Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Kondang Buntung Malang - Fasilitas, Harga Tiket, Rute

Sebagai surga wisata pantai di Jawa Timur, Malang selalu mampu menampung para traveler penggila pantai. Banyak varian pantai yang memungkinkan siapa pun tetap manja dengan cara mereka. Satu di antaranya adalah Pantai Kondang Buntung di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Daya Tarik Pantai Kondang Buntung

Pantai Kondang Buntung Malang khas melalui sudut yang dikatakan mirip Sungai Amazon di belantara Amerika Selatan. Terlepas dari benar tidaknya kemiripan itu, yang pasti sebagai pantai teluk bakau, Kondang Buntung memungkinkan siapapun untuk menjelajahi sungai dalam rindangnya hutan bakau.

Nuansa ketenangan benar-benar mendominasi, sementara rimbun mangrove tropis melengkapi kesan eksotika alamnya. Selain muara sungai yang menjadi daya tarik utama, pemandangan Pantai Kondang Buntung juga tak kalah menariknya dengan pantai-pantai lain yang ada di Malang Selatan.

Pasirnya putih dengan beberapa pulau karang tersebar acak di lepas pantainya. Pulau-pulau tersebut juga menjadi sebab yang membuat gelombang ombak di pantai ini cukup santun menepi. Sebagai wisata pantai baru di Malang, Kondang Buntung masih sarat dengan alam yang asri dan bersih dari sampah.

Aktivitas di Pantai Kondang Buntung

Datang dengan energi wisata berlebih sangatlah disarankan. Pasalnya, kawasan ini mencakup beberapa pantai sekaligus, termasuk Pantai Tiga Warna, Pantai Savanna, Pantai Gatra dan Pantai Clungup. Bersiaplah untuk takjub penuh rasa manja hingga Anda sadar bahwa bahagia itu juga melelahkan.

Berperahu adalah aktivitas wajib. Pilihlah satu di antara perahu yang tersedia setelah sebelumnya membayar IDR 25K untuk jasa sewanya. Perlahan tapi pasti, masukilah belantara tanaman mangrove tropis (bakau). Jangan takut, sungai berair jernih nan tenang itu cukup dangkal, sehingga aman menyusurinya.

Sembari terus bersahabat dengan semilir angin yang mengiringi perjalanan, lihatlah betapa komposisi mangrove itu mengagumkan. Jangan lupa mengatur kedatangan lebih awal. Pagi hari adalah waktu ideal. Pasalnya, ketika laut surut pada kisaran 14.00 WIB, sungai juga surut sehingga sampan tidak bisa berjalan.

Jika waktu itu tiba, saatnya untuk menikmati suasana pesisir pantainya. Mungkin bermalas-malasan di hamparan pasir putihnya, bermain air, ataupun menjelajah untuk mencari sudut terindah menurut kacamata Anda. Satu lagi, pantai ini juga cocok untuk memancing. Cobalah jika menyukai aktivitas tersebut.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai obyek wisata baru, fasilitas di pantai ini belum selengkap fasilitas di Pantai Terkenal di Malang. Sejauh ini, fasilitas yang tersedia hanya berupa penyewaan perahu untuk menjelajahi sungai di hutan bakau. Selain itu, di pantai ini juga ada jembatan kayu yang membentang melintas sungai selebar 8 meter.

Jembatan tersebut memungkinkan wisatawan menikmati sudut berbeda dari kombinasi sungai dan rimbunnya hutan. Meskipun begitu, lokasi pantai ini cukup dekat dengan persimpangan tugu ke arah Pantai Sendangbiru. Di sanalah bisa dengan mudah menemukan penjual makanan dan minuman.

Persimpangan tersebut juga cukup dekat dengan tempat ibadah berupa masjid, ATM BRI, dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) tempat membeli ikan segar dengan harga lebih murah. Untuk menikmati wisata di pantai ini, setiap pengunjung perlu membayar tiket masuk dan biaya parkir kendaraan sebagai berikut:

KeteranganHarga
Tiket MasukIDR 10K
Parkir MotorIDR 5K
Sewa PerahuIDR 25K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Pantai Kondang Buntung Malang

Pantai ini terletak 73 kilometer ke arah selatan dari Kota Malang. Butuh kurang lebih 2 jam berkendara. Meskipun berlokasi di dalam kompleks Clungup Mangrove Conservation, namun akses termudah adalah menggunakan rute Pantai Sendangbiru. Akses jalan ke pantai ini sama dengan ke TPI Sendangbiru.

Dari Kota Malang, lanjutkan perjalanan berkendara ke wilayah Turen untuk kemudian terus ke Sumbermanjing Wetan. Lanjutkan perjalanan hingga wilayah Sitiarjo dan Sendangbiru (Persimpangan Tugu). Belok ke kanan untuk menuju pantai ini. Untuk mempermudah perjalanan Anda, gunakanlah Peta Rute.