Taman Rekreasi Selecta - Wahana Wisata, Harga Tiket dan Jam Buka

Punya rencana liburan ke Kota Wisata Batu? kota di kawasan metropolitan Malang Raya ini memang menarik karena memiliki banyak opsi wisata. Paralayang Batu, BNS, Museum Angkut adalah sebagian yang populer di sana. Jika sudah pernah mengunjunginya, kini Anda perlu berwisata ke Taman Rekreasi Selecta.

Taman Rekreasi Selecta Batu
credit: Sefanya Prasetyo, CC BY-NC 2.0

Memang ada rencana berlibur ke Selekta? Itu adalah ide bagus. Salah satu tempat wisata legendaris di Batu Malang ini berada di dekat Coban Talun yang juga terkenal. Bisa juga jika mengunjungi keduanya. Wisata Selecta Batu beralamatkan di Jl. Raya Selecta, No.1, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Sejarah Taman Rekreasi Selecta Batu

Taman Rekreasi Selecta hadir sebagai tujuan wisata di Batu Malang sudah sangat lama. Termasuk objek wisata yang ikut mengawali sejarah pariwisata di Batu, jauh sebelum Kota Batu terpisah dari Kabupaten Malang. Bahkan, telah ada sejak zaman pendudukan Belanda. Dibangun oleh De reyter De Wild tahun 1928.

Objek wisata yang dulunya bernama Selectie ini bertahan, meskipun berganti pengelola di zaman pendudukan Jepang. Sempat hancur, namun dibangun kembali sekitar tahun 1950. Presiden Soekarno pada tahun 1954 pernah berkunjung ke Selekta dan menginap di Villa De Brandarice yang saat ini bernama Vila Bima Sakti.

Wahana di Tempat Wisata Selecta Batu
credit: Sefanya Prasetyo, CC BY-NC 2.0

Daya Tarik dan Wahana Wisata Selecta

Udara yang sangat sejuk dan air yang dingin, serta pemandangan alam menjadi daya tarik utama wisata Selecta. Selain sebagai tempat peristirahatan yang nyaman, Selecta diminati karena senantiasa berkembang dari waktu ke waktu. Jika dulu lebih terkenal karena kolam renangnya saja, kini wahana wisatanya sangat beragam.

Khusus untuk tujuan wisata keluarga, Taman Selecta termasuk yang terfavorit di Kota Batu. Selalu ramai, terutama musim liburan. Selain kolam renang yang luas dan mandi air panas, wahana di Taman Rekreasi Selecta meliputi water park dan area bermain anak-anak. Ada Sepeda Air, Kiddie Ride, Bianglala, dan lain-lain.

Kawasan tempat wisata Selecta menempati lahan kurang lebih 26 hektar. Sekitar 8 hektar sebagai lahan untuk wahana wisatanya, dan 18 hektar merupakan taman bunga nan indah. Dengan menaiki wahana Family Coaster, Anda bersama anak-anak bisa menjelajahi taman rindang dengan pemandangan alam khas Selekta Batu.

Wahana lainnya mencakup Bahtera Ayun yang bisa menguji adrenaline. Lalu, ada Flying Fox yang memungkinkan anggota wisata uji nyali namun tetap menyenangkan dalam suasana alam nan nyaman. Nikmati juga panorama di ketinggian dengan Sepeda Udara. Udaranya sejuk dan warna-warni bunga di sejauh pandangan mata.

Wisata Selecta Batu tak berhenti di situ demi memanjakan liburan sebuah keluarga. Di sini pun menyediakan wahana bioskop Cinema 4D dengan teknologi terkini, sehingga tidak hanya visual namun motion pun dihadirkan. Selebihnya, Anda bisa jalan-jalan di Taman Bunga Selecta, bersantai, dan selfie di spot-spot foto terbaik.

Fasilitas Wisata Taman Selecta
credit: Sefanya Prasetyo, CC BY-NC 2.0

Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Jam Buka

Fasilitas Wisata

Dalam kawasan wisata Selecta Batu fasilitasnya sangat lengkap. Bahkan dari awal sejarahnya, taman rekreasi keluarga ini sudah mencakup akomodasi berupa hotel di lokasinya. Untuk konsumsi, banyak tersedia kios makanan dan restoran. Ada toko oleh-oleh, toiletnya bersih, area parkir luas, tempat ibadah, dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
Tiket Masuk SelectaIDR 40K
Family CoasterIDR 30K
Mobil AyunIDR 10K
BianglalaIDR 10K
TagadaIDR 10K
Perahu AyunIDR 10K
Sky BikeIDR 20K
Flying FoxIDR 25K
Cinema 4DIDR 10K
Kuda KelilingIDR 15K
Sepeda AirIDR 20K
Kiddie RideIDR 5K
Mandi Air PanasIDR 10K
Photo DigitalIDR 15K
Parkir MotorIDR 5K
Parkir MobilIDR 10K
Parkir Bus & TrukIDR 30K
Note: harga tiket tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu

Jam Operasional

Jam buka Selecta: setiap hari 07.00-16.00
Beberapa kawasan atau wahana, buka pukul 08.00-16.00 dan tutup pada hari Minggu. Di antaranya Bahtera Ayun, Goa Singa, Taman Selecta, Sepeda Air, dan Taman Selo Brojo.
Jam Buka Taman Rekreasi Selecta
credit: Sefanya Prasetyo, CC BY-NC 2.0

Rute dan Lokasi Tempat Wisata Selecta

Taman Rekreasi Selecta Batu beralamat di Jalan Raya Selecta, No.1, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Peta Lokasi. Jaraknya dari Kota Batu sekitar 6,5 km ke arah utara, sama dengan Coban Talun dan Puncak Brakseng Cangar. Hanya sekitar 15 menit berkendara dari Batu dengan akses jalan yang bagus dan beraspal mulus.

Selain mudah, lanskap di rute Batu ke Selecta sangat indah, khususnya di sebelah kiri jalan. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, bisa juga naik angkutan umum sampai gang yang menjadi pintu masuk tempat wisata Selecta. Dari gang, loket karcis sekitar 50 meter saja. Dari Batu, naik angkutan warna merah muda.


EmoticonEmoticon