Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Pantai
Situbondo
Pantai Pasir Putih Situbondo - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket

Tak hanya Banyuwangi, Kabupaten Situbondo yang ada di sisi utaranya juga memiliki ragam wisata alam. Selain Taman Nasional Baluran yang populer dengan sebutan Africa van Java, di Situbondo juga ada Waduk Bajulmati yang mempesona. Bagi para pecinta bahari, Pantai Pasir Putih adalah primadona wisata di sana.

Bila Anda suka pantai, sekali waktu perlu wisata ke Situbondo. Memulai dari Pantai Pasir Putih merupakan ide yang bagus. Letaknya di Pandan Sari, Pasir Putih, Kec. Bungatan, Kab. Situbondo, Jawa Timur. Baca info terkait rute lokasi, daya tarik, fasilitas wisata, serta harga tiket masuk pantainya melalui ulasan berikut ini.

Daya Tarik Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan satu dari sekian pesona alam di garis pantai utara Jawa Timur. Lanskapnya didominasi bentang perairan Selat Madura yang ombaknya cukup tenang. Oleh karena itu, pantai ini menjadi spot wisata favorit. Cocok bagi siapa saja, termasuk sebagai destinasi liburan keluarga.

Sesuai namanya, pantai legendaris yang konon menjadi tujuan wisata sejak masa kolonial ini memang berpasir putih, setidaknya dulu. Saat ini, pasirnya yang landai cenderung kuning agak kecoklatan. Nama desanya juga Pasir Putih. Sementara itu, nama resmi tempat wisata ini adalah Wisata Bahari Pasir Putih.

Selain indah dengan gelombang ombak yang tenang dan suasana nyaman, pantai ini populer dikunjungi karena lokasinya strategis. Persis di pinggiran Jalan Nasional atau Jalan Pantura. Tidak hanya itu, Pantai Pasir Putih di Situbondo juga memungkinkan pengunjung melakukan beragam aktivitas wisata menarik.

Di hamparan pasirnya yang landai, wisatawan bisa bermain pasir atau bersantai menikmati pemandangan. Berenang juga menyenangkan karena ombak lautnya tenang, anak-anak pun aman dan leluasa bila ingin bermain air. Atau, mencoba berbagai wahana watersport, menjelajah perairan dengan perahu, kano, dll.

Menariknya, daya tarik wisata Pantai Pasir Putih juga meliputi taman laut. Selain Bangsring Underwater Banyuwangi, di sinilah tempat snorkeling diving di Jawa Timur. Jika menyukai kegiatan itu, Anda wajib menyelam di perairan dan mengagumi keindahan ragam terumbu karang serta biota laut yang lainnya.

Selebihnya, di kawasan Wisata Bahari Pasir Putih, khususnya di bulan Februari rutin diadakan even. Mulai dari lomba layang-layang, lomba perahu layar, perahu kano, serta memancing. Yang tak kalah menariknya adalah Ayam Sap-sap atau lomba melepas ayam di laut, yang tercepat tiba di pantai menjadi pemenang

{next}

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu tempat wisata terkenal di Situbondo, Pantai Pasir Putih telah dilengkapi fasilitas yang bagus serta memadai. Sebagai penunjang aktivitas wisatawan, telah tersedia berbagai opsi wahana wisata air. Untuk diving dan snorkeling, ada persewaan alatnya sekaligus instruktur selam yang berpengalaman.

Fasilitas umumnya pun lengkap, mulai kamar mandi atau toilet, lahan parkir yang luas, dan tempat ibadah berupa mushola. Juga, banyak pilihan warung makan, kios oleh-oleh khas Situbondo hingga panggung hiburan tepi pantai. Mudah menemukan penginapan atau hotel. Lahan camping di tepi pantai juga ada.

Jika perlu tempat menginap, tarif penginapan dan hotel dekat kawasan Wisata Bahari Pasir Putih kurang lebih Rp 200.000-500.000. Harga tiket masuk Pantai Pasir Putih sebesar Rp 10.000. Biaya yang lain untuk parkir sebesar Rp 5.000-10.000. Sementara itu, bila ingin menyewa perahu layar, tarifnya sekitar Rp 100.000.

Rute Lokasi Pantai Pasir Putih Situbondo

Kawasan Wisata Bahari Pasir Putih terletak di Pandansari, Pasir Putih, Bungatan, Situbondo, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 23 kilometer di sebelah barat Situbondo. Lokasinya strategis, di pinggir jalan Pantura yang ramai sehingga mudah mencapainya. Letaknya di sisi kiri bila dari arah Surabaya. Lihat Peta Lokasi