Kepulauan Derawan - 5 Pulau Wisata Terindah dan Biaya ke Derawan

Indonesia adalah surga bagi traveler pecinta bahari. Selain Raja Ampat yang terlanjur primadona, pesona pulau, pantai, dan laut tersedia hampir di tiap provinsi. Di Kalimantan Timur pun demikian. Di sana ada Kabupaten Berau yang terkenal, salah satunya melalui keberadaan Kepulauan Derawan yang menawan.

Kepulauan Derawan Berau Kaltim
credit: www.tiket2.com, CC BY 2.0

Menempati semenanjung utara perairan laut Berau, Kepulauan Derawan begitu menakjubkan. Puluhan pulau cantik tersebar di perairannya. Daya tarik alamnya pun mendunia, khususnya populer di kalangan penyelam mancanegara. Intinya, adalah ide bagus menjadikan Derawan sebagai destinasi Anda kali ini.

Daya Tarik Wisata Kepulauan Derawan

Wilayah Kepulauan Derawan Berau terbagi menjadi tiga kecamatan, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk-Biduk. Meliputi sedikitnya 31 pulau, gosong, serta atol dengan beberapa ekosistem pesisir tropis penting. Mulai dari ekosistem terumbu karang, lamun, mangrove dan berbagai spesies satwa khas yang dilindungi.

Berbagai jenis terumbu karang tersebar luas di seluruh pulau dan gosong. Bahkan, dengan jumlah spesies yang mencapai 460-470, kekayaan biodiversitas Derawan berada di urutan nomor dua setelah Kepulauan Raja Ampat Papua Barat. Tak heran jika Taman Bawah Laut Derawan menjadi surga bagi wisatawan dunia.

Keindahan bawah laut kepulauan ini juga berhiaskan lebih dari seribu spesies ikan karang. Snorkeling dan diving adalah aktivitas utama di sini. Lebih dari itu, masing-masing pulau juga menawarkan pesisir pantai yang indah dengan pasir putih bersih. Juga, perairan lautnya yang jernih membentang luas menakjubkan.

Island hopping menjadi salah satu kegiatan yang tak bisa dihindari. Jelajah pulau di Kepulauan Derawan juga memungkinkan wisatawan menyaksikan berbagai spesies satwa khas. Di sini ada lumba-lumba, paus, penyu sisik, penyu hijau, dan dugong. Ada juga pari manta, pigmy seahorse serta ubur-ubur tanpa sengat.

Liburan di Kepulauan Derawan Kalimantan Timur, Anda perlu mempersiapkan durasi panjang, minimal 3 hari 2 malam. Dari puluhan pulau yang tersebar di areanya, setidaknya ada 4 pulau yang terkenal sebagai destinasi wisata. Lalu, ada juga pulau gosong yang sangat terkenal keindahannya. Berikut ini daftarnya:

Pulau Derawan

Pulau Derawan di Kalimantan Timur
credit: instagram.com/aryawiznu

Pulau Derawan merupakan salah satu tujuan utama bagi wisatawan yang ingin menjelajahi Kepulauan Derawan. Dengan luas 1,3 hektare, pulau ini memiliki border pantai berpasir putih, lautnya jernih menjadi spot snorkeling terbaik. Di daratannya Anda bisa bersepeda, bermain di pantai, hingga menyaksikan penyu bertelur.

Fasilitas di pulau ini sangat lengkap memadai. Mudah menemukan tempat makan, toko, dan kios penjual suvernir atau oleh-oleh. Fasilitas penyewaan perahu dan alat snorkeling diving tersedia. Serta, mudah mendapatkan tempat menginap. Jenis penginapannya pun beragam, ada homestay, hotel, vila, cottage, dan resort.

Gosong Sanggalau

Gosong Pasir Sanggalau
credit: instagram.com/aryawiznu

Gusung atau gosong adalah gundukan pasir di tengah laut yang muncul saat air sedang surut. Gosong Sanggalau termasuk spot wisata wajib dikunjungi di Derawan. Terkenal berkat panorama yang menawan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pulau Derawan. Kurang lebih 20 menit naik speedboat untuk mencapainya.

Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki Kepulauan Derawan
credit: instagram.com/aryawiznu

Destinasi selanjutnya adalah Pulau Sangalaki. Berjarak sekitar 1 jam perjalanan laut dengan speedboat dari Pulau Derawan, pulau ini tidak berpenghuni. Murni sebagai resor dan tempat pelestarian penyu hijau dan penyu sisik. Anda bisa melihat penyu bertelur, pelepasan tukik, serta bila beruntung, bisa melihat Pari Manta.

Pulau Maratua

Maratua Derawan Islands
credit: Nanosanchez, CC BY-SA 4.0

Pulau Maratua adalah destinasi primadona di Kepulauan Derawan Kalimantan Timur. Sama seperti Pulau Derawan, Maratua adalah pulau berpenghuni sekaligus sebagai satu dari tiga kecamatan di wilayah kepulauan ini. Fasilitas di sini sangat lengkap. Bahkan, saat ini Pulau Maratua sudah memiliki bandar udara sendiri.

Selain memiliki banyak spot snorkeling dan diving yang terkenal hingga ke mancanegara, Pulau Maratua sangat indah dengan berbagai pilihan wisata alam di kawasannya. Gua Halo Tabung atau Goa Haji Mangku salah satunya. Lanskap pantainya juga begitu indah berpasir putih benderang. Sunset di sini pun menawan.

Pulau Kakaban

Biaya Wisata ke Pulau Kakaban Derawan
credit: Riza Nugraha, CC BY 2.0

Masuk di wilayah kecamatan Maratua, Pulau Kakaban adalah pulau eksotik dengan Danau Kakaban yang tenang dan cantik. Menariknya, danau tersebut mencakup 80% dari luas area pulau ini. Karena itu Danau Kakaban menjadi daya tarik utamanya. Danau ini unik, sebagai rumah ribuan ubur-ubur yang tak punya sengat

Sama seperti Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban adalah pulau tanpa penghuni. Di sini, Anda berenang dan snorkeling bersama ubur-ubur. Apabila suka diving, pulau ini terkenal dengan palung laut yang indah. Pantainya juga sangat indah. Selain itu jangan lupa melebar ke Kehe Daeng, laguna tersembunyi di balik goa.

Cara & Biaya Wisata ke Derawan Berau

Terdapat beberapa cara mencapai Kepulauan Derawan dengan base di Pulau Derawan. Bisa memakai jalur udara ke Berau atau Tarakan. Penerbangan Tarakan umumnya lebih murah dan banyak pilihannya. Tapi, perjalanan laut memakan waktu lama dan harus menyewa speedboat. Rute ini cocok untuk rombongan.

Sementara itu jika memakai rute Berau, Anda bisa naik pesawat dari Balikpapan atau Samarinda. Lalu, banyak opsi travel yang akan mengantar ke Pelabuhan Tanjung Batu. Di pelabuhan tersebut, mudah untuk mendapat speedboat penyeberangan umum ke Pulau Derawan. Durasi menyeberang pun singkat, 30 menit.

Terkait biaya wisata ke Kepulauan Derawan sangat bervariasi. Tergantung juga dari mana Anda berangkat dan menggunakan rute mana, karena selain dari Berau, Kepulauan Derawan juga bisa dikunjungi melalui Tarakan. Estimasi biaya berikut merujuk pada rute umum, yakni melalui Berau dan berangkat dari Jakarta.

KeteranganHarga
Tiket Pesawat Jakarta-Berau± IDR 2000K
Tanjung Redeb-Tanjung Batu± IDR 75K
Sewa Speed Boat± IDR 100K-150K (per orang, sekali jalan)
± IDR 400K-500K (3-4 orang, sekali jalan)
Speedboat (Island Hopping)± IDR 1200K-1300K (15 orang)
Penginapan± IDR 150K-1000K
Sewa Alat Snorkeling± IDR 50K/hari
Biaya Makan± IDR 20K-50K