk di Banyuwangi
credit: unsplash.com/@putriahmadi

Pernah nonton Lord of the Rings atau The Hobbit? nuansa Jawatan Benculuk sekilas mirip Hutan Fangorn di film tersebut. Pepohonan trembesi yang mendominasi kawasan ini terlihat demikian eksotis. Dalam hal wisata, Jawatan Benculuk cocok sebagai tempat santai di sore hari dengan spot foto yang instragamable.

HTM: IDR 5.000
Info Detail: Jawatan Benculuk
Lokasi: Purwosari, Benculuk, Kec. Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Pantai G-Land di Banyuwangi

Pantai G-Land Banyuwangi Jawa Timur
credit: flickr/sorazu, CC BY-NC 2.0, cropped

Banyuwangi punya istilah "Triangle Diamonds" sebagai branding tiga destinasi wisata unggulannya, Pantai Plengkung salah satunya. Di kalangan wisatawan dunia, pantai di Taman Nasional Alas Purwo ini populer dengan sebutan G-Land. Daya tariknya adalah ombak favorit para surfer, salah satu yang terbaik di dunia.

HTM: -
Info Detail: Pantai Plengkung
Lokasi: Purworejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Bangsring Underwater di Banyuwangi

Bangsring Underwater di Banyuwangi
credit: instagram.com/bangsringunderwater

Suka menyelam? Bangsring Underwater merupakan tempat snorkeling diving terindah dan terkenal di Banyuwangi. Rumah Apung Bangsring sebagai daya tarik utamanya juga menawarkan sensasi berenang bersama hiu. Fasilitas penunjang aktivitas wisata pun lengkap dan memadai, termasuk opsi watersport.

HTM: cek di Bangsring Underwater
Lokasi: Jl. Raya Banyuwangi Situbondo, Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Pantai Sukamade di Banyuwangi

Wisata Pantai Sukamade
credit: unsplash.com/@bennymors

Pantai Sukamade adalah salah satu dari "Triangle Diamonds" Banyuwangi, bersama Pantai Plengkung dan Kawah Ijen. Pantai di Taman Nasional Meru Betiri ini terkenal sebagai rumah penyu. Bahkan, yang terbesar di Indonesia. Selain menikmati indahnya pantai, aktivitas utama di sini memang berkaitan dengan penyu.

HTM: IDR 5.000-7.500
Info Detail: Pantai Sukamade
Lokasi: Dusun Sukamade, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Teluk Hijau di TN. Meru Betiri

Wisata Teluk Hijau di TN. Meru Betiri
credit: instagram.com/dupudes

Garis Pantai di Banyuwangi mencapai 175 kilometer dan beberapa wisata pantainya berada di Taman Nasional Meru Betiri. Teluk Hijau atau Green Bay termasuk salah satu yang terkenal eksotika alamnya. Meski tersembunyi, pantai ini populer di kalangan pecinta pantai. Di kawasannya juga ada air terjun.

HTM: IDR 5.000-7.500
Info Detail: Pantai Teluk Hijau
Lokasi: Krajan, Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Pulau Tabuhan di Banyuwangi

Wisata Pulau Tabuhan di Banyuwangi
credit: instagram.com/iwanperdana_24

Objek wisata Banyuwangi juga mencakup Pulau Tabuhan yang terpencil di tengah Selat Bali. Pulau tanpa penghuni ini menawarkan pesona alam melalui border pantai yang menawan berpasir putih bersih. Juga, taman bawah laut yang mengagumkan. Salah satu spot menyelam terbaik Banyuwangi selain Bangsring.

HTM: IDR 500.000 (sewa perahu/min. 10 org)
Info Detail: Pulau Tabuhan
Lokasi: Pulau Tabuhan, Bengkak, Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Taman Nasional Baluran Jawa Timur
credit: unsplash.com/@pretentiousmaru

Berada di sekitar perbatasan Situbondo-Banyuwangi, Baluran populer dengan sebutan "Africa van Java". Seolah miniatur sabana Afrika, rumah bagi ratusan jenis fauna yang hidup secara bebas. Luasnya kurang lebih 25000 ha mencakup ragam jenis hutan, termasuk Gunung Baluran dan sejumlah pantai yang indah.

HTM: IDR 5.000-7.500
Info Detail: Taman Nasional Baluran
Lokasi: Randu Agung, Wonorejo, Banyuputih, Kab. Situbondo, Jawa Timur.

Spot Wisata Alam Waduk Bajulmati

Spot Wisata Alam Waduk Bajulmati
credit: instagram.com/iwanperdana_24

Masih di perbatasan Situbondo-Banyuwangi, tidak jauh dari Baluran ada Waduk Bajulmati yang menawan. Pemandangannya seperti Raja Ampat di Papua. Eksotis dengan perbukitan kecil mengelilingi perairannya yang jernih laksana cermin raksasa. Datangi waduk ini pagi atau sore, karena siang hari cenderung panas.

HTM: -
Info Detail: Waduk Bajulmati
Lokasi: Baluran, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Demikianlah daftar 15 rekomendasi tempat wisata yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Tentu, yang tersebut dalam daftar di atas hanya sebagian kecil saja karena Banyuwangi memiliki lebih dari enam puluh tujuan wisata. Anggap saja apa yang tersaji di artikel ini sebagai menu pembuka petualangan Anda.