Beranda
Destinasi Wisata
Jakarta
Jakarta Selatan
Kebun Binatang Ragunan, Fasilitas, Harga Tiket dan Jam Buka

Banyak pilihan wisata untuk liburan singkat di Jakarta. Terutama jika Anda mencari tempat wisata keluarga untuk sekedar mengisi akhir pekan di ibukota. Mungkin jalan jalan di Kota Tua Jakarta menikmati renyahnya suasana di sana. Atau, kunjungi kebun binatang Ragunan, salah satu destinasi wisata favorit di Jakarta.

Sejarah Kebun Binatang Ragunan di Jakarta

Ragunan Zoo merupakan salah satu destinasi wisata Jakarta yang legendaris. Sudah berdiri sejak tahun 1864. Menempati area seluas 10 ha pemberian Raden Saleh di Cikini, Menteng, JAKPUS. Dulu bernama Planten En Dierentuin (Tanaman & Kebun Binatang). Dan pada 1949 namanye berubah jadi Kebun Binatang Cikini.

Lalu tahun 1964, kebun binatang ini dipindah ke Ragunan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kepindahan itu membawa lebih dari 450 ekor satwa. Kebun binatang Ragunan resmi dibuka tahun 1966 oleh Gubernur Ali Sadikin. Kebun binatang pertama di Indonesia ini kini secara resmi bernama Taman Margasatwa Ragunan.

Daya Tarik, Wahana, dan Fasilitas Ragunan

Dengan luas area saat ini yang mencapai 147 hektare, Kebun Binatang di Ragunan Jakarta Selatan memiliki 2.101 ekor satwa dari 220 spesies. Lingkungan Ragunan Zoo sejuk dan nyaman karena rindang oleh lebih dari 50000 pohon yang tumbuh di areanya. Hutan tropis mini dengan sistem ekologi lengkap memadai

Koleksi fauna di Ragunan sangatlah beragam, mulai dari spesies mamalia, reptil, aves, serta pisces. Di antara sekian binatang yang ada di Ragunan Jakarta Selatan, terdapat beberapa yang termasuk spesies binatang yang langka. Di antaranya adalah kakaktua, gorila, gajah, anoa, orangutan, dan banyak lagi yang lainnya

Menariknya, Taman Margasatwa di Jakarta ini juga tersedia Pusat Primata Schmutzer kelas internasional. Zona konservasi ini merupakan rumah bagi berbagai jenis primata Indonesia dan dunia. Tidak hanya orangutan dan gorila, koleksinya juga mencakup simpanse. Mereka hidup seolah di habitat asli di area 13 hektare.

Fauna di Kebun Bintang Ragunan

Gajah Sumatera
Harimau Sumatera
Gorila
Monyet
Monyet Dukun
Lutung
Orangutan Sumatera
Orangutan Kalimantan
Anoa
Rusa Jawa
Sitatunga
Badak Sumatera
Rusa
Macan Dahan
Harimau Benggala
Kucing bakau
Badak Putih
Jerapah
Zebra
Kanguru pohon
Tarsius
Kukang
Kijang
Landak Jawa
Macan Tutul Jawa
Banteng
Wallaby
Ajag
Musang Sulawesi
Kuskus beruang
Beruang madu
Beruang hitam amerika
Tapir Asia
Rusa tutul
Babirusa
Babi Hutan
Singa
Kapibara
Berang berang
Kuda Nil
Siamang
Kancil
Binturung
Rusa timor
Pelikan
Beo
Rangkong
Merak Hijau
Nuri
Cendrawasih
Emu
Burung unta
Maleo
Elang bondol
Elang jawa
Flamingo
Kakatua kecil jambul kuning
Kakatua raja
Kakatua maluku
Kakatua rawa
Angsa hitam
Cerek-pasir besar
Elang ular bido
Buaya muara
Komodo
Biawak timor
Kura-kura
Ular
Biawak air
Biawak bakau seram
Biawak papua
Buaya siam
Kaiman
Buaya sepit

Wahana dan Fasilitas Wisata Lain

Kebun binatang di Jakarta Selatan ini sangat ideal sebagai destinasi wisata di akhir pekan bersama keluarga, terutama yang melibatkan anak-anak. Biarkan mereka lebih mengenali beraneka satwa dengan cara menyenangkan. Merasakan sensasi naik unta. Saat hari libur, di sini juga ada opsi menunggang gajah.

Tidak hanya itu, Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan juga punya Taman Satwa Anak. Taman ini berisi binatang-binatang lucu, ada burung kakatua, ular warna-warni, satwa pengerat (kapibara), ikan arapaima gigas, dll. Selain itu, taman ini juga memiliki playground dengan ayunan, jaring laba-laba, dan lain-lain.

Selebihnya, fasilitas dan wahana wisata yang tersedia di Kebun Binatang Ragunan meliputi kereta keliling, tunggang kuda, pentas satwa, persewaan sepeda, kuda bendai, dan taman perahu angsa. Fasilitas wisata lainnya sangat lengkap, termasuk di sekitarnya ada Taman Anggrek Ragunan dan aneka tempat kuliner.

List Harga Tiket Masuk Ragunan Zoo Jakarta

Tiket Masuk RagunanDewasaRp. 4.000
Anak-anakRp. 3.000
Parkir KendaraanBus BesarRp. 15.000
Bus KecilRp. 12.000
MobilRp. 6.000
Sepeda MotorRp. 3.000
SepedaRp. 1.000
Tiket Wahana WisataKuda TunggangRp. 5.000
Onta TunggangRp. 7.500
Taman Satwa AnakRp. 2.500
Kereta KelilingRp. 10.000
Sepeda TunggalRp. 10.000
Sepeda DoubleRp. 15.000
Kuda BendiRp. 15.000
Perahu AngsaRp. 18.000
Tiket Schmutzer Primate CenterSenin-Jumat (3 thn ke atas)Rp. 6.000
Hari Libur (3 thn ke atas)Rp. 7.500
Note: rincian harga tiket Ragunan yang tersebut di atas tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi update harga tiket masuk yang terbaru silahkan kunjungi situs resminya, DI SINI. Untuk pendaftaran tiket secara online di masa transisi, lihat melalui tautan berikut ini https://bit.ly/PesantiketTMR

Jam Buka & Lokasi Kebun Binatang Ragunan

Jam Buka: 07.30 - 14.30
(ini adalah jam buka normal, untuk update kunjungan di masa transisi, lihat info di situs resminya)
Alamat: Jl. Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12550. Peta

Lokasinya berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota Jakarta. Untuk mencapainya pun sangatlah mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum, Anda bisa naik TransJakarta maupun KRL. Kebun binatang ini merupakan tujuan akhir dari sejumlah koridor busway TransJakarta.