Wisata Keluarga di Batu Malang - 14+ Tempat Yang Wajib Dikunjungi

Kota Batu yang cantik, menawarkan beraneka tempat yang menarik. Melengkapi daya tarik metropolitan Malang Raya, Kota Batu adalah destinasi wisata utama di Jawa Timur. Hadir sebagai surga wisata bagi semua, termasuk untuk liburan keluarga. Objek wisata keluarga di Batu Malang sangatlah banyak macamnya.

Wisata Keluarga di Batu Malang
credit: instagram.com/adriansyah_ndomble

Jadi, liburan keluarga ke Batu Malang adalah ide yang sempurna, khususnya apabila Anda membawa serta anak-anak tercinta. Di sana, mereka bisa mempelajari banyak hal dengan cara yang menyenangkan. Untuk membantu Anda memetakan kunjungan, berikut adalah 14+ objek wisata terbaik untuk keluarga di Batu

Wisata Keluarga di Museum Angkut Batu

Wisata Keluarga di Museum Angkut Batu
credit: instagram.com/ajenk.ayu3005

Di Kota Batu Malang, wisata Museum Angkut termasuk yang paling populer dan ideal untuk segala usia. Museum transportasi pertama di Asia ini mengajak pengunjung agar lebih tahu tentang kendaraan dari masa ke masa. Unik, karena desain interior ruangan menyesuaikan zaman asli dari masing-masing kendaraannya.

Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu

Jalan-jalan di Alun-Alun Kota Wisata Batu

Jalan-jalan di Alun-Alun Kota Wisata Batu
credit: unsplash.com/@imanuelreza

Wisata keluarga ke Batu belum lengkap tanpa mampir ke Alun-Alun Batu nan cantik, terlebih di malam hari. Selain indah dengan beraneka lampion, di sini juga ada wahana ferris wheel yang ikonik. Anda sekeluarga bisa jalan-jalan menikmati renyahnya suasana kota, berburu kuliner dan oleh-oleh khas Batu di sekitarnya.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu

Wisata Batu Secret Zoo + Museum Satwa

Kebun Binatang Batu Secret Zoo Jatim Park 2
credit: Marvin Gerrald, CC BY-SA 4.0

Tempat wisata di Batu yang cocok untuk liburan keluarga selanjutnya adalah Jawa Timur Park 2. Ini adalah kawasan wisata terkenal yang mencakup setidaknya dua objek wisata andalan Batu Malang, yakni Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Jatim Park 2 adalah salah satu destinasi wisata wajib, terutama untuk anak-anak.

Di Batu Secret Zoo, mereka bisa lebih dekat keragaman satwa yang habitatnya ada di seluruh dunia. Mulai dari hutan tropis Asia, gurun Afrika, hingga Samudera Pasifik. Adapun di Museum Satwa, anak-anak bisa menyaksikan awetan 1000 spesies satwa liar dan 10000 serangga, termasuk replika tulang belulang dinosaurus.

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu

Kawasan Wisata Paralayang Batu Malang

Kawasan Wisata Paralayang Batu Malang
Paralayang Batu, credit: flickr.com/mazuu, CC BY-NC-ND 2.0

Gunung Banyak merupakan tempat terbaik menikmati lanskap Kota Batu dari ketinggian, siang maupun malam. Spot strategis berada di kawasan Wisata Paralayang Batu yang menawarkan beraneka opsi wisata. Bagi yang suka menguji adrenalin bisa mencoba olahraga dirgantara, yakni paragliding atau paralayang di sini.

Gunung Banyak juga mencakup penginapan sekaligus tempat wisata bernama Omah Kayu. Maksimalkan liburan bersama keluarga dengan menginap di salah satu rumah kayu, sambil mencoba ragam wahana menarik yang tersedia. Lalu, ada Taman Langit yang kaya kreasi latar sebagai salah satu spot instagramable di Batu.

Lokasi: Jl. Gn. Banyak, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu

Liburan Malam di Batu Night Spectacular

Liburan Malam di Batu Night Spectacular
credit: flickr/Ikhlasul Amal

Wisata keluarga di Batu Malang harus sepenuhnya menggembirakan. Ketika malam tiba, lanjutkan wisata di Batu Night Spectacular (BNS) yang cocok untuk segala usia. Anak-anak Anda pasti menyukainya, karena di sini banyak atraksi. Ada perang laser, rumah hantu, roller coaster, film 4D, serta taman lampion yang cantik.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu

Wisata Keluarga di Selecta Batu Malang

Wisata Keluarga di Selecta Batu Malang
credit: Sefanya Prasetyo, CC BY-NC 2.0

Selecta merupakan tempat rekreasi keluarga legendaris di Batu Malang. Wisata ini ada sejak zaman Belanda. Menawarkan beragam wahana wisata untuk anak-anak, di antaranya water park, sepeda air, family coaster, flying fox, bahtera ayun, dan banyak lagi. Selain itu, Selecta terkenal dengan taman bunga yang luas dan indah.

Lokasi: Jl. Raya Selecta No.1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu

Dino Park di Jawa Timur Park 3 Kota Batu

Dino Park di Jawa Timur Park 3 Kota Batu
credit: GREGORIUZ, CC BY-NC 2.0

Ini adalah daya tarik utama Jatim Park 3 yang akan mengajak keluarga Anda berpetualang ke zaman dinosaurus. Dino Jawa Timur Park 3 memiliki 17 zona yang memungkinkan pengunjung seolah hidup di zaman prasejarah. Wahana Jelajah 5 Zaman mengajak wisatawan menjelajahi masa ke masa, tidak terkecuali zaman es.

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.112, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu

Wisata Jatim Park 1 dan Museum Tubuh

Wisata Jatim Park 1 dan Museum Tubuh
credit: instagram.com/jatimparksatu

Jawa Timur Park 1 hadir sebagai laboratorium interaksi raksasa. Di sini setiap wisatawan bisa mempelajari dunia sekitar dengan mengusung konsep taman bermain dan hiburan berorientasi pendidikan. Ini adalah ikon wisata Jawa Timur yang pernah tampil sebagai juara 1 wisata buatan berskala besar tingkat nasional.

Lebih dari itu, kawasan Jatim Park 1 juga mencakup The Bagong Adventure Museum Tubuh. Museum tubuh pertama di Indonesia dan terbesar di Asia. Anak-anak pasti tertarik karena akan memasuki bangunan mirip Bagong. Seolah masuk ke tubuhnya dan mempelajari semua organ tubuh manusia. Ada zona mata, hidung, telinga, dll.

Lokasi: Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu

Liburan di Batu Love Garden (BALOGA)

Liburan di Batu Love Garden (BALOGA)
credit: instagram.com/saiahepi

Jadikan wisata keluarga di Batu Malang lebih berkesan dengan berkunjung ke BALOGA, tempat wisata terbaru di Batu dari Jawa Timur Park. Hadir sebagai wisata edukasi bercocok tanam buah-buahan, sayuran, dan bunga. Tempatnya sejuk dan indah dengan hamparan bunga dan beraneka wahana dan spot selfie kekinian.

Lokasi: Jl. Raya Pandanrejo No.91, Pandanrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu

Wisata Alam Air Terjun Coban Talun Batu

Wisata Alam Air Terjun Coban Talun Batu
credit: fb.com/paguponcampbatuofficial

Berwisata alam juga merupakan ide bagus untuk liburan keluarga. Di Batu Malang, wisata Coban Talun termasuk rekomendasi wajib untuk Anda kunjungi. Selain merupakan salah satu air terjun terindah di Batu, Coban Talun juga kaya wahana wisata kekinian bertemakan alam. Cocok untuk camping, ada opsi motor trail, ATV, Jeep, dll.

Lokasi: Dusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu

Liburan di Predator Fun Park Batu Malang

Liburan di Predator Fun Park Batu Malang
credit: jtp.id

Wisata dari Jatim Park mendominasi pariwisata Kota Batu Malang. Semuanya ideal untuk wisata keluarga. Di Predator Fun Park, buaya tidak lagi menyeramkan tapi malah menyenangkan. Anak-anak bisa mengenalnya lebih dekat. Mengetahui proses menetaskan telur hingga bisa menyentuh buaya hidup. Banyak wahana outboud-nya juga.

Lokasi: Jl. Raya Tlekung No.315, Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu

Wisata di Batu Flower Garden Coban Rais

Wisata di Batu Flower Garden Coban Rais
credit: instagram.com/jeannyagustina

Mengunjungi kawasan wisata Coban Rais, Anda bisa memilih. Bertualang alam bersama dengan trekking ke air terjun Rais. Atau, nikmati semua wahana wisata kekinian di Batu Flower Garden. Beragam spot foto instagenic tersedia berlatar pemandangan alam pegunungan. Lokasinya di dekat Coban Putri dan Batu Night Spectacular.

Lokasi: Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu

Cangar Hot Spring dan Puncak Brakseng

Cangar Hot Spring dan Puncak Brakseng
credit: instagram.com/indraiswanto84

Wisata Batu Malang Raya memungkinkan Anda bersama keluarga lebih dekat mengagumi alam. Kunjungi juga Cangar dan berendam di air panas alami lalu pergi ke Puncak Brakseng. Nikmatilah sisi lain keindahan alam Batu melalui hamparan kebun sayur dan bunga hortensia. Brakseng juga termasuk tempat paling instagramable di Batu.

Lokasi: Kawasan Brakseng, Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu

Wisata Alam di Air Terjun Coban Rondo

Wisata Alam di Air Terjun Coban Rondo
credit: flickr.com/johanwieland, CC BY-ND 2.0

Liburan bersama keluarga di Batu, pastikan juga ke Coban Rondo, air terjun terpopuler di Malang. Meski masuk wilayah Kabupaten Malang, wisata alam ini dekat Kota Batu. Air terjunnya menawan setinggi 80-90 meter dengan debit airnya sangat besar. Tidak hanya itu, ada taman labirin yang ikonik, dan banyak wahana wisata alamnya juga.

Lokasi: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kabupaten Malang

Demikian daftar 14 rekomendasi tempat wisata keluarga di Batu Malang Raya. Tentu, daftar di atas belum mencakup semua objek wisata Batu. Namun, sekiranya rekomendasi wisata ini bisa menjadi gambaran awal untuk Anda sekeluarga sebelum benar-benar berangkat ke Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Jadi, selamat berwisata!