Tempat Wisata di Tanjung Benoa dan 10 Aktivitas Menarik Dilakukan

Pulau Bali selalu punya cara untuk menggembirakan siapa saja. Setiap titik tujuan wisata Pulau Dewata punya kekhasan tersendiri, tak terkecuali Tanjung Benoa. Meski sama-sama mengandalkan wisata pantai seperti Pantai Kuta dan Pantai Sanur, tempat wisata di Tanjung Benoa Nusa Dua menawarkan hal yang berbeda.

Tempat Wisata di Tanjung Benoa Bali
credit: maxpixel.net

Menempati sisi utara Kawasan Wisata Nusa Dua, pesisir pantai Tanjung Benoa merupakan pusat wisata bahari Bali. Sepanjang liburan adalah keceriaan karena Tanjung Benoa merupakan surga wahana air di Bali. Destinasi ideal bagi semua wisatawan, termasuk jika kunjungan Anda kali ini dalam rangka wisata keluarga.

Ada beberapa tempat wisata di Tanjung Benoa yang wajib Anda kunjungi. Sebelum benar-benar berangkat liburan ke Tanjung Benoa, artikel ini akan mengajak Anda berpetualang maya menjelajahi tempat wisata di Tanjung Benoa. Lengkap juga dengan beragam aktivitas wisata menarik yang populer di kalangan wisatawan.

Aktivitas Wisata di Pantai Tanjung Benoa

Aktivitas Wisata di Pantai Tanjung Benoa
credit: unsplash.com/@devondcs

Dengan luas mencapai 173,75 hektar, pesisir pantai Tanjung Benoa mencakup enam banjar yang masuk dalam wilayah kelurahan Tanjung Benoa. Dengan pasir putih terhampar landai dan memanjang, serta laut yang berombak cukup tenang, pantai di Tanjung Benoa Bali menawarkan banyak sekali aktivitas wisata menarik.

Selain aktivitas pantai pada umumnya, seperti bersantai, bermain air, dan susur pantai, objek wisata di Tanjung Benoa lebih terkenal karena wahana airnya. Tanjung Benoa Watersports istilah populernya. Wahana watersport sangat banyak dan mewakili aktivitas yang Anda lakukan ketika berkunjung ke sini. Berikut ini daftarnya:

Banana Boat

Banana Boat merupakan jenis olahraga air paling populer. Berwisata ke Tanjung Benoa seolah wajib Anda mencobanya. Nikmati keceriaan bersama keluarga atau rombongan wisata dengan menaiki perahu karet yang bentuknya menyerupai pisang. Ukurannya cukup besar dan mampu menampung 5 hingga 6 peserta.

Wahana ini sangat diminati, karena biayanya termasuk yang termurah dan sangat cocok untuk wisata keluarga yang melibatkan anak-anak. Bersama seorang pemandu selama kurang lebih 15 menit, Anda akan mengelilingi perairan dan menikmati pemandangan. Biaya untuk menaiki Banana Boat berkisar IDR 70K - 180K.

Flying Fish

Mencoba keseruan Flying Fish juga merupakan ide yang bagus. Watersport jenis ini sangatlah menantang karena akan mengajak wisatawan menikmati sensasi terbang bersama perahu karet yang bentuknya mirip ikan terbang. Untuk menjaga keseimbangan, wahana ini bisa dinaiki oleh 2 orang dengan 1 pemandu.

Perahu karet bisa terbang karena ditarik oleh speed boat berkecepatan tinggi. Terbangnya bisa mencapai 2-3 meter dari permukaan laut dalam durasi sekitar 10 menit. Cukup menegangkan, namun aman karena memakai peralatan standar internasional dan pemandu yang berpengalaman. Harganya IDR 150K - 350K.

Flyboard

Flyboard adalah sebuah rokcket air yang terbang karena daya dorong dari porplusi jet air pada sepasang sepatu. Sepatu ini berdesain khusus dengan selang air khusus yang tersambung dengan jet ski. Dorongan air dari selang itu mampu menerbangkan peserta hingga ketinggian 10 meter dari permukaan laut.

Flyboarding termasuk jenis olahraga air yang menegangkan. Selain di Tanjung Benoa, ada juga di Pantai Sanur. Jika berani, Anda perlu mencobanya. Wisatawan yang telah mahir banyak yang melakukan atraksi di atas ketinggian. Flyboard termasuk wahana berbiaya mahal. Harganya bisa mencapai IDR 950K

Jet Ski

Jet Ski merupakan salah satu atraksi populer bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Tanjung Benoa Bali. Nikmatilah sensasi serunya mengendarai jet ski seperti layaknya mengendarai sepeda motor di jalan raya. Anda wajib mencobanya karena permainan ini termasuk yang paling tinggi peminatnya.

Hanya saja, peraturan mensyaratkan wisatawan tidak mengendarai jet ski sendiri. Setiap wisatawan akan berboncengan dengan pemandu yang berpengalaman. Aturan ini terkait keamanan karena lalu lintas air Tanjung Benoa sangat tinggi. Apabila berminat, Anda perlu merogoh kocek sekitar IDR 150K - IDR 350K.

Parasailing

Banyak pilihan terbang jika Anda memilih berwisata ke Tanjung Benoa. Parasailing adalah opsi lain untuk merealisasikannya. Atraksi ini menggunakan payung parasut yang terhubung oleh tali panjang dengan speed boat. Dengan kecepatan tinggi, speed boat akan membuat parasut terbang bersama pesertanya.

Jika tertarik, atraksi parasailing bisa membuat Anda terbang tinggi karena panjang talinya mencapai 80 meter. Alhasil, Anda bisa menikmati lanskap Tanjung Benoa lebih puas. Semua orang bisa melakukannya dan tidak perlu keahlian khusus karena ditarik oleh speed boat. Harga tiketnya sekitar IDR 80K - 225K.

Rolling Donat

Rolling Donut adalah jenis atraksi wisata air yang memanfaatkan perahu karet. Perahu yang berbentuk mirip donat tersebut terhubung dengan tali dan akan ditarik oleh speed boat. Jumlah pesertanya bervariasi, bisa mencapai 4 orang. Dengan durasi putaran sekira 15 menit, harga tiket antara IDR 80K - 225K.

Seawalker

Seawalker, ocean walker, dive walker atau marine walker merupakan aktivitas berjalan di dasar laut menggunakan helm khusus yang kedap air. Ini merupakan alternatif untuk menikmati keindahan bawah laut tanpa harus memiliki keahlian menyelam. Jika tidak bisa menyelam, Anda wajib mencoba atraksi ini.

Oleh karena Anda akan berjalan dalam air, peralatannya pun khusus berstandar internasional. Selain helm kaca yang kedap air, ada juga pakaian dan alat pernafasan berdesain khusus. Dalam melakukannya Anda akan ditemani pemandu. Durasi penyelaman kurang lebih 30 menit dengan biaya antara IDR 350K - 800K.

Scuba Diving

Banyak kegiatan menarik yang bisa Anda temukan di tempat wisata Tanjung Benoa. Scuba diving salah satunya. Penyelaman Tanjung Benoa cocok untuk pemula karena kedalaman laut tidak melebihi 6 meter. Ada pemandunya juga. Durasi penyelaman sekitar 30 menit. Biaya IDR 300K - 700K termasuk semua alatnya.

Snorkeling

Memiliki spot diving, Tanjung Benoa juga ideal untuk aktivitas snorkeling. Pantai Tanjung Benoa memiliki spot snorkeling tersendiri yang juga cocok untuk pemula. Ada banyak penyedia jasa snorkeling lengkap dengan alat. Untuk harga snorkeling + pemandu sekitar IDR 200K - 400K dengan minimal booking 2 orang.

Wake Boarding

Wakeboarding merupakan watersport yang mengkombinasikan selancar dan water ski. Atraksi di atas papan selancar namun ditarik oleh speed boat. Dari sekian daftar atraksi Tanjung Benoa watersports, wakeboarding termasuk yang paling menantang dan butuh keahlian khusus. Biayanya sekitar IDR 250K - 450K.

Wisata di Pulau Penyu Tanjung Benoa

Pulau Penyu di Tanjung Benoa
credit: Ashley Ringrose, CC BY-NC 2.0

Selain Pantai Tanjung Benoa, Pulau Penyu juga merupakan objek wisata Tanjung Benoa yang wajib Anda kunjungi. Pulau ini merupakan lokasi penangkaran penyu hijau yang langka. Cocok untuk liburan keluarga karena menawarkan wisata edukasi. Selain penyu, ada juga binatang lain seperti aneka burung, ular, dan kadal.

Salah satu aktivitas menarik di pulau ini adalah menjelajah perairan dengan glass bottom boat. Ini adalah perahu berkapasitas maksimal 10 orang yang bagian bawahnya berupa kaca tembus pandang. Menaiki perahu ini, wisatawan bisa melihat dasar laut. Namun, harga sewanya bisa mencapai 1 juta untuk durasi 1 jam.

Harga sewa perahu tersebut bisa lebih murah jika memesannya secara online melalui jasa wisata Tanjung Benoa Bali yang banyak tersedia. Untuk tiket masuk Pulau Penyu sendiri adalah IDR 10K. Di pulau ini sudah tersedia pemandu yang mengajak wisatawan berkeliling melihat proses perkembangbiakan penyu Hijau.

Wisata Hutan Mangrove Teluk Benoa

Wisata Hutan Mangrove di Bali
credit: iamannamaldita, CC BY-NC-ND 2.0

Berwisata ke Tanjung Benoa Bali, jangan lupa juga mengunjungi Hutan Mangrove. Para penyedia layanan wisata Bali biasanya menjadikan hutan ini satu paket kunjungan dengan Pulau Penyu. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, wisatawan akan diajak menjelajah dengan mengendarai jet ski atau speed boat.

Hutan bakau ini menempati sisi barat Pantai Tanjung Benoa. Biasanya, jasa paket wisata Bali akan mengajak Anda berkeliling menyusuri hutan dalam durasi sekitar 1 jam. Apabila ingin menjadikan Hutan Mangrove dan Pulau Penyu sebagai satu paket wisata, agen travel umumnya mematok biaya sekitar IDR 600K.

Akomodasi dan Lokasi Tanjung Benoa

Berada di sebelah utara Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Tanjung Benoa berjarak kurang lebih 18 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Sangat mudah mencapainya dengan berkendara melalui Mandara Toll Road dalam durasi sekira 30 menit. Atau, kurang lebih 40 menit jika berangkat dari Denpasar. Lihat Peta Lokasi.

Sebagai salah satu kawasan wisata populer Bali, tempat wisata di Tanjung Benoa juga telah memiliki banyak sekali fasilitas penunjang wisata. Selain mudah menemukan tempat makan berupa cafe maupun restoran, banyak juga opsi tempat menginap atau hotel dengan harga bervariasi, tergantung fasilitas yang menyertainya.

0 Comments

Posting Komentar