Pantai Watu Dodol Banyuwangi - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, Lokasi

Berada di ujung timur Pulau Jawa, daya tarik alam Banyuwangi memang juara. Kawah Ijen dan Baluran pun telah memicu decak kagum traveler dunia. Lalu tidak jauh dari keduanya, ada juga Pantai Watu Dodol Banyuwangi yang menawan dengan daya tariknya sendiri. Watudodol, bisa jadi tujuan Anda kali ini.

Pantai Watu Dodol Banyuwangi
credit: instagram.com/_knwdeny

Selain berlokasi tidak terlalu jauh dari Taman Nasional Baluran dan Kawah Ijen, Watudodol juga berjarak dekat dengan wisata Bangsring Underwater yang terkenal. Intinya, jika durasi liburan Anda panjang, banyak opsi wisata lain. Memang ada rencana liburan ke Pantai Watu Dodol? simak informasi wisata berikut ini.

Daya Tarik Pantai Watu Dodol Banyuwangi

ASEAN Tourism Standard Award pada tahun 2018 silam turut membuktikan pesona wisata pantai ini. Dalam acara yang terselenggara di Chiang Mai, Thailand tersebut, Pantai Grand Watudodol telah mengantarkan Banyuwangi menyabet predikat ASEAN Clean Tourist City. Jadi, inilah juara pantai terbersih se-ASEAN.

Selain bersih, Kawasan Wisata Pantai Watu Dodol menawarkan banyak hal yang menarik. the sunrise of Java adalah salah satu julukan Banyuwangi, dan Watu Dodol termasuk area strategis menikmati sunrise, selain di Pantai Boom Banyuwangi. Lanskapnya berlatar belakang Selat Bali dan Taman Nasional Bali Barat.

Tak hanya laut yang biru, Pantai Watu Dodol Banyuwangi juga terbatasi oleh rimbun hutan dan perbukitan. Bukit Watudodol adalah spot terbaik menikmati molek alam berlatar Selat Bali, sekaligus spot ideal bagi penyuka selfie. Di bukit ini juga ada petilasan yang diyakini sebagai makam dari Syeikh Maulana Ishak.

Wisata Pantai Grand Watudodol Banyuwangi punya landmark Patung Gandrung yang ikonik. Selain itu, terdapat sebongkah batu misterius dan bersejarah yang menjadi nama pantai ini. Ada juga goa peninggalan Jepang dan sumur air tawar di area laut. Uniknya, meski air laut masuk saat pasang, air sumurnya tetap tawar.

Intinya, wisata Watu Dodol punya banyak hal yang menarik, termasuk yang sifatnya mistik dan mitos. Kawasan pesisir ini menawarkan paket wisata yang lengkap. Bahkan, pesona Watudodol juga mencakup keindahan bawah laut. Selain di Bangsring, Pantai Watu Dodol adalah spot snorkeling terbaik di Banyuwangi.

Mengenai karakteristik pantainya, Watudodol bukan pantai berpasir, karena pesisirnya lebih didominasi coral dan karang. Pantai ini lebih cocok sebagai tempat bersantai menikmati suasana dan panorama, serta wisata kuliner. Aktivitas lain bisa diving snorkeling, melebar ke pulau-pulau dan Rumah Apung Bangsring.

Fasilitas Wisata Pantai Grand Watudodol
credit: instagram.com/arie_juve

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Watu Dodol

Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi sudah memiliki fasilitas yang memadai. Bahkan, di sini ada tempat menginap berupa hotel dan resor dengan view laut lengkap dengan gazebo dan kolam renang. Di Bukit Watudodol maupun di tepi pantai telah tersedia tempat duduk yang nyaman untuk bersantai menikmati pantainya.

Untuk konsumsi atau kuliner, di tepi pantai ini terdapat resto dengan menu yang beragam, seafood maupun non-seafood. Selain itu, ada banyak penjual makanan kecil atau jajanan di pinggir jalan di sepanjang pesisir Watu Dodol. Yang menarik, di Watudodol Resort juga terdapat helikopter yang bagus jika dijadikan spot foto

KeteranganHarga
Tiket Masuk Pantai Watu DodolRp. 5.000
Biaya Snorkeling di WatudodolRp. 25.000
Biaya Diving Grand WatudodolRp. 350.000
Snorkeling ke Pulau TabuhanRp. 250.000
Snorkeling di Pulau MenjanganRp. 105.000
Menjangan, Tabuhan, BangsringRp. 235.000
Note: harga tiket masuk dan biaya wisata di atas tidak selalu akurat, karena bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk biaya paket wisata ke Pulau Menjangan, Pulau Tabuhan dan Rumah Apung, informasi lebih lengkapnya bisa Anda ketahui DI SINI
Harga Tiket Pantai Grand Watu Dodol
credit: instagram.com/arie_juve

Rute Lokasi Wisata Watudodol Banyuwangi

Pantai Watu Dodol berada di Jl Situbondo-Banyuwangi, Parasputih, Bangsring, Kalipuro, Banyuwangi. Satu desa dengan Bangsring Underwater dan berada di tepi jalan lintas propinsi. Jadi, rute mencapainya pun mudah dan tersedia beberapa opsi transportasi umum. Bisa naik bus antar kota jurusan Surabaya-Banyuwangi.

Dari Surabaya, bisa juga naik kereta dan turun di Stasiun Banyuwangi. Kemudian, naik antar desa ke arah Situbondo. Begitu juga dari Bali. Setelah pelabuhan penyeberangan Meneng - Ketapang, bisa naik angkutan desa ke Watudodol. Untuk kendaraan pribadi, dari Banyuwangi cukup menuju ke arah Situbondo. Peta Lokasi