Pantai di Nusa Penida Bali - 8 Wisata Pantai Terindah di Nusa Penida

Nusa Penida demikian baik menggambarkan keindahan bahari Bali. Pulau di sisi tenggara Pulau Bali ini dianugerahi pesona alam yang luar biasa, terutama di perbatasan darat dan lautnya. Sejumlah pantai di Nusa Penida pun terkenal di kalangan turis mancanegara. Ada yang masuk daftar pantai terbaik dunia.

Pantai di Nusa Penida Bali
credit: unsplash.com/@vherlian

Sebagai traveler pecinta bahari, Nusa Penida Bali wajib masuk daftar atas kunjungan Anda. Atau, memang berencana menjelajahi Tempat Wisata di Nusa Penida? di bawah ini adalah daftar beberapa wisata pantai di Nusa Penida Bali. Pastikan liburan kali ini panjang dan jelajahilah semua pantai menawan berikut ini.

Diamond Beach Nusa Penida

Diamond Beach Nusa Penida
credit: unsplash.com/@faustosilenzi

Semua pantai di Nusa Penida indah, tapi mari mulai daftar ini dari Pantai Diamond Beach di sisi tenggara pulau ini. Sebuah pantai indah yang pesonanya telah masyhur di mata dunia. Menawan dengan benteng tebing yang menjulang. Ikonnya adalah batu karang mirip berlian yang kemudian juga menjadi namanya

Berkunjung ke pantai ini, Anda akan memulai dari ketinggian tebing. Di sinilah spot terbaik menikmati panorama laut, sebelum akhirnya perlu turun melewati tangga batu agar bisa mencapai pasir pantainya yang putih dan bersih. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 30 kilometer dari Pelabuhan Toya Pakeh Penida.

Lokasi: Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali.

Smoky Beach (Pasih Andus)

Smoky Beach Pasih Andus Penida
credit: Ivan Lanin, CC BY-SA 2.0

Meski tak sepopuler pantai Nusa Penida yang lain, Smoky beach menawan dengan eksotika yang khas. Nama lokalnya adalah Pasih Andus. "pasih" berarti pantai dan "andus" berarti asap semburan air. Nama ini mewakili benturan ombak dan tebing. Saking besarnya, tinggi semburan air bisa mencapai 10 meter.

Fenomena alam tersebut menjadi daya tarik utama di pantai ini. Semburan air yang tinggi adalah momen yang paling ditunggu-tunggu wisatawan. Nampak menakjubkan dan bagus sebagai latar berfoto selfie. Selain itu, jika beruntung, Anda juga bisa melihat ikan Pari Manta dan Mola-Mola berenang di pantai ini.

Lokasi: Sompang, Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali.

Broken Beach (Pasih Uug) Bali

Broken Beach Pasih Uug Bali
credit: unsplash.com/@wedocreativefilms

Tidak jauh dari Smoke Beach atau Pasih Andus, ada Broken Beach atau Pasih Uug yang lebih populer. Termasuk pantai ikonik Nusa Penida dengan pemandangan yang khas. Pantainya berada di dasar tebing dengan bentuk melingkar. Air laut bisa masuk melalui lubang besar di lingkaran dan membentuk kolam.

Berkat keunikan komposisi alamnya, Broken Beach termasuk tujuan wisata paling terkenal di Nusa Penida Bali. Selalu ramai wisatawan, terutama ketika musim libur. Jadi, usahakan tidak datang saat liburan agar bisa lebih puas berwisata di sini. Dari pelabuhan, perlu berkendara sekira 1,5 jam untuk mencapainya

Lokasi: Sompang, Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali.

Crystal Bay Nusa Penida Bali

Crystal Bay Nusa Penida Bali
credit: pixabay.com/max4ex

Wisata pantai Nusa Penida Bali yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Crystal Bay Nusa Penida. Seperti diisyaratkan oleh namanya, pantai ini memiliki perairan yang jernih bak kristal. Saking bersihnya, apa yang ada di dalam pun nampak jelas. Semakin jelas terlihat karena ombaknya cenderung tenang bersahabat.

Oleh karena itu, pantai Crystal Bay menjadi destinasi snorkeling yang terkenal di Bali. Dengan menyelami perairan dangkalnya yang tenang, Anda bisa menyaksikan keindahan bawah laut yang luar biasa. Atau, lebih jauh menyelam ke beberapa spot diving yang ada. Jika beruntung, bisa bertemu ikan Mola-Mola.

Lokasi: Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Kelingking Beach Nusa Penida

Kelingking Beach Nusa Penida
credit: unsplash.com/@p_kuzovkova

Di antara sekian pantai di Nusa Penida Bali, Kelingking Beach merupakan primadona wisatanya. Pesona pantai ini sangat terkenal dan pernah masuk dalam jajaran pantai terbaik dunia versi Tripadvisor. Pantai ini memiliki tebing yang ikonik dengan bentuk mirip jari kelingking, Kelingking Cliff Point istilah populernya.

Tebing itulah yang mengilhami nama Pantai Kelingking. Ada juga wisatawan yang menyebut bentuknya lebih menyerupai T-Rex. Pantainya yang indah bisa Anda capai dengan menuruni tebing setinggi 200 meter tersebut. Selain itu, Pantai Kelingking di Nusa Penida juga terkenal dengan keindahan sunsetnya.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Angel's Billabong Beach Bali

Angel Billabong Beach Bali
credit: unsplash.com/@vherlian

Pantai di barat daya Nusa Penida memiliki beberapa spot yang menakjubkan. Selain Crystal Bay, tak jauh dari Broken Beach, ada keajaiban alam bernama Angel Billabong yang juga merupakan destinasi ikonik di Nusa Penida. Sebuah ide bagus jika Crystal Bay, Broken Beach, Angel Billabong menjadi satu paket wisata.

Nama Angel's Billabong mengisyaratkan daya tarik yang unik berupa kolam alami di tepi batas darat dan laut. Ketika pasang, air meluber ke sebuah cekungan tebing dan menyisakan kolam nan indah saat surut. Airnya sangat jernih, cocok untuk berenang atau sekedar menikmati panorama alam sambil berendam.

Lokasi: Sompang, Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali.

Pantai Suwehan Nusa Penida

Pantai Suwehan Nusa Penida
credit: unsplash.com/@ivyaralianizar

Pantai Suwehan termasuk pantai cantik yang tersembunyi di Nusa Penida. Meski terpencil, indah alamnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Cocok bagi seorang petualang seperti Anda yang suka pantai dengan suasana sepi. Waktu terbaik pagi hari. Ketika siang, lanskap kurang baik karena tertutup bayangan tebing.

Seiring perkembangan wisata di Nusa Penida, akses jalannya kini semakin memadai. Ini juga mencakup akses menuruni tebing ke pantai, tersedia tangga berpagar yang cukup bagus. Ada beberapa warung dan penginapan di area atas tebing. Dari Pelabuhan Toya Pakeh, pantai berjarak sekira 30 kilometer atau 1 jam

Lokasi: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Pantai Atuh Nusa Penida Bali

Pantai Atuh Nusa Penida Bali
credit: flickr/chrysotil, CC BY-NC-ND 2.0

Pantai Atuh adalah keajaiban lain dan satu paket dengan Diamond Beach. Keduanya bertetangga dan sama-sama menjadi objek wisata terkenal di Nusa Penida. Tebing Atuh Cliff yang memisahkan keduanya. Mengunjungi dua pantai ini wajib, tapi butuh energi lebih karena harus hiking naik turun tebing curam.

Pantai Atuh di Nusa Penida merupakan teluk yang menawan. Pemandangannya didominasi karang, baik sebagai benteng tebing menjulang maupun sebagai jajaran pulau di lepas pantai. Atuh Beach memiliki pasir bersih yang keemasan dan keindahan sunrise yang menakjubkan. Fasilitas wisatanya pun memadai.

Lokasi: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Demikian daftar wisata pantai terbaik di Nusa Penida. Sudah siap berangkat? ada beberapa pilihan untuk tiba di Nusa Penida dari Bali. Bisa naik kapal di Pelabuhan Padang Bai, naik perahu tradisional dari Pantai Kusamba. Atau, naik fast boat dari Pelabuhan Pantai Sanur. Untuk akomodasi, lihat Hotel di Nusa Penida.