Beranda
Daftar Menarik
Jawa Timur
Pacitan
12 Tempat Wisata di Pacitan yang Menarik & Wajib Dikunjungi

Menempati area ujung barat daya Jawa Timur, Kabupaten Pacitan menawarkan pengalaman liburan yang mengesankan melalui keindahan alamnya. Adalah ide bagus jika Anda menetapkan Pacitan sebagai destinasi liburan. Beragam tempat wisata di Pacitan selalu siap memanjakan Anda.

Kota Seribu Goa melekat menjadi julukannya. Bahkan, di antara banyaknya goa, ada satu yang dikatakan terindah se-Asia Tenggara. Selanjutnya, pantai-pantai indah terhampar luas di pesisir selatannya. Masing-masing pantai mengusung kekhasan tersendiri, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Selain wisata goa dan pantai, Pacitan juga menawarkan wisata sejarah, pemandian alam dan lain sebagainya. Dalam artikel ini telah tersaji beberapa tempat wisata di Pacitan yang terindah dan terbaik untuk dikunjungi. Tandai salah satunya dan masukkan dalam daftar kunjungan utama wisata Anda.

Wisata Pantai Klayar di Pacitan

Pantai Klayar merupakan salah satu wisata pantai Pacitan terpopuler dengan hamparan pasir putih dan batuan karang serta tebing-tebing batu. Dinamakan “klayar” karena dulu pernah ada sebuah kapal terdampar. Ada juga yang mengatakan Klayar berasal dari “klayar-kluyur” yang berarti jalan-jalan.

Pantai ini seolah telah menjadi menu wajib dalam petualangan traveler ke Kabupaten Pacitan. Selain panorama alam yang mengagumkan, pantai ini juga menawarkan fenomena batu karang raksasa menyerupai Sphinx. Ada juga air mancur yang dapat mengeluarkan bunyi seperti seruling (Seruling Samudra).

Beragam fasilitas pun tersedia untuk menunjang wisata para pengunjungnya. Tidak saja fasilitas dasar dan akomodasi, tempat wisata di Pacitan ini juga memiliki beberapa wahana, termasuk penyewaan ATV. Tertarik? baca aktivitas, fasilitas, harga tiket dan rutenya dalam artikel Pantai Klayar Pacitan.

Lokasi: Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Pantai Watu Karung di Pacitan

Tempat wisata di Pacitan selanjutnya yang paling wajib dikunjungi adalah Watu Karung. Bisa dikatakan bahwa inilah pantai Pacitan paling terkenal, tidak hanya di Indonesia, bahkan di mancanegara. Ombak adalah daya tarik utamanya, sehingga selancar menjadi aktivitas unggulannya.

Rizal Tanjung, peselancar top Indonesia bersama Bruce Irons, sang juara Rip Curl Pro Search 2008, pernah berselancar di pantai ini. Aksi selancar Bruce Irons kemudian dijadikan cover Waves, majalah internasional terkemuka. Salah satunya, dari situlah nama pantai ini mendunia.

Reef Break merupakan tipe ombak paling disukai para peselancar, dan Pantai Watu Karung memilikinya. Bahkan, ombaknya bisa mencapai ketinggian hingga empat meter. Selancar dan ombak adalah sebagian kecil pesona pantai ini. Indah pemandangannya, ada juga beberapa pantai lain di sekitarnya.

Lokasi: Pringkuku, Ketro, Watukarung, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Objek Wisata Goa Gong Pacitan

Pegunungan Karst yang mendominasi wilayah Pacitan, menyimpan ragam goa yang unik dan menarik. Ada yang diduga sebagai kompleks goa terluas di Asia Tenggara, ada yang bisa mengeluarkan alunan Gamelan, dan ada Goa Gong yang dikatakan sebagai goa terindah se-Asia Tenggara.

Liburan ke Kota Seribu Goa (julukan Pacitan) tidaklah lengkap jika tidak berkunjung ke salah satu objek wisata goanya. Goa Gong adalah rekomendasi terbaik yang wajib masuk dalam daftar teratas kunjungan Anda. Fasilitasnya memadai, bahkan ada banyak penjual souvenir di sekitarnya.

Gong pada namanya merujuk pada salah satu instrumen Gamelan. Ada batu di dalam goa yang jika dipukul suaranya mirip suara Gong. Ada juga batu marmer tembus cahaya yang diklaim terbesar dan terindah di Asia Tenggara. Datanglah! sebagai bekal informasi, baca Wisata Goa Gong Pacitan.

Lokasi: Sengon, Piton, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

{next}

Wisata Pantai Kasap di Pacitan

Meski agak berlebihan, Pantai Kasap merupakan tempat wisata di Pacitan yang panoramanya dikatakan mirip Raja Ampat. Hal ini dikarenakan pantai ini menawarkan karakteristik pulau-pulau karang yang tersebar acak di perairannya. Sangat indah, sayang kalau melewatkannya.

Itu hanya gambaran sekilas secara keseluruhan saja. Cobalah mendekat, sobat akan disambut hamparan pasir putih lembut di sepanjang garis pantainya yang melengkung. Tipikal ombaknya tetap khas pantai selatan yang keras, desain alam semakin baik dengan bebatuan karang basah dan elegan.

Pantai Kasap merupakan tempat wisata di Pacitan yang harus Anda kunjungi. Selain pantainya indah, sobat traveler juga mudah untuk melebar ke beberapa pantai tetangga. Pantai Watu Karung dan Pantai Seruni misalnya. Cari tahu informasi detail pantai ini, baca di Pantai Kasap Pacitan.

Lokasi: Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Pantai Teleng Ria Kota Pacitan

Pantai Teleng Ria merupakan salah satu tempat wisata di kota Pacitan, hanya 5 menit dari pusat kota, atau sekitar 3,5 kilometer ke selatan. Karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota, pantai ini menjadi salah satu pantai di Pacitan favorit dan yang paling ramai dikunjungi.

Pemandangannya indah dengan dikelilingi rangkaian gunung Limo. Hamparan pasir pantainya luas, sehingga banyak ativitas yang bisa dilakukan. Beberapa spot selfie juga telah dibangun untuk memanjakan wisatawan. Semua aktivitas pantai dimungkinkan di pantai ini.

Tidak hanya itu, di sekitar Teleng Ria juga ada "Kampoeng Aeir" Waterpark. Selebihnya, fasilitas wisata yang tersedia sudah sangat memadai. Ada tempat ibadah berupa mushola, gazebo, beraneka opsi rumah makan dan masih banyak lagi, termasuk beragam jenis penginapan.

Lokasi: Teleng Ria, Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Wisata Pantai Soge di Pacitan

Pacitan memiliki banyak pilihan tempat wisata berupa pantai yang bisa Anda kunjungi. Salah satu yang semestinya Anda pertimbangkan adalah Pantai Soge. Pantai dengan hamparan pasir yang membentang luas ini lokasinya berada persis di pinggir Jalan Lintas Selatan (JLS).

Tidak hanya pantai, bahkan kawasan Soge juga mencakup sebuah danau kecil yang lengkap dengan jajaran pepohonan kelapa di tepiannya. Tidak terkecuali rerumputan lembut yang cocok untuk digunakan bersantai, menikmati suasana dan indahnya pemandangan yang tersaji.

Ada pantai dan danau, ada pula Jembatan Soge yang ikonik dengan kontruksi pipa lengkung sebagai dampak dari pembangunan infrastruktur penghubung Pacitan dan Trenggalek. Di luar fungsinya, Jembatan Soge juga sebagai spot foto berlatar muara sungai yang terhubung ke laut.

Lokasi: Dondong, Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Wisata Sungai Maron di Pacitan

Alam selalu menarik bagi siapa saja dan tempat wisata di Pacitan didominasi oleh wisata alamnya. Sungai Maron adalah satu di antaranya, sungai eksotis yang memungkinkan Anda menyusuri setiap sudut keindahannya. Berwisata ke Pacitan, jangan lupa mampir ke sini.

Sungai Maron adalah sungai yang tenang. Nuansa yang tersaji terkesan sejuk karena rimbun ragam pepohonan menghiasi kanan kirinya. Datangi sungai yang menjadi rumah bagi ikan kakap merah ini saat musim kemarau saja. Di musim penghujan, airnya keruh, kurang bagus suasananya.

Susuri sungai ini dengan menyewa perahu warga. Banyak perahu kecil berkapasitas 6 orang yang bersandar di dermaga kecilnya. Selama kurang lebih 45 menit ke depan atau sepanjang 4,5 km, nikmatilah alam yang tersaji, dipandu pengemudi perahu yang merangkap tour guidenya.

Lokasi: Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Wisata di Pantai Karang Bolong

Desain alam pantai beraneka rupa memanjakan para pecintanya. Selain laut dan hamparan pasir, pesona pesisir juga disempurnakan oleh bebatuan karang dengan bentuk bermacam-macam dalam warnanya yang elegan. Tebing-tebing itu semakin menawan dalam balutan hijau tetumbuhan.

Di Indonesia, beberapa wilayah memiliki pantai dengan ciri khas Karang Bolong, salah satunya ada di Pacitan. Pantai Karang Bolong Pacitan merupakan sajian nyata bagi para pecinta keindahan. Lanskap yang eksotis memanjakan sisi estetis setiap yang datang. Jadi, datang dan berbahagialah.

Pantai Karang Bolong sangat ideal, terutama bagi traveler penyuka landscape photography. Menariknya lagi, lokasinya dekat dengan Pantai Buyutan. Tidak hanya bisa melebar ke pantai tersebut, apabila energi dan durasi wisata Anda berlebih cobalah menjelajah hingga ke Pantai Ngandul.

Lokasi: Karang Bolong, Kendal, Sendang, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

{next}

Objek Wisata Pantai Banyu Tibo

[youtube id="tqxlUuiabNc"/]

Di antara banyaknya pantai yang tersebar di selatan Pacitan, ada Pantai Banyu Tibo yang khas. “banyu” berarti air, dan “tibo” berarti jatuh. Nama tersebut mewakili keberadaan air terjun yang guyuran airnya langsung bermuara ke laut. Kombinasi alam unik yang menjadi daya tarik utamanya.

Banyu Tibo merupakan pantai sempit dengan garis pantai yang diapit oleh dua jurang karang. Meski demikian, komposisi alam membangun panorama begitu eksotis dan memanjakan setiap pandangan. Jika Anda sedang mencari pantai yang tersembunyi di Pacitan, Banyu Tibo wajib dikunjungi.

Tersembunyi juga berarti tidak banyak fasilitas yang tersedia di tempat wisata di Pacitan ini. Jadi, pantai ini lebih cocok untuk para traveler yang akrab dengan keterbatasan. Namun, tenang saja! kalau hanya urusan konsumsi, terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman.

Lokasi: Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Spot Wisata Kali Cokel Pacitan

Melakukan kunjungan wisata ke Pantai Watu Karung atau Pantai Kasap, jangan lupa mampir juga ke tempat wisata Kali Cokel Pacitan. Ketiga tempat wisata di Pacitan ini terletak di desa yang sama, yakni di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Kali Cokel sendiri merupakan objek wisata susur sungai seperti halnya Sungai Maron yang populer lebih dulu. Airnya bersumber dari Goa Luweng Jaran sehingga cenderung lebih jernih. Hal ini berbeda dengan Sungai Maron yang keruh di saat musim penghujan datang.

Kali Cokel masih alami dengan jajaran pohon kelapa yang menghiasi tepiannya. Sempatkanlah waktu untuk menyusuri sungainya, menggunakan perahu milik warga, cukup dengan membayar 15 ribu perorang. Mendayung SUP (Stand-Up Paddle Board) atau sekedar berjalan menikmati alam.

Lokasi: Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Tempat Wisata Jurug Gringsing

[youtube id="zaIS2i-etKo"/]

Jurug Gringsing merupakan objek wisata di Pacitan yang kalau tidak salah baru diresmikan tahun 2017. Spot wisata air terjun ini bisa Anda kunjungi di Dusun Krajan, Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo, Pacitan. Meski terbilang baru, pengunjungnya terus berdatangan. Jadilah salah satunya.

Selain keindahan air terjunnya, Jurug Gringsing memiliki spot ikonik instagenik sebagai tempat ideal untuk berselfie. Bambu Cinta namanya. Spot tersebut sengaja dibuat untuk wisatawan berswafoto, lokasinya berada di bukit kecil yang tepat berlatarbelakang air terjunnya.

Sejauh ini Jurug Gringsing atau Curug Gringsing masih dalam tahap pengembangan. Meski demikian, beberapa fasilitas sudah mulai tersedia, seperti beberapa warung makanan minuman , serta akses yang terus dibenahi. Liburan ke Pacitan, sempatkan mampir ke objek wisata ini.

Lokasi: Krajan, Ploso, Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Wisata Pantai Ngandul Pacitan

Pantai Ngandul melengkapi koleksi wisata pantai Pacitan yang tersembunyi. Sebuah pantai eksotik dengan desain alam yang memadukan birunya laut dan tebing karang nan elegan. Pantai Ngandul adalah tempat wisata di Pacitan yang ideal bagi penyuka petualangan antimainstream.

Karakter keras bebatuan karang berselimut rimbun kehijauan benar-benar mendominasi batas alamnya, tanpa hamparan pasir. Eksotika alam pantai ini juga diperkaya oleh sungai dan air terjun. Warga biasa menyebutnya Air Terjun Sungai Ngandul atau juga Langitan Ngantru.

Apabila memilih pantai ini sebagai destinasi wisata, setidaknya Anda akan mendapatkan dua paket pantai, karena pintu masuknya berlokasi di Pantai Buyutan. Ini juga berarti tiket masuknya pun menjadi satu. Meskipun belum memadai, fasilitas umumnya ada di Pantai Buyutan.

Lokasi: Widoro, Donorojo, Krajan Wetan, Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Demikian beberapa daftar rekomendasi tempat wisata di Pacitan Jawa Timur. Tentu, daftar ini hanya mencakup sebagian kecil destinasi wisata di Kabupaten Pacitan. Masih banyak objek wisata lainnya, tapi semoga daftar ini bisa menjadi gambaran awal sebelum Anda liburan ke Pacitan.