Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Situbondo
Waduk Bajulmati Situbondo - Fasilitas, Harga Tiket, Rute Lokasi

Waduk Bajulmati. Jawa Timur sangat kaya obyek wisata alam. Setiap bagiannya mendefinisikan citra keindahan dengan daya tarik tersendiri. Apabila tujuan wisata sobat kali ini adalah Jawa Timur, cobalah memulai dari ujung timur. Mendarat di perbatasan Situbondo-Banyuwangi dan menjelajahi apa yang tersaji.

Tahukah Anda? di sekitar Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran yang terkenal itu, ada Waduk Bajulmati yang juga mempesona. Meski namanya sama dengan Pantai Bajulmati di Malang, objek wisata di Situbondo ini lebih menawarkan keindahan seolah Raja Ampat di Papua. Datanglah dan segeralah berbahagia.

Daya Tarik dan Aktivitas yang Menarik

Seperti halnya Baluran, waduk yang membendung Sungai Bajulmati ini terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo. Luas Daerah Tangkapan Air (DTA) waduk yang dibangun pada tahun 2015 ini mencapai 98.43 km2. Areanya membentang di antara Gunung Baluran dan Pegunungan Ijen.

Selain bermanfaat untuk irigasi, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), konservasi air dan perikanan keramba. Waduk Bajulmati Situbondo juga merupakan primadona wisata baru karena menawarkan pemandangan alam yang eksotik. Desain alam terutama terlihat melalui bukit-bukit kecil yang mengelilingnya.

Panoramanya didominasi warna hijau alam yang kaya. Airnya jernih dan tenang laksana cermin raksasa. Secara keseluruhan, waduk dengan luas genangan 91,93 ha ini menawarkan pemandangan seperti halnya di sekitar Pulau Misool. Cobalah ke sini sebelum benar-benar liburan ke Raja Ampat di Papua nan jauh itu.

Jadi, selamat datang di Waduk Bajulmati. Untuk sejenak, biarkan sejauh pandangan menikmati lanskap yang mengagumkan. Menjelajah, mencoba lebih dekat adalah ide yang bagus. Temukan spot terbaik, abadikanlah. Bisa memilih latar Gunung Marapi dan Pegunungan Ijen yang samar-samar menyatu dengan awan.

Atau, bisa juga Gunung Baluran di sebelah timur yang terkesan gagah. Usahakanlah tiba agak pagi atau sore hari. Karena jarang sekali pohon peneduh di sini, siang hari terasa panas dan gersang. Ketika terik, umumnya pengunjung menuju balai Bengong, yakni balai beratapkan patung Tari Gandrung yang ada di sana.

Di balai itulah para pengunjung biasanya menikmati suasana sambil menyantap perbekalan. Waduk Bajul Mati juga merupakan tempat yang cocok untuk memancing. Hanya saja, sementara tidak bisa di sekitar waduk atau pintu air. Pengunjung yang ingin memancing biasa berkeliling waduk menuju sisi selatan.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Seiring dengan ramainya pengunjung, fasilitas di objek wisata Waduk Bajulmati Situbondo secara bertahap diperlengkap. Di sekitar waduk ini telah tersedia rest area lengkap dengan kafe, lahan parkir yang luas dan toilet bersih. Kabar terkini, ada juga fasilitas penunjang seperti ATV, speed boat, dan wahana outbond.

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Roda 2IDR 5K
Parkir Roda 4IDR 10K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Waduk Bajulmati Situbondo

Objek wisata ini mencakup wilayah Desa Watukebo, Wongsorejo, Banyuwangi dan Desa Wonorejo, Banyuputih, Situbondo. Dari Banyuwangi, lokasinya berjarak 40an km ke utara. Searah dengan Baluran karena letaknya bersebelahan. Sekitar 10 menit berkendara dari Baluran untuk sampai di Waduk Bajul Mati. Peta Lokasi