Beranda
Destinasi Wisata
Lampung
Pesawaran
Pulau
Pulau Kelagian Lampung - Daya Tarik, Fasilitas, Biaya dan Rute

Selat Sunda yang membatasi sisi selatan Provinsi Lampung mengoleksi banyak pulau kecil yang molek. Khususnya di wilayah Pesawaran, yang menjadi salah satu destinasi populer berkat daya tarik pantai dan pulaunya. Selain Pulau Tangkil, wilayah kabupaten tersebut juga meliputi Pulau Kelagian yang menawan.

Apabila Anda sebelumnya pernah mendengar nama Pulau Pahawang, layanan trip ke Pahawang biasanya menyertakan pulau ini dalam itinerari. Jika tertarik mengunjunginya, di bawah ini adalah info daya tarik wisata, fasilitas, biaya dan harga tiket masuknya. Serta, rute dan cara menuju ke Pulau Kelagian Lampung.

Daya Tarik Pulau Kelagian Pesawaran

Pulau Kelagian merupakan satu dari gugusan pulau di Teluk Lampung yang merupakan wilayah perairan dangkal Selat Sunda. Dalam peta wisata Lampung, Kelagian merujuk pada dua pulau, yakni Kelagian Besar dan Kelagian Lunik (Kecil) yang berdekatan. Keduanya juga menyajikan pemandangan yang menakjubkan.

Bentang perairan laut yang jernihnya senantiasa memanjakan di sejauh pandangan. Adapun di pantainya, pasir putih bersih terhampar landai membatasi laut dengan dominasi hijau pepohonan dataran pulaunya. Namun lebih dari itu, Kelagian lebih terkenal sebagai lokasi penyelaman berkat eksotika di bawah lautnya.

Pulau ini menyajikan pesona bawah laut perairan Teluk Ratai yang merupakan bagian dari Teluk Lampung. Dengan kedalaman 1 hingga 6 meter, airnya yang jernih menyimpan kekayaan terumbu karang. Demikian cantik taman bawah lautnya, sehingga menjadi salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Lampung.

Tentu, Pulau Kelagian bukan hanya surga bagi pecinta snorkeling dan diving, namun juga sebagai tempat liburan keluarga. Banyak aktivitas wisata yang menarik dan didukung berbagai wahana. Karena ombaknya yang tenang, anak-anak bisa berenang dengan leluasa atau sekedar bermain di pasirnya yang putih landai

Saat berlibur ke sini, pastikan juga merasakan serunya bermain wahana watersports, seperti banana boat, donut boat. Atau jelajahi air dengan kano. island hopping pun tidak kalah menarik. Pulau Kelagian Besar dan Kelagian Lunik umumnya menjadi satu paket bila Anda memakai layanan wisata ke Pulau Pahawang.

Selebihnya bisa sekedar bersantai menikmati suasana dan mengagumi pemandangan. Terutama untuk penggemar photography dan swafoto atau selfie, melebar menjelajahi setiap sisi pulau bisa menjadi ide bagus agar mendapatkan sudut keindahan yang berbeda. Banyak sekali spot foto instagramable di sini.

Waktu terbaik berwisata ke Pulau Kelagian Lampung adalah di pagi hari ketika airnya belum meninggi. Kemudian, menikmati sepenuhnya apa tersaji di pulau dan bertahan hingga sore hari, setidaknya ketika senja tiba. Pemandangan sunset atau matahari terbenam di Kelagian Island demikian memanjakan mata.

{next}

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Kebanyakan destinasi wisata yang terkenal di Pesawaran sudah dilengkapi dengan fasilitas yang terbilang memadai. Begitu juga dengan fasilitas wisata di Kelagian Lunik atau di Kelagian Besar. Beberapa fasilitas penunjang kegiatan wisatawan meliputi wahana air atau watersports, kano, banana dan donut boat, dll.

Meski kedua pulau tersebut adalah pulau tanpa penghuni, di siang hari banyak masyarakat yang datang untuk berjualan. Ada warung makanan dan minuman kelapa muda. Fasilitas wisata yang lain mencakup toilet atau kamar mandi, tempat istirahat berupa gazebo, dan transportasi laut yang berupa perahu, dll.

Bagaimana dengan harga tiket masuk Pulau Kelagian Lampung? harga tiket biasanya dihitung per perahu, sekitar Rp 30.000-50.000. Biaya ini masih bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Biaya untuk wahana air atau watersports seperti banana boat dan donut boat sekitar Rp 25.000-30.000.

Rute Lokasi Pulau Kelagian di Lampung

Secara administratif Pulau Kelagian Besar dan Kelagian Lunik masuk di wilayah Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Cara menuju ke Pulau Kelagian, pertama kali Anda perlu sampai di Pelabuhan Ketapang yang berjarak dekat dengan Pantai Klara. Gunakan Peta Lokasi

Bila berangkat dari Kota Bandar Lampung jaraknya kurang lebih 55 menit berkendara dengan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 29 kilometer. Sesampainya di Pelabuhan Ketapang Pesawaran, naik perahu untuk menyeberang ke pulau sekira 20 menit. Biaya sewa perahu Rp 350.000-400.000 kapasitas 6 orang.