Pantai Watu Karung Pacitan - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, dan Rute

Pacitan senantiasa menawan. Selain wisata Goa, kabupaten di ujung barat daya Jawa Timur ini pesona alamnya juga tersebar di pesisir selatan. Deretan pantai indah selalu siap menampung ketakjuban. Ada Pantai Klayar, ada juga Pantai Kasap. Namun jangan lupa, Pantai Watu Karung adalah primadona di mata surfer dunia.

Pantai Watu Karung Pacitan
credit: Thomas BONNIN, CC BY 2.0

Surfer kenamaan Indonesia, Rizal Tanjung pernah mengajak sang juara Rip Curl Pro Search 2008, yakni Bruce Irons ke Pantai Watukarung. Aksi Bruce Irons di pantai ini kemudian dijadikan cover majalah internasional, Waves. Sejak saat itu, melalui kecantikan ombaknya, keberadaan Pantai Watu Karung pun dikenal dunia.

Reef Break merupakan tipe ombak favorit para surfer dan Watu Karung memilikinya. Di bulan-bulan tertentu, ombaknya bisa mencapai 4 meter. Selain ombak, indah juga lanskap pantainya, sambung menyambung dengan pantai di sekitarnya. Datanglah! lanjutkan membaca, artikel ini bisa menjadi menu pembuka wisata Anda.

Keindahan Watu Karung Pacitan

Ombak yang indah sudah melekat dengan pantai ini. Namun hal itu belumlah mendefinisikan keindahannya secara keseluruhan. Watu Karung lebih dari itu. Komposisi alamnya demikian elok melalui perpaduan gradasi laut yang membiru, hamparan pasir putih yang landai, serta perbentengan rimbun hijau perbukitan.

Yang menarik, Pantai Watu Karung Pacitan juga termasuk sejumlah pulau karang di lepas pantainya. Tersebutlah satu di antaranya yang unik sehingga diberi nama "Putri Samudera". Bentuknya seolah menggambarkan wajah perempuan memakai mahkota dengan rambut yang terurai panjang. Wajahnya menghadap ke samudera.

Sementara itu, Desa Watukarung sebagai tempat pantai ini berada juga mencakup Sungai Cokel. Sebuah sungai berair jernih yang bersumber dari Goa Luweng Jaran. Nuansa alaminya menenangkan dengan jajaran pohon kelapa menghias tepiannya. Secara terpisah, Sungai Cokel juga populer sebagai wisata susur sungai.

Fasilitas Wisata di Pantai Watu Karung Pacitan
credit: Humboldt, CC BY-SA 4.0, edited

Aktivitas di Pantai Watu Karung

Meski berombak besar, air yang tiba di pesisirnya cukup bersahabat jika sekedar untuk membasahi diri. Bermain air atau berenang masih dimungkinkan di Pantai Watu Karung. Pasir putihnya yang lembut terhampar cukup luas, sehingga wisatawan bisa leluasa, bersantai atau melakukan banyak hal di atasnya.

Tentu saja! jika sobat traveler hobi selancar, aktivitas tersebut adalah daya tarik utama di sini. Jadi, lakukanlah, taklukkan ombaknya dan menarilah bersamanya. Untuk surfing di pantai ini, ombak paling bagus datang pada kisaran bulan Juni-Agustus. Jika ingin berselancar, datanglah di bulan-bulan itu.

Selebihnya, banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan, menjelajah menyusuri pantai adalah ide sempurna. Pantai Watukarung memiliki beberapa pantai tetangga. Jika energi mencukupi bisa juga melebar ke Pantai Ngalian dan Pantai Kasap. Ada juga Kali Cokel jika ingin merasakan sensasi wisata susur sungai.

Jika durasi petulangan sobat terbatas, waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah ketika sore hari. Lakukan apa saja dan bertahan hingga tiba keeksotikan warna alam menjelang senja. Pantai Watukarung Pacitan adalah salah satu spot terbaik menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset di Pacitan.

Harga Tiket Masuk Pantai Watukarung
credit: Thomas BONNIN, CC BY 2.0

Fasilitas di Pantai Watu Karung

Sejauh ini fasilitas yang ada sudah memadai. Ada fasilitas seperti Mushola, warung penjual makanan dan minuman, toilet dan lahan parkir. Untuk akomodasi, sudah ada beberapa jenis penginapan di sekitar pantai seperti homestay, guest house, villa, dan resort. Jika ingin berkemah, bisa juga mendirikan tenda.

Di sebelah timur pantai ini juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Di sana Anda bisa membeli ikan segar dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran untuk oleh-oleh atau dibakar sebagai sajian di pinggir pantai. Apabila ada keinginan memancing ke tengah laut, bisa menyewa perahu dari nelayan sekitar.

Harga Tiket Masuk Watu Karung

KeteranganHarga
Tiket Masuk± IDR 10K
Parkir Roda 2± IDR 5K
Parkir Roda 4± IDR 10K
Makanan± IDR 10K-50K
Penginapan± IDR 100K-1000K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Pantai Watukarung Pacitan

Pantai ini beralamatkan di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sekitar satu jam ke selatan dari Kota Pacitan. Meski jalannya berkelok-kelok dengan banyak persimpangan, sudah banyak petunjuk arah ke pantai ini di masing-masing persimpangan. Manfaatkan peta lokasi, Di sini.

0 Comments

Posting Komentar