Nungnung Waterfall Bali - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Badung adalah kabupaten yang menampung banyak objek wisata terkenal di Pulau Bali. Tak hanya Wisata Kuta dan sekitarnya serta Pantai Indah di Nusa Dua, Badung juga menjadi rumah bagi beberapa wisata air terjun yang menawan. Nungnung Waterfall adalah salah satu yang terindah dan populer di wilayahnya.

Nungnung Waterfall Bali
credit: unsplash.com/@filippo_cesarini

Jadi, wisata Badung tidak selalu tentang kemeriahan wisata dan Sunset di Pantai Bali. Terutama jika Anda menyukai air terjun, Nungnung Waterfall wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Desa Pelaga, Kec. Petang, Badung, Bali. Mengenai daya tarik, fasilitas, serta harga tiket Air Terjun Nungnung, baca ulasan berikut ini.

Daya Tarik Nungnung Waterfall Bali

Air Terjun Nungnung merupakan wisata air terjun yang sudah lama terkenal di Pulau Bali. Tidak hanya di kalangan wisatawan Nusantara, air terjun ini juga termasuk tempat wisata favorit bagi wisatawan asing. Pemerintah Kabupaten Badung sendiri mempromosikannya sebagai tujuan wisata alam sejak tahun 1996.

Terkait pesona alam, Nungnung Waterfall adalah salah satu air terjun tertinggi di Pulau Bali. Sama seperti Air Terjun Sekumpul dan Air Terjun Gitgit di Buleleng. Airnya terjun dari tebing setinggi kurang lebih 50 meter dengan debit yang sangat besar. Suasana di areanya pun demikian asri, sejuk, dan menenangkan.

Suhu udaranya dingin karena berada di dataran tinggi dengan ketinggian ± 950 mdpl. Trekking melalui ratusan anak tangga adalah aktivitas wajib untuk mencapainya. Sebagian orang menyebut Nungnung Waterfall dengan sebutan Air Terjun Plaga, julukan ini merujuk lokasinya yang berada di Desa Pelaga.

Bagi penikmat alam pegunungan, berkunjung ke Nungnung Waterfall begitu menyenangkan. Pasalnya, suasana pedesaan yang asri selalu mengiringi sepanjang jalan ketika mendekati Desa Plaga. Hamparan persawahan harmoni dengan rindangnya pepohonan. Terlebih saat jarak semakin mendekati air terjunnya.

Meskipun harus melewati anak tangga berjumlah ratusan, seolah tak terasa karena suasana alamnya yang menyenangkan. Bahkan ketika terik siang, udaranya tetap sejuk. Begitulah adanya, turis mancanegara pun menyukainya. Saat tiba di lokasi, lanskap air terjun seketika merubah kelelahan menjadi rasa ketakjuban.

Suara deburan air yang jatuh ke kolam alami mengesankan daya tarik tersendiri. Bermain di aliran sungai sangatlah menyenangkan. Atau, jelajahi area sekitar untuk menemukan spot terbaik, abadikanlah dengan kamera. Di sini, terdapat jembatan bambu ikonik yang sering dijadikan spot foto berlatarkan air terjunnya.

Harga Tiket Masuk Nungnung Waterfall Bali
credit: unsplash.com/@alexazabache

Fasilitas, Jam Buka, dan Harga Tiket

Karena sudah lama resmi menjadi destinasi wisata alam, fasilitas Nungnung Waterfall terbilang lengkap dan memadai. Akses berupa tangga yang menuju ke lokasinya pun bagus dengan sejumlah gazebo di tengah perjalanan. Tersedia kamar mandi atau toilet umum tidak jauh dari tempat memarkir kendaraan.

Juga, ada warung atau pedagang makanan dan minuman di pintu masuk. Karena lokasi dasar Air Terjun Nungnung jauh, Anda perlu membeli bekal makanan minuman di atas. Durasi menuruni tangga kurang lebih 10-15 menit. Harga tiket Nungnung Waterfall Bali IDR 10K, serta biaya parkir sebesar IDR 2K-5K.

Jam Buka Air terjun Nungnung Bali: setiap hari, pukul 08:00-18:00
Fasilitas Wisata Air Terjun Nungnung Bali
credit: unsplash.com/@spensersembrat

Rute ke Lokasi Air Terjun Nungnung

Lokasi Nungnung Waterfall Bali berada di Banjar Nungnung, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Sekitar 45 kilometer jaraknya atau kurang lebih 1,5 jam berkendara ke arah utara jika berangkat dari Kota Denpasar. Banyak petunjuk jalan ke lokasinya. Anda cukup gunakan Peta Lokasi.