Beranda
Destinasi Wisata
Jakarta
Jakarta Utara
Sea World Ancol Jakarta - Info Fasilitas Wahana & Harga Tiket

Semua orang ingin berlibur ke Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Terlebih bagi warga ibu kota dan sekitarnya, kawasan wisata terbesar ini adalah tujuan favorit. Aneka objek wisata siap menyambut kedatangan siapa saja. Tidak terkecuali Sea World Ancol yang ideal untuk wisata keluarga.

Jika ada rencana liburan ke Ancol, Seaworld Ancol merupakan tempat yang wajib dikunjungi. Selain Jakarta Aquarium, Sea World di Ancol adalah objek wisata di Jakarta yang memungkinkan wisatawan lebih dekat dengan kehidupan laut. Baca ulasan berikut sebelum berlibur ke sana.

Daya Tarik Sea World Ancol Jakarta

Sea World Ancol Jakarta merupakan miniatur pesona laut dengan beragam aquarium. Sejak resmi beroperasi pada 3 Juni 1994, SeaWorld hadir sebagai tempat rekreasi berkualitas dengan misi pendidikan, konservasi, dan hiburan. Areanya seluas 3 ha dengan bangunan utama seluas 4500 m2.

Koleksi SeaWorld Ancol meliputi setidaknya 7300 ekor biota air tawar dari 48 jenis ikan. 11500 ekor biota laut terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata, dan 3 jenis reptil. Semua tersaji dalam 28 display tematik yang terbagi atas 9 akuarium air tawar, 19 akuarium, serta 4 kolam terbuka.

Demi kepuasan wisatawan, Sea World Ancol juga menyajikan ragam atraksi, salah satunya melalui aksi penyelam dalam Feeding Show. Selain itu, pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan biota laut di touch pool. Di sini juga ada museum yang mengoleksi berbagai awetan binatang laut.

Selebihnya, Sea World Jakarta juga memiliki edutainment guide di setiap akuarium berisi informasi terkait semua biota. Bahkan, di sini Anda bisa mencoba sensasi menyelam di akuarium raksasa Sea World Ancol Jakarta. Terkait hal ini, Anda pun bisa mengikuti program fun diving di sana.

Jam Buka & Peta Lokasi SeaWorld

Lokasi Kawasan Wisata Ancol Jakarta sangat strategis dan tersedia berbagai pilihan transportasi umum untuk mencapainya. Untuk kereta, Anda bisa memakai rute Tangerang, Serpong, Depok, Bekasi dan Bogor. Selanjutnya, bisa juga naik bus TransJakarta ke Ancol melalui Koridor 1 dan Koridor 5.

Opsi lain, bisa naik bus umum atau Kopaja. Cari jurusan Grogol-Ancol, Grogol Tanjung Priok, Blok M-Ancol, atau Kampung Melayu-Tanjung Priok. Untuk mikrolet atau angkot, Anda bisa naik M 15 A dan M 15. Sementara itu, rute kendaraan pribadi tercepat ke Ancol adalah dengan melewati jalan tol.

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Peta
Jam buka: hari biasa (Senin-Jumat): 09.30-16.00, hari libur (Sabtu-Minggu): 09.00-16.30
Note: loket dan pintu gerbang ditutup 1 jam lebih awal dari jam operasional SeaWorld Ancol.

{next}

Daftar Atraksi dan Wahana Wisata

Selain beraneka macam akuarium, bangunan utama Sea World Indonesia juga meliputi lorong bawah air (Lorong Antasena). Tidak hanya itu, di sini ada museum, glow theater, komputer edukatif layar sentuh berisi informasi berbagai spesies, perpustakaan, ruang serba guna, dan lain sebagainya.

Aquarium

Main Aquarium (akuarium utama) adalah salah satu daya tarik utama SeaWorld Ancol. Ukurannya besar dan diklaim sebagai akuarium air laut terbesar di Indonesia atau kedua di Asia Tenggara. Ukurannya 38x24 m, menampung 5 juta liter air dengan kedalaman bervariasi, mulai 4.5 hingga 6 m.

Di Main Aquarium, wisatawan bisa melihat ribuan ekor ikan dari beragam spesies. Dari yang cantik, lucu, hingga ganas. Bahkan, akuarium ini juga menampung Tawny Nurse Shark yang sangat besar sepanjang 3,5 meter. Ikan ini menempati urutan 32 dari 32 jenis hiu ganas yang menyerang manusia.

Di akuarium itu juga tempat para diver beraksi dalam Feeding show. Akuarium lainnya termasuk sejumlah akuarium air tawar yang terbagi secara tematik. Lalu, ada akuarium khusus mamalia langka, yakni duyung atau dugong. Serta, berbagai akuarium yang mengoleksi binatang laut yang unik lainnya.

Lorong Antasena

Terowongan atau Lorong Antasena merujuk pada Under Water Tunnel (terowongan bawah air). Ini merupakan spot paling ikonik yang menggambarkan Sea World Jakarta. Panjangnya mencapai 80 meter dengan pijakan berupa eskalator otomatis dan kubah tembus pandang berada di bawah akuarium utama.

Dari ujung ke ujung, terowongan Antasena memungkinkan wisatawan merasakan sensasi menjelajahi bawah air tanpa basah. Nikmati pemandangan under water yang luar biasa indah berhias ribuan beraneka rupa ikan. Berkunjung dan berfoto di wahana ini seolah hal wajib bagi pengunjung SeaWorld.

Touch Pool

Wahana berupa kolam yang memungkinkan wisatawan berinteraksi lebih dekat dengan biota laut. Areanya meliputi 4 kolam terbuka dengan koleksi hewan laut yang berbeda-beda. Di antaranya ada kolam penyu, kolam bintang laut, kolam hiu jinak, serta kolam yang berisikan ikan hiu ganas.

Dengan teliti membaca dan mematuhi aturan yang ada, wahana touch pool atau kolam sentuh aman untuk wisatawan. Selain bisa berinteraksi, menyentuh kolam secara langsung, para pengunjung juga bisa berfoto dengan hewan-hewan laut di dalam kolam. Pastikan sudah membaca aturan yang ada.

Glow Theater

Sebagai tempat wisata edukasi, SeaWorld juga memiliki bioskop untuk pemutaran film berjudul Sea Turtle Story. Film bertema edukasi di Glow Theater ini sangat menarik dan cocok sebagai pembelajaran anak-anak. Selain itu, saat lampunya padam, bioskop ini akan menampilkan warna-warna yang indah.

Jelly Fish Exhibit

Wahana ini terbilang baru di Sea World Ancol Jakarta. Di sini wisatawan bisa melihat keindahan ubur-ubur yang bercahaya saat berenang di dalam kegelapan. Sangat mengagumkan karena mencakup beberapa jenis ubur-ubur, seperti Sea Neattle Jelly Fish, Blubber Jelly Fish, dan Upside Down Jelly Fish.

{next}

Harga Tiket Masuk Sea World Ancol

  • Hari biasa: Rp 85.000
  • Hari libur: Rp 105.000
  • Tiket Flexi: Rp 130.000
  • Annual Pass (Ecard): Rp 200.000

Tiket Masuk Ancol

  • Orang: Rp 25.000
  • Motor: Rp 20.000
  • Mobil: Rp 30.000

Tiket Fun Diving

  • License: Rp 650.000
  • Non License: Rp 850.000

Paket Tiket Ber 3

(min 3 tiket dan kelipatan)
  • Hari biasa: Rp 70.000
  • Hari libur: Rp 85.000

Tiket Bundling Sea World

  • Bundling dengan Samudra:
    • Hari biasa: Rp 140.000
    • Hari libur: Rp 175.000
    • Annual Pass (Ecard): Rp 310.000
  • Bundling dengan Jakarta Bird Land:
    • Hari biasa: Rp 130.000
    • Hari libur: Rp 165.000
  • Bundling dengan Samudra + Bird Land:
    • Hari biasa: Rp 170.000
    • Hari libur: Rp 200.000
Note: Update info tiket 23 November 2023. Harga tiket yang tersebut dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk update harga, syarat dan ketentuan, serta pembelian tiket secara online, kunjungi situs resmi DI SINI

Fasilitas di SeaWorld dan Akomodasi

Fasilitas wisata di SeaWorld ancol lengkap dan memadai. Selain berbagai wahana, di sini ada food court, kios suvenir, mushola, toilet, ruang P3K, serta ruang Baby Care. Selebihnya, ada perpustakaan, pusat informasi, teater film, loker, dll. Area parkir kendaraannya pun luas memadai.

Sementara itu, untuk akomodasi, Anda bisa dengan mudah mendapatkan tempat menginap di sekitar Ancol. Mulai dari guest house, homestay, maupun hotel dengan harga per malam yang tentunya bervariasi. Sebagai pertimbangan awal, berikut rekomendasi hotel yang bisa dibooking secara online: