Sea World Ancol - Wahana, Fasilitas Wisata, Harga Tiket & Jam Buka

Semua orang ingin berlibur ke Taman Impian Jaya Ancol. Terkhusus bagi warga Jakarta dan sekitarnya, kawasan wisata terbesar ini tetaplah menjadi destinasi favorit mereka. Aneka objek wisata selalu siap menyambut kedatangan siapa saja. Tidak terkecuali Sea World Ancol yang ideal untuk wisata keluarga.

Sea World Ancol Jakarta
credit: instagram.com/rahmad_sabani

Jika ada rencana liburan ke Ancol, Seaworld Ancol atau Sea World Indonesia merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Selain Jakarta Aquarium, Sea World di Ancol adalah objek wisata di Jakarta yang memungkinkan wisatawan lebih dekat dengan kehidupan laut. Baca ulasan berikut sebelum berlibur ke sana.

Daya Tarik Sea World Ancol Jakarta

Dalam bentuknya, Sea World Jakarta adalah miniatur pesona laut yang memiliki berbagai macam aquarium. Sejak resmi operasi pada 3 Juni 1994, SeaWorld hadir sebagai tempat rekreasi berkualitas dengan misi pendidikan, konservasi, dan hiburan. Areanya seluas 3 ha, adapun bangunan utamanya seluas 4500 m2.

Koleksi SeaWorld Ancol meliputi setidaknya 7300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan. Lalu, 11500 ekor biota laut terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata, serta 3 jenis reptil. Semua tersaji dalam 28 display bertema khusus yang terbagi atas 9 akuarium air tawar, 19 akuarium, serta 4 kolam terbuka.

Harga Tiket Masuk Sea World Ancol
credit: instagram.com/praslaksono

Demi kepuasan dan kenyamanan wisatawan, Sea World Ancol juga menawarkan sejumlah atraksi, salah satunya melalui aksi penyelam dalam Feeding Show. Selain itu, pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan biota laut di touch pool. Di sini juga ada museum untuk menyaksikan koleksi awetan binatang laut.

Selebihnya, Sea World Jakarta juga memiliki edutainment guide di setiap akuarium yang siap memberi penjelasan terkait semua biota yang ada. Bahkan, di sini Anda bisa mencoba sensasi menyelam di akuarium raksasa Sea World Ancol Jakarta. Terkait hal ini, Anda pun bisa mengikuti program fun diving di sana.

Atraksi, Wahana & Fasilitas Wisata

Selain berbagai macam akuarium, bangunan utama Sea World Indonesia juga mencakup lorong bawah air (Lorong Antasena), museum, glow theater, komputer edukatif layar sentuh berisikan informasi berbagai spesies di sana, perpustakaan, dan lain-lain. Termasuk juga toko suvenir, ruang serba guna, restoran, dll.

Aquarium

Main Aquarium atau akuarium utama adalah salah satu daya tarik utama SeaWorld Ancol. Ukurannya sangat besar dan diklaim sebagai akuarium air laut terbesar di Indonesia atau terbesar kedua di Asia Tenggara. Ukurannya 38x24 m, menampung 5 juta liter air dengan kedalaman bervariasi, mulai 4.5 hingga 6 m.

Di akuarium tersebut, wisatawan bisa melihat ribuan ekor ikan dari spesies yang beragam. Dari yang cantik, lucu, hingga ikan yang ganas. Bahkan, akuarium ini juga menampung Tawny Nurse Shark yang sangat besar sepanjang 3,5 meter. Ikan hiu ini menempati urutan 32 dari 32 jenis hiu ganas yang menyerang manusia.

Di akuarium itu juga biasanya para penyelam beraksi dalam Feeding show. Akuarium lain adalah beberapa akuarium air tawar yang terbagi secara tematik. Lalu, ada akuarium khusus mamalia langka, yakni duyung atau dugong. Serta, berbagai jenis akuarium yang mengoleksi binatang laut yang unik lainnya.

Fun Diving SeaWorld Ancol
credit: instagram.com/ginbarkley

Touch Pool

Wahana berupa kolam yang memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi secara lebih dekat dengan biota laut. Areanya meliputi 4 kolam terbuka dengan koleksi hewan laut yang berbeda-beda. Di antaranya ada kolam penyu, kolam bintang laut, kolam hiu jinak, serta kolam yang berisikan ikan hiu ganas.

Dengan teliti membaca dan mematuhi aturan yang tersedia, wahana touch pool atau kolam sentuh semua aman untuk wisatawan. Selain bisa berinteraksi, menyentuh kolam secara langsung, para pengunjung juga bisa berfoto dengan hewan-hewan laut di dalam kolam. Pastikan sudah membaca aturan yang ada.

Lorong Antasena

Terowongan atau Lorong Antasena merujuk pada Under Water Tunnel atau terowongan bawah air. Ini merupakan spot paling ikonik yang menggambarkan wisata Sea World Jakarta. Panjangnya mencapai 80 meter dengan pijakan berupa eskalator otomatis dan kubah tembus pandang berada di bawah akuarium utama.

Dari ujung ke ujung, terowongan Antasena memungkinkan wisatawan merasakan sensasi menjelajahi bawah air tanpa berbasah-basahan. Nikmati pemandangan under water yang luar biasa indah berhias ribuan beraneka rupa ikan. Berkunjung dan berfoto di wahana ini seolah hal wajib bagi pengunjung SeaWorld.

Glow Theater

Sebagai tempat wisata edukasi, SeaWorld juga dilengkapi dengan bioskop untuk pemutaran film berjudul Sea Turtle Story. Film bertema edukasi di Glow Theater ini sangat menarik dan cocok sebagai pembelajaran anak-anak. Selain itu, saat lampunya padam bioskop ini akan menampilkan warna-warna yang indah.

Jelly Fish Exhibit

Wahana ini terbilang baru di Sea World Ancol Jakarta. Di sini wisatawan bisa melihat keindahan ubur-ubur yang bercahaya ketika berenang di dalam kegelapan. Sangat indah, terlebih karena mencakup beberapa jenis ubur-ubur, seperti Sea Neattle Jelly Fish, Blubber Jelly Fish, dan Upside Down Jelly Fish.

Jam Buka SeaWorld Indonesia
credit: Seika, CC BY 2.0

Harga Tiket Masuk Sea World Ancol

Keterangan Harga
Tiket Masuk Sea World + Ancol IDR 140K
Sea World & Samudra + Ancol IDR 195K-245K
Sea World & Gondola + Ancol IDR 182K-210K
Tiket Parkir Kendaraan Motor IDR 15K
Tiket Parkir Kendaraan Mobil IDR 25K
Note: harga tiket yang tersebut dalam daftar tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu. Lihat update harga dan pembelian tiket secara online, di sini
Fasilitas Wisata di Sea World Jakarta
credit: Sek Keung Lo, CC BY-NC 2.0

Jam Buka & Peta Lokasi SeaWorld

Hari biasa (Senin-Jumat) 09.30-16.00
Hari libur (Sabtu-Minggu) 09.00-16.30
Note: loket dan pintu gerbang ditutup 1 jam lebih awal dari jam operasional SeaWorld Ancol.

Lokasi Kawasan Wisata Ancol Jakarta sangatlah strategis sehingga tersedia berbagai pilihan transportasi umum untuk mencapainya. Untuk kereta, Anda bisa memakai rute Tangerang, Serpong, Depok, Bekasi dan Bogor. Selanjutnya, bisa juga naik bus TransJakarta ke Ancol melalui Koridor 1 dan Koridor 5.

Opsi lain, bisa naik bus umum atau Kopaja. Cari jurusan Grogol-Ancol, Grogol Tanjung Priok, Blok M-Ancol, atau Kampung Melayu-Tanjung Priok. Untuk mikrolet atau angkot, Anda bisa naik M 15 A dan M 15. Jika menggunakan kendaraan pribadi, rute tercepat ke kawasan Ancol Jakarta adalah dengan melewati jalan tol.

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Peta