Air Terjun Tiu Pupus Lombok - Daya Tarik Wisata dan Rute Lokasinya

Wisata Lombok memang layak disuka. Setiap bagiannya selalu mampu memanjakan siapa saja, tidak terkecuali Lombok Utara. Selain Kepulauan Gili yang populer hingga mancanegara, kabupaten termuda di Nusa Tenggara Barat ini juga kaya wisata air terjun yang indah. Air Terjun Tiu Pupus salah satunya.

Air Terjun Tiu Pupus Lombok
credit: instagram.com/semet__

Kedatangan sobat di artikel ini, admin asumsikan karena Anda ingin mengunjungi air terjun ini. Jika benar, Anda bisa mengunjunginya di wilayah Dusun Kerurak, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Sebelum berangkat, lanjutkan membaca untuk memperkaya informasi.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Tiu Pupus

Perihal namanya, Tiu Pupus kurang lebih berarti air yang mengalir dari akar kayu. Air mengalir melalui akar pohon yang rindang sebelum akhirnya jatuh ke kolam alaminya. Sekitar 40-50 meter tingginya. Tidak jauh berbeda dengan primadona air terjun di Desa Senaru, Tiu Kelep dan Sendang Gile.

Selain sebagai objek wisata, keberadaan Tiu Pupus menjadi tumpuan para petani di sekitarnya. Pada tahun 2004, dibangunlah Bendungan Sengkukun yang menampung aliran air dari air terjun tersebut. Air bendungan itu bermanfaat untuk kebutuhan pengairan sawah dan kebun petani di bawahnya.

Fasilitas dan Harga Tiket Tiu Pupus
credit: instagram.com/semet__

Untuk mencapai Air Terjun Tiu Pupus, setiap pengunjung akan melewati jembatan yang dibangun di atas bendungan. Selanjutnya, bisa menyusuri jalan setapak dan jembatan kayu di sekitar tebing di pinggiran bendungan. Anda butuh kurang lebih 15 menit berjalan kaki untuk mencapai lokasi.

Air Terjun Tiu Pupus Lombok merupakan objek wisata yang masih sangat alami. Belum terkelola dengan baik untuk tujuan wisata. Oleh karena itu, dalam hal fasilitas sangatlah kurang. Harga tiket masuknya pun gratis, namun jika ingin menyumbangkan uang secara sukarela pun dipersilahkan.

Bagi sobat traveler yang ingin berkunjung ke air terjun ini, saran terbaik adalah membawa perbekalan sendiri. Sejauh ini belum ada warung penjual makanan dan minuman. Meski demikian, di sekitar lokasi kini telah ada kamar mandi yang bisa  Anda manfaatkan untuk ganti baju jika ingin mandi.

Rute Lokasi Air Terjun Tiu Pupus Lombok
credit: instagram.com/semet__

Rute Lokasi Tiu Pupus Waterfall Lombok

Dusun Kerurak sebagai tempat air terjun ini berada berjarak kurang lebih 50 km dari Kota Mataram. Sobat bisa menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Namun, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dari Mataram. Ada dua rute untuk mencapainya:

  1. Rute Pertama; Mataram - Pusuk - Pemenang - Tanjung - Gondang - Lendang Bagian - Kerurak - Tiu Pupus.
  2. Rute Kedua; Mataram - Senggigi - Pemenang - Tanjung - Gondang - Lendang Bagian - Kerurak - Tiu Pupus.

Jika sobat traveler berencana berangkat menggunakan angkutan umum, hanya bisa sampai Pasar Gondang. Selanjutnya, naik ojek 5 km lagi hingga tiba di lokasi. Jika memakai kendaraan pribadi, pilih salah satu rute di atas. Ketika sampai di Gondang sudah banyak petunjuk arah. Peta Lokasi.

0 Comments

Posting Komentar