Tempat Wisata di Gianyar Bali - 15 Spot Terbaik & Menarik Dikunjungi

Tampil sebagai pusat budaya ukiran di Pulau Bali, Gianyar juga merupakan destinasi wisata yang diminati. Tidak sedikit tempat wisata di Gianyar yang terkenal hingga ke mancanegara. Memilih Gianyar sebagai tujuan wisata di Bali adalah ide terbaik. Keindahan alam dan seni budaya Bali tersaji harmoni di kabupaten ini.

Tempat Wisata di Gianyar Bali
credit: unsplash.com/@matthewwaring

Anda tentu sudah tahu popularitas Ubud Bali. Kawasan wisata bertaraf internasional itu pun berada di Gianyar. Selain itu, masih banyak objek wisata di Gianyar yang tersebar merata di wilayahnya. Sebagai gambaran awal sebelum Anda berlibur di Gianyar, berikut 10 rekomendasi tempat wisata terbaik terpopuler di Gianyar.

Tegalalang Rice Terrace Gianyar Bali

Tegalalang Rice Terrace Gianyar Bali
credit: unsplash.com/@wild_away

Selain di Jatiluwih Tabanan, sawah terasering Tegalalang adalah lanskap paling terkenal di Bali. Berkat pesona alamnya, Tegalalang Rice Terrace menjadi tempat wisata terpopuler di Gianyar. Cocok untuk retreat, banyak cafe untuk bersantai, dan surga selfie dengan spot-spot instagramable. Bali swing salah satunya.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Gianyar. Peta

Tempat Wisata Pura Tirta Empul Bali

Tempat Wisata Pura Tirta Empul Bali
credit: unsplash.com/@jannerboy62

Berada di Tampaksiring yang dulu merupakan pusat kerajaan di Bali, Pura Tirta Empul juga menjadi pusat perhatian wisatawan Bali. Tiap hari banyak turis ikut Melukat atau aktivitas penyucian diri di sebuah kolam dengan 30an pancuran. Ada keyakinan, Melukat di pura ini berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

HTM: IDR 25K-30K
Lokasi: Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Peta

Wisata Sacred Monkey Forest Ubud

Wisata Hutan Monyet Ubud Gianyar
credit: Merbabu, CC BY-SA 3.0, edited

Liburan di Gianyar tidak lengkap tanpa wisata ke Ubud. Dan, Monkey Forest Ubud adalah daya tarik utama di sana. Hutan sakral nan asri ini menjadi rumah ratusan monyet yang berusia ratusan tahun. Anda bisa berinteraksi dengan mereka atau mengunjungi komplek pura dan mengagumi arsitektur bangunannya.

HTM: IDR 60K-80K
Lokasi: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Gianyar, Bali. Peta

Wisata Bukit Campuhan Ridge Walk

Wisata Bukit Campuhan Ridge Walk
credit: unsplash.com/@justindkauffman

Tempat wisata Gianyar juga termasuk Bukit Campuhan yang terkenal. Berlokasi di dekat pusat Ubud, bukit ini menjadi tempat terbaik untuk menikmati panorama alam. Wisatawan biasanya jogging melalui punggungan bukit ini. Campuhan Ridge Walk istilah populernya. Selain jogging, bisa juga dengan bersepeda.

Sewa Sepeda: ± IDR 20K
Lokasi: Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Gianyar, Bali. Peta

Air Terjun Tegenungan di Gianyar Bali

Air Terjun Tegenungan di Gianyar Bali
credit: unsplash.com/@shravanmy

Cari tempat wisata instagramable di Gianyar? kunjungi Air Terjun Tegenungan. Selain indah, air terjun ini juga menawarkan sejumlah spot untuk berswafoto atau selfie. Spot favoritnya berupa bangunan mirip balkon dengan latar air terjun. Ada juga swing atau ayunan, serta beraneka rupa spot foto unik dan menarik.

HTM: IDR 20K-35K
Lokasi: Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Peta

Hidden Canyon Beji Guwang Gianyar

Hidden Canyon Beji Guwang Gianyar
credit: instagram.com/putra_ariwibawa

Berada di Desa Guwang Sukawati, Hidden Canyon Beji Guwang merupakan tempat wisata baru di Gianyar. Objek wisata alam ini tersembunyi dan jarang yang mengetahuinya. Ini adalah sebuah ngarai sungai dengan tebing yang tinggi menjulang, sempit, dan curam. Lanskapnya eksotik dengan akses yang menantang.

HTM: IDR 15K
Lokasi: Banjar Wangbung, Guwang, Kec. Sukawati, Gianyar, Bali. Peta

Objek Wisata Bali Safari & Marine Park

Objek Wisata Bali Safari Marine Park
credit: unsplash.com/@ramm_

Bali Safari & Marine Park bisa menjadi opsi wisata terbaik di Gianyar untuk liburan keluarga. Ini adalah Taman Safari Indonesia III, sebuah tempat rekreasi yang menampung lebih dari 1000 satwa dari 100 spesies eksotis dan endemik Indonesia. Selain animal show, di sini juga terdapat Bali Theater dan Water Park.

HTM: IDR 120K-150K
Lokasi: Jl. Cucukanlama, Medahan, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Peta

Wisata Candi Goa Gajah di Gianyar Bali

Wisata Candi Goa Gajah di Gianyar Bali
credit: cristian, CC BY-NC-ND 2.0

Candi Goa Gajah juga merupakan spot wisata yang wajib dikunjungi, terlebih jika Anda suka wisata sejarah. Situs purbakala ini menarik karena mencakup tempat suci agama Hindu dan Buddha. Selain sarat dengan nilai sejarah, arsitektur bangunannya pun eksotik. Suasana di sekitarnya juga sejuk dan menenangkan.

HTM: IDR 30K
Lokasi: Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Peta

Tempat Wisata Alam Munduk Asri Bali

Tempat Wisata Alam Munduk Asri Bali
credit: instagram.com/budiarsany

Tempat wisata Gianyar selanjutnya yang menarik bernama Munduk Asri. Ini juga merupakan objek wisata baru yang sedang hits. Wisata Munduk Asri adalah salah satu tempat instagramable di Gianyar dengan beraneka spot berswafoto. Satu yang ikonik adalah akar pohon dengan bentuk rumit dan cenderung eksotik.

HTM: IDR 10K-15K
Lokasi: Jl. Raya Payangan, Kerta, Payangan, Kabupaten Gianyar. Peta

Objek Wisata Candi Gunung Kawi Bali

Objek Wisata Candi Gunung Kawi Bali
credit: rollanb, CC BY-SA 2.0

Candi Tebing Gunung Kawi juga merupakan situs purbakala yang ada di Gianyar. Tempat persemayaman Raja Udayana yang dibangun sekitar abad 11 Masehi. Terkesan eksotis dengan 10 candi terpahat di dinding tebing. Meski beraura mistis, suasananya menenangkan dengan lanskap persawahan yang menakjubkan.

HTM: IDR 15K
Lokasi: Banjar Penaka, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Peta

Objek Wisata Air Terjun Kanto Lampo

Objek Wisata Air Terjun Kanto Lampo
credit: unsplash.com/@giulianodipaolo

Kanto Lampo Waterfall adalah salah satu wisata air terjun baru namun terkenal di Gianyar Bali. Air terjun ini unik karena berada di dataran rendah di sekitar pemukiman warga. Dengan tinggi 15 meteran, airnya terjun berjenjang melalui tebing batu berundak yang lebar. Sangat indah terlebih ketika debit airnya besar.

HTM: IDR 20K
Lokasi: Kelod Kangin, Beng, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar. Peta

Wisata Ayung River Rafting Gianyar

Wisata Ayung River Rafting Gianyar
credit: Geoff Leeming, CC BY-NC 2.0

Suka rafting? Tukad (sungai) Ayung di Gianyar sejauh ini menjadi tempat strategis untuk melakukannya. Selain arung jeram, wisatawan juga bisa mengarungi sungai dengan kayak. Aktivitas seru yang menguji nyali ini akan mengajak peserta mengarungi derasnya aliran sungai sepanjang 12 km atau kurang lebih 2 jam.

Rafting: IDR 350K-500K
Lokasi: Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Peta

Tempat Wisata Bali Bird Park Gianyar

Tempat Wisata Bali Bird Park Gianyar
credit: unsplash.com/@sanaea2562

Bali Bird Park atau Taman Burung Bali mengoleksi lebih dari 1000 burung dari 250 spesies. Salah satu rekomendasi tempat wisata bagus di Gianyar Bali untuk keluarga. Di sekitarnya juga ada Bali Reptile Park yang mengoleksi berbagai jenis reptil, seperti penyu, ular, buaya, kura-kura, komodo, dan lain sebagainya.

HTM: IDR 45K-100K
Lokasi: Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Peta

Objek Wisata Pantai Keramas Gianyar

Objek Wisata Pantai Keramas Gianyar
credit: Dion Hinchcliffe, CC BY-SA 2.0

Wisata Gianyar juga mencakup sejumlah pantai. Pantai Keramas salah satu yang terindah di sana. Panoramanya eksotis dengan hamparan pasir hitam dan ombak yang indah. Destinasi para peselancar di Bali yang terkenal dengan atraksi Night Surfing. Banyak resor dan klub pantai di tepinya, ada camping ground juga.

HTM: gratis
Lokasi: Medahan, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Peta

Pasar Seni Ubud dan Pasar Sukawati

Pasar Seni Ubud dan Pasar Sukawati
credit: unsplash.com/@miikola

Berlibur ke Gianyar, jangan lupa berburu oleh-oleh khas Bali. Tempat strategis untuk menemukannya adalah di Pasar Seni Ubud atau bisa juga di Pasar Seni Sukawati. Dua pasar tradisional ini terkenal di kalangan wisatawan Bali. Di pasar ini, Anda bisa membeli beraneka rupa kerajinan atau apapun yang bercorak Bali.


Demikian daftar tempat wisata di Gianyar Bali yang terbaik dan pastinya menarik untuk Anda kunjungi. Jika lebih memprioritaskan wisata di Ubud, lihat Tempat Wisata di Ubud. Atau, Tempat Wisata di Tanjung Benoa untuk menikmati keseruan watersport di Bali. Butuh penginapan? gunakan fitur Cari Hotel di sisi kanan.


EmoticonEmoticon