Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Batu Bengkung Malang, Fasilitas, Harga Tiket dan Rute

Berbicara tentang wisata pantai di Malang memang tidak ada habisnya. Jika Kamu seorang penyuka pantai, adalah ide bagus jika berencana menjelajahi pantai-pantai yang ada di Malang Selatan. Salah satu yang patut dipertimbangkan adalah mengunjungi Pantai Batu Bengkung.

Daya Tarik Pantai Batu Bengkung

Pantai ini berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Batu Bengkung adalah pantai yang unik karena punya kolam alami di bibir pantainya. Berkat adanya sebuah cekungan karang yang menjadi tempat terjebaknya air dari hantaman ombak yang datang.

Di sinilah tempat ideal untuk bermain air tanpa harus takut dengan besarnya deburan ombak. Hanya saja, ceritanya akan lain saat air laut surut yang memungkinkan kolam tersebut turut mengering. Satu lagi yang menjadikannya layak dikunjungi adalah lanskap yang mengagumkan.

Biru lautnya, deburan ombaknya, gugusan artistik perbukitan karangnya, hingga rimbun kehijauan yang menyelimuti pantainya. Mengingat letak pesisir menghadap langsung ke barat, Pantai Batu Bengkung termasuk pantai terbaik di Malang untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Perihal namanya, istilah Batu Bengkung merujuk pada format batuan di sekitar pantai yang sekilas mirip wanita yang sedang dibekung.  Bengkung sendiri merupakan salah satu tradisi wanita Jawa sebagai usaha untuk merampingkan atau melangsingkan kembali perut mereka usai melahirkan.

Aktivitas Wisata di Batu Bengkung

Pantai ini punya banyak cara untuk menyibukkanmu. Semoga saja ketika sampai di sini, air laut tidak sedang surut. Jadi, kamu bisa bermain air di kolam alaminya. Jikapun surut, kagumi saja komposisi bebatuan karang yang artistik itu dan carilah angle yang tepat untuk mengabadikannya.

Perhatikan juga wajah-wajah pengunjung dan lihatlah betapa semua berbahagia. Jelajah adalah wajib. Gerakkan kaki dan coba melebar dengan lebih teliti menghayati pantai ini. Berusahalah tampil sebagai petualang sejati, dakilah perbukitan karangnya dan bersiaplah terpesona.

Mungkin saja durasi liburanmu terbatas, tapi jangan kali ini. Bertahanlah! Tunggulah senja, sebab inilah pantai terbaik menikmati indahnya sunset di Malang Selatan. Jika terlanjur betah, dirikanlah tenda hingga tiba pada keindahan fajar. Persiapkan juga kejujuran untuk mengaguminya.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu pantai populer dikunjungi, pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Banyak tersedia warung penjual makanan dan minuman di pantai ini. Di dukung juga dengan beberapa fasilitas dasar seperti mushola, kamar mandi serta lahan parkir luas yang dibuka 24 jam.

Menariknya, di sekitar juga telah dibangun fasilitas pendukung berupa saung atau gubuk. Fasilitas tersebut bisa digunakan untuk bersantai atau sekedar menghindari teriknya matahari. Hanya saja, sejauh ini belum ada tempat menginap. Jadi usahakan membawa tenda jika ingin bermalam.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 15.000
ParkirRp 5.000
Parkir BermalamRp 10.000
Note: Biaya parkir dan tiket Pantai Batu Bengkung di atas tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Pantai Batu Bengkung Malang

  • Rute Pertama : Dari Kota Malang lanjutkan perjalanan berkendara ke Kepanjen – Pagak – Bantur atau melalui Malang Kota – Gondanglegi – Bantur. Dari Bantur, lanjutkan perjalanan ke arah Pantai Balekambang hingga tiba di perempatan sebelum masuk ke pantai tersebut. Belok kiri untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Batu Bengkung.
  • Rute Kedua : Dari Malang, lanjut ke Turen. Kemudian belok ke arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan, lali ke arah Pantai Sendangbiru hingga tiba di pertigaan. Perhatikan papan petunjuk dan pilih arah ke Pantai Goa Cina dan Pantai Bajulmati. Jarak Pantai Bajulmati ke pantai ini hanya sekitar 3 km ke arah barat. Peta Lokasi.